Tuesday, December 1, 2009

5 (Lima) Unsur kualitas jasa

1. Tangible : fasilitas yang ditawarkan dalam bentuk fisik
2.Reliability : konsistensi dan keandalan jasa, dalam hal ini ketepatan dan kesesuaian pelayanan
3. Responsivness : kesigapan dan kecepattanggapan petugas dalam merspon nasabah
4. Assurance : keterampilan dan keramahan petugas, serta keamanan penggunaan jasa
5. Empathy : pemahaman kebutuhan nasabah

Penjelasan :
Kualitas jasa yang ditawarkan perusahaan dapat di tingkatkan melalui unsur kualitas jasa. Menurut Parasuraman, Zeithml, dan Berry dalam Kotler (1997 : 93) “ lima unsur yang menentukan kualitas jasa, yaitu “tangible, reliability, responsivness, assurance, dan empathy”, Tangible merupakan fasilitas fisik peralatan, dan materi komunikasi. Reliability merupakan kemampuan untuk melaksanakan jasa yang dijanjikan dengan terpercaya dan akurat. Resposivness merupakan kemauan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat. Assurance merupakan pengetahuan dan kesopanan karyawan dan kemampuan mereka untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan. Empathy merupakan kesediaan untuk peduli dan memberi perhatian pribadi bagi pelanggan.

Related Posts:

  • Definisi KreditKredit adalah penyerahan barang, jasa, atau utang dari satu pihak (kreditor/atau pemberi pinjaman) atas dasar kepercayaan kepada pihak lain (nasabah atau pengutang/borrower) dengan janji membayar dari penerima kredit kepada p… Read More
  • 5 (Lima) Unsur kualitas jasa1. Tangible : fasilitas yang ditawarkan dalam bentuk fisik2.Reliability : konsistensi dan keandalan jasa, dalam hal ini ketepatan dan kesesuaian pelayanan3. Responsivness : kesigapan dan kecepattanggapan petugas dalam mersp… Read More
  • Definisi UKM (Usaha Kecil Menengah)Beberapa lembaga atau instansi bahkan UU memberikan definisi Usaha Kecil Menengah (UKM). Menurut Kementrian Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menegkop dan UKM), bahwa yang dimaksud dengan Usaha Kecil (UK), ter… Read More
  • Pengertian Pendapatan DaerahPendapatan daerah meliputi semua penerimaan uang melalui rekening kas umum daerah yang menambah ekuitas dana lancar yang merupakan hak pemerintah daerah dalam 1 (satu) tahun anggaran yang tidak perlu dibayar kembali oleh da… Read More
  • Pengertian kebijakan hargaPengertian : Kebijakan harga adalah keputusan mengenai harga-harga yang akan di ikuti untuk satu jangka waktu tertentu (Buchari Alma, 2004:170). Sedangkan menurut (Djarkasih Satiakusumah, 2002), kebijakan harga merupaka… Read More

1 comments:

Haristya Nussanda said...

Mantab 5 unsurnya mas, terutama yang intangible itu...banyak yang para pengusaha yang melupakan apa itu intangible...padahal penting banget. Rata-rata terlalu product oriented para pengusaha kita. Sukses buat anda mas www.dokterbisnis.net