Tuesday, December 1, 2009

5 (Lima) Unsur kualitas jasa

1. Tangible : fasilitas yang ditawarkan dalam bentuk fisik
2.Reliability : konsistensi dan keandalan jasa, dalam hal ini ketepatan dan kesesuaian pelayanan
3. Responsivness : kesigapan dan kecepattanggapan petugas dalam merspon nasabah
4. Assurance : keterampilan dan keramahan petugas, serta keamanan penggunaan jasa
5. Empathy : pemahaman kebutuhan nasabah

Penjelasan :
Kualitas jasa yang ditawarkan perusahaan dapat di tingkatkan melalui unsur kualitas jasa. Menurut Parasuraman, Zeithml, dan Berry dalam Kotler (1997 : 93) “ lima unsur yang menentukan kualitas jasa, yaitu “tangible, reliability, responsivness, assurance, dan empathy”, Tangible merupakan fasilitas fisik peralatan, dan materi komunikasi. Reliability merupakan kemampuan untuk melaksanakan jasa yang dijanjikan dengan terpercaya dan akurat. Resposivness merupakan kemauan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat. Assurance merupakan pengetahuan dan kesopanan karyawan dan kemampuan mereka untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan. Empathy merupakan kesediaan untuk peduli dan memberi perhatian pribadi bagi pelanggan.

Related Posts:

  • Pengertian Sistem InsentifPengertian system insentif menurut Werther dan Davis (1996 : 408) adalah :“Incentive system link compensation and performance by rewarding performance instead of seniority or hours worked”. (Sistem insentif merupakan suatu ma… Read More
  • Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition)Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah konsumen dan produsen sangat banyak dan tidak terbatas.Ciri-ciri pokok persaingan sempurna adalah sebagai be… Read More
  • Klasifikasi ProdukE. Jeromy. Mc charthy (1993 : 183) mengklasifikasikan jenis produk yang dikonsumsi oleh konsumen, yaitu :a. Convienence Product ( produk nyaman) adalah barag-barang yang biasanya sering dibeli konsumen, segera dan dengan usa… Read More
  • Pengertian kebijakan hargaPengertian : Kebijakan harga adalah keputusan mengenai harga-harga yang akan di ikuti untuk satu jangka waktu tertentu (Buchari Alma, 2004:170). Sedangkan menurut (Djarkasih Satiakusumah, 2002), kebijakan harga merupaka… Read More
  • Ciri-ciri Pasar Oligopoli Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran dimana terdapat penjual/produsen yang menguasai permintaan pasar.Ciri-ciri pasar oligopoliTerdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.Bara… Read More

1 comments:

Haristya Nussanda said...

Mantab 5 unsurnya mas, terutama yang intangible itu...banyak yang para pengusaha yang melupakan apa itu intangible...padahal penting banget. Rata-rata terlalu product oriented para pengusaha kita. Sukses buat anda mas www.dokterbisnis.net