Kumpulan Tilawatil Quran H.Muammar ZA dkk

Ingat jaman-jaman kecil dulu, anda pasti mengenal qori termasyhur pada era itu, ya Ustad H.Muammar ZA, kali ini saya ingin berbagi file ngaji atau tilawatil quran yang beliau baca dengan teman duetnya Ustad Chumaidi, Filenya ada beberapa..silahkan anda download

Tips Pola Tidur Bayi yang Baik

Pola hidup bayi sangat mempengaruhi pola hidup orangtuannya, oleh karena itu orang tua bisa mengajarkan bahwa malam hari adalah waktu tidur , dengan mempraktekan petunjuk berikut

Sang Pencerah : Anda Akan Kemana di Masa Muda Ini?

Ketika usia menginjak dewasa, mungkin ketakutan akan terjadi pada sebagian orang, ketakutan kalau tidak bisa melewatinya dengan benar. Tumbuh besar menjadi seorang remaja yang dewasa memerlukan berbagai tempaan dan kesabaran

Kumpulan Ceramah Ustad Abu Syauqi

Ustad Abu Syauqi, adalah seorang pendiri Rumah Zakat yang terkenal di Bandung, lewat blog ini saya ingin berbagi file ceramah yang beliau sampaikan beberapa tahun lalu yang saya dapatkan secara online di situs 4 share.com Ukuran seluruh file ceramah ini mencapai 600 MB, jadi bersabar yah untuk mendownloadnya

Kumpulan Leaflet Keperawatan/Kebidanan

Bagi Anda Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan, Berikut kumpulan Leaflet yang biasanya jadi sarana promosi kesehatan kepada masyarakat..

Kamis, 29 April 2010

Tulang Takteratur

Secara umum tulang takteratur sama dengan tulang pipih.
Tulang tersusun atas sel , matriks protein dan deposit mineral. Sel-selnya terdiri atas tiga jenis yaitu osteoblas, osteosit dan osteoklas. Osteoblas berfungsi dalam pembentukan tulang dengan mensekresikan matriks tulang. Osteosit adalah sel dewasa yang terlibat dalam pemeliharaan fungsi tulang dan terletak dalam osteon (unit matrik tulang). Osteoklas adalah sel multinuclear yang berperan dalam penghancuran, resorpsi dan remodeling tulang.
Ditengah osteon terdapat kapiler. Disekeliling kapiler tersebut merupakan matriks tulang yang dinamakan lamella. Di dalam lamella terdapat osteosit, yang memperoleh nutrisi melalui prosesus yang berlanjut kedalam kanalikuli yang halus (kanal yang menghubungkan dengan pembuluh darah yang terletak sejauh kurang dari 0,1 mm).
Matriks merupakan kerangka dimana garam-garam mineral anorganik ditimbun.
Tulang diselimuti oleh periosteum yang merupakan membran fibrus padat sebagai pemberi nutrisi untuk pertumbuhan tulang, tempat perlekatan tendon dan ligament. Periosteum mengandung saraf, pembuluh darah dan limfatik. Endosteum adalah membrane vaskuler tipis yang menutupi rongga sumsum tulang panjang dan rongga-rongga dalam tulang kanselus.
Sumsum tulang merupakan jaringan vaskuler dalam rongga sumsum (batang) tulang panjang dan dalam tulang pipih. Sumsum tulang merah yang terutama terletak di sternum, ilium, vertebra dan rusuk pada orang dewasa, bertanggung jawab pada produksi sel darah merah dan putih.

Definisi/Pengertian Osteomielitis

Osteomielitis adalah infeksi tulang yang biasanya disebabkan oleh bakteri, tetapi kadang-kadang disebabkan oleh jamur.
Infeksi tulang lebih sulit disembuhkan daripada infeksi jaringan lunak karena terbatasnya asupan darah, respon jaringan terhadap inflamasi, tingginya tekanan jaringan dan pembentukan involukrum yaitu pembentukan tulang baru disekitar jaringan tulang mati (Suzanne C. Smeltzer & Brenda G. Bare, 1996 : 2342).

Rabu, 28 April 2010

Download Ceramah Ustad Aam Amirudin - Titian Qolbu

Ceramah Ustad Aam Amirudin, bisa anda downlaod disini via 4shared.com
Klik link berikut untuk mendownload kumpulan ceramah ustad Aam Amirudin
Klik Disini

Download Ceramah Ustad Yusuf Mansyur

Keajaiban/Miracle of Sedekah (power of giving) oleh Ust.Yusuf Mansyur, bisa anda download via 4shared.com
Klik link berikut untuk mendapatkan downloadnya
KLIK DISINI

Senin, 26 April 2010

Persiapan kelahiran

Kecemasan dapat meningkat karena keadaan jalan lahir dan anaknya selama proses persalinan. Banyak wanita takut nyeri atau kerusakan karena mereka tidak mengetahui tentang anatomi dan proses persalinan. Pada saat demikian dapat diterangkan bahwa permulaan persalinan dapat ditandai dengan gejala-gejala sebagai berikut :
a) Perut mulai tegang dan mengencang sercara teratur setiap 10 atau 15 menit
b) Keluar lendir berdarah
c) Ibu merasa sakit pinggang, rasa nyeri yang menjalar ke bagian perut bawah
d) Kadang-kadang keluar cairan dari vagina
Apabila ibu merasakan salah satu diatas hendaknya segera pergi ketempat bersalin yang sudah disepakati antara suami dan istri serta keluarga lainnya.
Jika ingin bersalin dirumah, segera memanggil petugas kesehatan. Sambil menunggu kedatangan petugas, hendaknya disiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti tempat bersalin, air panas dalam baskom, tempat merebus air, dan alat keperluan ibu dan bayi.

Jika sudah merencanakan ingin bersalin di Rumah sakit atau rumah bersalin perlu mempersiapkan koper/ tas yang berisi pakaian bayi dan pakaian ibu khususnya kain pembalut yang dapat meresap.
Persiapan persalinan yang perlu diperhitungkan juga adalah masalah transportasi, misalnya jarak tempuh dari rumah ketujuan membutuhkan berapa lama, jenis alat transportasi, sulit atau mudah jarak yang ditempuh, karena hal ini akan akan mempengaruhi keterlambatan pertolongan. Pendanaan yang memadai, perlu direncanakan jauh sebelum masa persalinan tiba dengan cara menabung, dapat melalui arisan, tabungan ibu bersalin (tabulin), atau menabung di bank.

Jumat, 23 April 2010

Definisi/Pengertian Luka bakar

Luka bakar adalah luka yang disebabkan oleh kontak mata dengan suhu tinggi seperti api, air panas, listrik, bahan kimia, radiasi, juga oleh sebab kontak dengan suhu rendah (frost bite). [kapita selekta jilid 2]
Luka bakakr adaalah hilang atau rusaknya sebagian jaringan tubuh yang disebabkan oleh trauma benda tajam ataau tumpul, perubahan suhu, zat kimia, ledakan, sengatan listrik atau gigitan hewan.(buku Ilmu Ajar bedah. Syamsuhidayat)
Luka bakar adalah kerusakan secara langsung maupun yang tidak langsung pada jaringan kulit yang tidak menutup kemungkinan sampai ke organ dalam, yang di sebabkan kontak langsung denagn sumber panas yaitu api, air/ uap panas, bahan kimia, radiasi, arus listrik, dan suhu sanagt dingin.

Kamis, 22 April 2010

Tipe- tipe Emotional Abuse

Penyalahgunaan emosional dapat mengambil banyak format. Tiga pola umum perilaku, meliputi menyerang, menyangkal, dan memperkecil.
a. Menyerang
Format penyalahgunaan agresif meliputi saling mengatai, menuduh, menyalahkan, mengancam. Menyerang perilaku biasanya jelas nyata dan langsung.
Penyalahgunaan agresif dapat juga mengambil suatu format tidak langsung dan boleh disamarkan; tersamar dan " membantu." Mengkritik, menasehatkan, menawarkan solusi, penelitian, pembuktian, dan tanya jawab orang lain adalah suatu usaha tulus hati untuk membantu. Dalam beberapa peristiwa bagaimanapun, perilaku ini adalah suatu usaha untuk meremehkan, mengendalikan, atau merendahkan diri.
b. Penyangkalan
Ketidaksahan mencari untuk menyimpangkan atau mengikis persepsi. Ketidaksahan terjadi manakala abuser menolak atau gagal untuk mengakui adanya kenyataan. Sebagai contoh, jika penerima menghadapi abuser sekitar suatu peristiwa saling mengatai, abuser boleh meminta dengan tegas.

Menolak adalah format penyangkalan yang lain , Menolak meliputi menolak untuk mendengarkan, menolak untuk komunikasi, dan secara emosional menarik hukuman. Membalas terjadi manakala abuser memandang penerima sebagai suatu perluasan diri mereka dan menyangkal manapun sudut pandang atau perasaan yang menyimpang dari mereka sendiri.
c. Pengecilan
Pengecilan adalah suatu lebih sedikit format pengingkaran ekstrim. Trivializing terjadi manakala abuser menyatakan bahwa apa yang telah dikomunikasikan adalah tidak penting atau tidak logis.
Menyangkal dan memperkecil dapat merusakkan, sebagai tambahan terhadap penurunan mengagumi diri sendiri dan menciptakan konflik, menjadikan tak berguna, perasaan, dan pengalaman dapat secepatnya mencurigai persepsi milik dan pengalaman emosional.

Pengertian dan Definisi ABUSE

Abuse adalah perilaku yang dirancang untuk mengendalikan dan menaklukkan manusia yang lain melalui penggunaan ketakutan, penghinaan, dan lisan atau fisik (http://www.hc-sc.gc.ca/hppb/familyviolence/html/fvemotion_e.html).
Kata kekerasan merupakan terjemahan dari kata violence, artinya suatu serangan terhadap fisik maupun integritas mental psikologis seseorang. Kekerasan di sini mulai dari kekerasan fisik seperti perkosaan, pemukulan, sampai dengan kekerasan dalam bentuk yang lebih halus, seperti pelecehan seksual dan penciptaan ketergantungan. Kekerasan tidak hanya menyangkut siksaan fisik belaka, tapi juga meliputi perkataan, sikap, dan berbagai hal atau sistem yang menyebabkan kerusakan secara fisik, mental, sosial atau lingkungan, dan atau menghalangi seseorang untuk meraih potensinya secara penuh. Bentuk kekerasan tidak hanya yang mengandung aspek fisik, tapi juga aspek psikologis yang meliputi perkataan dan sikap (http://www.kompas.com/kompas-cetak/0312/19/muda/755287.htm).

Selasa, 20 April 2010

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian ASI Eksklusif

Banyak faktor yang mempengaruhi seorang ibu dalam menyusui secara ekslusif kepada bayinya, beberapa penelitian yang telah dilakukan didaerah perkotaan maupun perdesaan di Indonesia dan Negara berkembang lainnya, menunjukan bahwa faktor sistem dukungan, pengetahuan ibu terhadap pemberian ASI secara ekslusif, promosi susu formula dan makanan tambahan mempunyai pengaruh terhadap praktek pernberian ASI ekslusif itu sendiri. Pengaruh-pengaruh tersebut dapat memberikan dampak negatif maupun positif dalam memperlancar pemberian ASI eksklusif (Santosa, 2004).
Adapun faktor lain mempengaruhi pemberian ASI adalah factor sosial budaya ekonomi (pendidikan formal ibu, pendapatan keluarga dan status kerja ibu), faktor psikologis (takut kehilangan daya tarik sebagai wanita, tekanan batin), faktor fisik ibu (ibu yang sakit, misainya mastitis, dan sebagainya), faktor kurangnya petugas kesehatan sehingga masyarakat kurang mendapat penerangan atau dorongan tentang manfaat pemberian ASI eksklusif (Soetjiningsih).
Sementara menurut Utami Roesli (2004), mengungkapkan bahwa fenomena kurangnya pemberian ASI eksklusif disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya : pengetahuan ibu yang kurang memadai tentang ASI eksklusif, beredarnya mitos yang kurang baik tentang pemberian ASI eksklusif, serta kesibukan ibu dalam melakukan pekerjaanya dan singkatnya pemberian cuti melahirkan yang diberikan oleh pemerintah terhadap ibu yang bekerja, merupakan alasan-alasan yang sering diungkapkan oleh ibu yang tidak berhasil menyusui secara ekslusif.

Senin, 19 April 2010

Pengertian Menyusui

Menyusui, artinya memberikan makanan kepada bayi yang secara langsung dari payudara ibu sendiri. Menyusui adalah proses alamiah, dimana berjuta-juta ibu melahirkan diseluruh dunia berhasil menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku tentang pemberian ASI. Walupun demikian dalam lingkungan kebudayaan kita saat ini melakukan hal yang sifatnya alamiah tidaklah selalu mudah untuk dilakukan oleh para ibu-ibu menyusui.

Menyusui merupakan cara pemberian makan yang diberikan secara langsung oleh ibu kepada anaknya, namun seringkali ibu menyusui kurang memahami dan kurang mendapatkan informasi, bahkan sering kali ibu-ibu mendapatkan suatu informasi yang salah tentang manfaat ASI ekslusif itu sendiri, tentang bagaimana cara menyusui ataupun langka-langkah menyusui yang benar kepada bayinya, dan kurangnya informasi yang diberikan tentang dampak apabila Asi esklusif itu tidak diberikan dan apa yang harus dilakukan bila timbul kesukaran dalam menyusui secara ekslusif kepada bayinya (Utami Roesli, 2000).

Komposisi ASI

a. Kolostrum
1) Kolostrum yaitu ASI yang keluar dari hari pertama sampai hari ke4 setelah melahirkan.
2) Kolostrum merupakan cairan emas, cairan pelindung yang kaya zat anti infeksi dan berprotein tinggi.
3) Merupakan cairan yang pertama kali disekresi oleh kelenjar payudara, mengandung tissue debris dan residual material yang terdapat dalam alveoli dan duktus dari kelenjar payudara sebelum dan setelah masa puerperium.
4) Komposisi dari kolostrum ini dari hari ke hari selalu berubah.
5) Merupakan cairan viscous kental dengan warna kekuning kuningan, lebih kuning dibandingkan dengan susu yang matang.
6) Merupakan pencahar yang ideal untuk membersihkan mekonium dari usus bayi yang baru lahir dan mempersiapkan saluran pencernaan makanan bayi dan makanan yang akan datang.
7) Lebih banyak mengandung protein dibanding dengan ASI yang matur, tetapi berlainan dengan ASI yang matur. Pada kolostrum protein yang utama adalah globulin (gamma Globulin).

b. Air Susu Transisi atau Masa Air Susu Peralihan
1) Yaitu ASI yang keluar sejak hari ke-4 sampai hari ke-10 dimasa laktasi, tetapi adapula pendapat yang mengatakan bahwa ASI matur terjadi pada minggu ke-3 sampai dengan minggu ke-5.
2) Merupakan ASI peralihan dari kolostrum sampai menjadi ASI yang matur.
3) Kadar protein makin merendah, sedangkan kadar karbohidrat dan lemak makin meninggi.
4) Volume akan makin meningkat

c. Air Susu Matang (Mature)
1) Merupakan ASI yang disekresi pada hari ke-10 dan seterusnya, komposisi relatif konstan (adapula yang menyatakan bahwa komposisi ASI relatif konstan baru mulai minggu ke-3 sampai minggu ke-5).
2) Pada ibu yang sehat dengan produksi ASI cukup, ASI ini merupakan makanan satu-satunya yang paling baik dan cukup untuk bayinya sampai umur 6 bulan.
3) Merupakan suatu cairan yang berwarna putih kekuning-kuningan yang diakibatkan warna garam Ca-caseinat, riboflavin, dan kariten yang terdapat di dalamnya.
4) Tidak menggumpal jika dipanaskan.

Organ- organ reproduksi pada perempuan

a) Ovarium yang berfungsi menghasilkan sel telur
b) Tubafalopi berfungsi sebagai tempat berjalannya sel telur setelah keluar dari ovarium dan meruakan tempat terjadinya pembuahan
c) Uterus atau rahim rongga berfungsi sebagai dimana tempat berkembanganya janin
d) Vagina(liang kemaluan) sebagai liang senggama dan
jalan lahir
e) Labia(bibir kemaluan) mayora dan labia minora, klitoris selaput dara dan mons pubis (organ aksesoris) merupakan organ reproduksi luar Sedangkan organ reproduksi laki-laki adalah:
a) Testis terdiri dari 2 buah yang terdapat dalam scrotum atau kantung pelir berfungsi sebagai penghasil sperma.
b) Vasdeferens (saluran sperma) berfungsi sebagai tempat berjalannya sperma dari testis ke kelenjar prostate
c) Kelenjar prostat adalah kelenjar yang berfungsi sebagai penghasil cairan mani
d) Uretra saluran lewatnya mani yang mengandung sperma
e) Penis berfungsi sebagai alat kemih dan alat reproduksi (senggama, ejakulasi)


Kalau ada yang kurang mohon ditambahkan..kasih komentar yah...

Minggu, 18 April 2010

Faktor-Faktor Yang MempengaruhiDalam Pemakaian Kontarasepsi Jangka Panjang

1. Dukungan Keluarga
Dukungan keluarga merupakan andil besar dalam menentukan pemakaian program KB jangka panjang jika seluruh keluarga mendukung dan ikut serta dalam menentukan KB jangka panjang. Dapat membantu menurunkan angka kelahiran dan kematian serta menekan laju pertumbuhan penduduk. Karena keluarga dapat melaksanakan 8 fungsi keluarga secara optimal menuju keluarga yang maju, mandiri dan berketahanan tinggi (PP No 21 tahun 1999). Yang penyelenggaraan pembangunannya meliputi fungsi keagamaan, fungsi sosial, fungsi budaya, fungsi cinta kasih, fungsi reproduksi, fungsi ekonomi, fungsi pertahanan, fungsi keamanan dan fungsi pembinaan.
2. Kepercayaan
Pada dasarnya semua kepercayaan yang ada di Indonesia menerima gagasan dari program KB walaupun terdapat perbedaan pandangan tentang metode pelaksanaan dan alat kontrasepsi yang digunakan.
Menurut kepala BKKBN, Dr. Subiri Syarief, MPA. Meskipun angka kematian ibu (AKI) masih tinggi dukungan dan komitmen para tokoh agama terhadap program kesehatan reproduksi dan keluarga berencana sudah tinggi. Bahkan kepeloporan dan kontribusi tokoh agama diwujudkan dengan membidani kelahiran dan mewarnai sejarah perjalanan program KB. Tidak hanya itu, dukungan dan komitmen tokoh agama juga dicerminkan dengan dikeluarkan fatwa ulama tentang keluarga berencana dan kependudukan (http//www.agungmulyo.wordpres.com) diakses pada tanggal 20 Mei 2009 pukul 14.00 WIB. Dapat dipastikan bahwa tidak ada kaitan antara rendahnya derajat kesehatan masyarakat khususnya tingginya AKI dan TFR dengan agama yang dianutnya. Namun ada kecendrungan yang kuat bahwa AKI dan TFR yang tinggi banyak terjadi pada sebagian besar masyarakat muslim karena ada beberapa kendala yang diduga ( Prawirohardjo, S. 2003 ) yaitu :
a. Masih kuat kepercayaan di kalangan masyarakat muslim bahwa setiap mahluk yang diciptakan tuhan pasti diberi rezeki untuk itu tidak khawatir memiliki jumlah anak yang banyak.
b. Peran ulama yang sangat sentral sebagai panutan baik dalam hal pemikiran, sikap dan perilaku masyarakat. namun sayangnya, tidak semua ulama menyetujui program keluarga berencana ini.
Maka sangat penting memberikan peran yang lebih besar kepada para ulama untuk berkiprah dalam program keluarga berencana, mengingat masih banyak masyarakat memegang kepercayaan yang masih kuat.
3. Umur
Salah satu faktor yang penting dalam menentukan pemakain kontrasepsi dan usia PUS mempengaruhi bagaimana mengambil keputusan dalam pemeliharaan kesehatannya ( Sarwono 2005 ).
Umur adalah lamanya seseorang hidup sejak dilahirkan sampai saat ini. dalam satuan tahun dan juga merupakan periode terhadap pola-pola kehidupan baru. Semakin bertambahnya umur maka akan semakin tinggi keinginan seseorang tentang kesehatan. (Notoatmodjo, 2003).
Upaya penundaan umur perkawinan sangat besar artinya dalam menunjang pengendalian tingkat kelahiran. Dengan melangsungkan perkawinan pada usia .muda, seorang wanita akan mempunyai kesempatan melahirkan anak lebih banyak. Oleh karena itu, usaha menurunkan angka kelahiran perlu didukung dengan usaha meningkatkan umur perkawinan. Di samping menurunkan angka kelahiran meningkatnya umur perkawinan akan mengurangi tingkat kematian ibu pada saat melahirkan maupun kematian anak karena kurang sempurnanya perawatan anak ( Danim, S. 2003 ).
Upaya peningkatan umur perkawinan yang telah dilaksanakan melalui program kependudukan dan KB adalah dengan memberikan penerangan kepada generasi muda. Mereka dimotivasi untuk melang-sungkan perkawinan sesudah umur 20 tahun bagi wanita dan umur 25 tahun bagi laki-laki, karena umur 20-35 tahun adalah kelompok umur yang dianggap paling baik, baik dari segi fisik, mental, dan usia tersebut sudah cukup dewasa, sementara umur 4. Pendidikan
Pendidikan adalah proses perubahan sikap atau tatalaku atau kelompok orang dalam usaha manusia melalui upaya pengajaran dan proses, perbuatan, cara mendidik sehingga dalam pendidikan perlu dipertimbangkan umur (proses perkembangan) dan hubungannya dengan proses belajar tingkat pendidikan juga merupakan salah satu satu faktor yang mempengaruhi persepsi seseorang untuk lebih mudah menerima ide-ide dan teknologi baru (Arikunto, 2002 )
Pendidikan adalah upaya untuk memberi pengetahuan kepada anggota masyarakat tentang kesehatan sehingga terjadi perubahan perilaku yang positif yang terus meningkat terhadap kesehatan diri, keluarga dan masyarakat(Notoatmodjo 2003 ).
Tingkat pendidikan seseorang dapat mendukung atau mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang, dan taraf pendidikan yang rendah selalu bergandengan dengan informasi dan pengetahuan yang terbatas, makin tinggat tinggi pendidikan semakin tinggi pula pemahaman seseorang terhadap informasi yang didapat dan pengetahuan pun akan semakin tinggi (undang-undang sisdiknas, 2007 : 18).
Salah satu jenis pendidikan formal yang diperoleh seperti : SD, SLTP, SLTA, program diploma dan lain-lain. Pendidikan formal berfungsi untuk pengetahuan yang bersifat umum dan pengetahuan-pengetahuan yang bersifat khusus (undang-undang sisdiknas, 2007 : 19).
5. Pengetahuan
Pengetahuan tentang KB merupakan salah satu aspek penting ke arah pemahaman tentang pemakaian alat kontrasepsi khususnya kontrasepsi jangka panjang.
Pengetahuan merupakan hasil dari tahu dan ini terjadi setelah orang melakukan pengindraan pada suatu objek tertentu. Pengindraan terjadi melalui panca indra manusia, indra pendengaran, indra penciuman, indra penglihatan, indra perasa, indra peraba dan sebagian besar pengetahuan manusia melalui mata dan telinga (Sunaryo, 2004).
Pengetahuan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. Seseorang yang memiliki pengetahuan yang baik tentang sesuatu hal, maka ia cendrung akan mengambil keputusan yang lebih tepat berkaitan dengan masalah tersebut dibandingkan dengan mereka yang pengetahuannya rendah ( Depkes RI, 2000 ).
Pengetahuan merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam rangka perubahan pola pikir dan perilaku suatu kelompok dan masyarakat. Pengetahuan ini terkait dengan lingkungan dimana seseorang menetap. Keadaan lingkungan sekitar sedikitnya akan mempengaruhi pengetahuan dalam hal ini pengetahuan mengenai kontrasepsi jangka panjang. Pengetahuan yang masyarakat diperoleh dari hasil belajar, berkomunikasi dengan orang lain, media elektronik, media cetak dan pengalaman. ( Amirudin. R, 2006 ). Pengetahuannya yang menunjang program KB yaitu pengetahuannya yang lebih tinggi sangat berpengaruh dalam mengambil keputusan untuk kesehatannya.
6. Pekerjaan
Pekerjaan adalah segala usaha yang dilakukan atau dikerjakan yang mendapatkan upah atau hasil yang dapat dinilai dengan uang. Dalam pekerjaan selalu terdapat tuntutan perubahan kebutuhan yang cepat akan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memegang suatu pekerjaan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memegang suatu pekerjaan yang mengarah konsisten kerja yang otomatis (Hasanah 2006). Tidak dapat dipungkiri bahwa pekerjaan menciptakan suatu institusi sosial yang memiliki aturan main sendiri yang sering kali berbeda antara institusi yang satu dengan yang lainnya.
Pemakaian alat kontrasepsi berdasarkan pekerjaan menurut Arikunto pada wanita bekerja sebesar 55,7 % dan yang tidak bekerja sebesar 50,3 %.Wanita yang bekerja memiliki waktu yang lebih sedikit untuk mengurus anaknya dan wanita yang bekerja akan cendrung membatasi jumlah anak dibanding wanita yang tidak bekerja lebih banyak waktu untuk mengurus anaknya. (Arikunto:2002).


Kerangka konsep

Kerangka konsep adalah abstraksi yang terbentuk oleh generalisasi dari hal khusus. Konsep hanya dapat diamati atau diukur melalui konstruktur atau yang lebih dikenal dengan nama variable (Notoatmojo, 2005).
Variable adalah simbol atau lambang yang menunjukan nilai atau bilangan dari konsep (Notoatmojo, 2005).



Pengertian Suami

Suami adalah pasangan hidup istri (ayah dari anak-anak), suami mempunyai suatu tanggung jawab yang penuh dalam suatu keluarga tersebut dan suami mempunyai peranan yang penting, dimana suami sangat dituntut bukan hanya sebagai pencari nafkah akan tetapi suami sebagai motivator dalam berbagai kebijakan yang akan di putuskan termasuk merencanakan keluarga ( chaniago, 2002).



Rabu, 14 April 2010

Cara Sendawakan Bayi

Bila selesai menyusui, sendawakan bayi, dengan cara :

# Bayi digendong bersandar di pundak ibu, perut bayi dirapatkan ke perut kiri ibu, dagunya menempal pada bahu ibu, punggung bayi ditepuk-tepuk perlahan-lahan sampai bayi bersendawa

#Dengan cara menelungkupkan bayi di atas pangkuan ibu, lalu usap-usap punggung bayi sampai bayi bersendawa




Selasa, 13 April 2010

Leaflet Nutrisi Pada Pasien Diabetes Mellitus

Nutrisi pada pasien Diabetes Mellitus adalah semua makanan yang mengandung zat-zat gizi rendah gula, rendah lemak dan rendah garam yang dibutuhkan oleh tubuh baik untuk memepertahankan keseimbangaan metabolisme tubuh ataupun sabagai pembangun energi dalam tubuh.
Leaflet Nutrisi Pada Pasien Diabetes, Ini dia tugas kuliahnya...
anda bisa mendownloadnya, via ziddu.com
Silahkan Klik Disini

Sumber:Tugas Kuliah Poepah N



Permasalahan fisiologis yang disebabkan oleh CRF

1. Ketidakseimbangan cairan
Mula-mula ginjal kehilangan fungsinya sehingga tidak mampu memekatkan urine (hipothenuria) dan kehilangan cairan yang berlebihan (poliuria). Hipothenuria tidak disebabkan atau berhubungan dengan penurunan jumlah nefron, tetapi oleh peningkatan beban zat tiap nefron. Hal ini terjadi karena keutuhan nefron yang membawa zat tersebut dan kelebihan air untuk nefron-nefron tersebut tidak dapat berfungsi lama. Terjadi osmotik diuretik, menyebabkan seseorang menjadi dehidrasi.
Jika jumlah nefron yang tidak berfungsi meningkat maka ginjal tidak mampu menyaring urine (isothenuria). Pada tahap ini glomerulus menjadi kaku dan plasma tidak dapat difilter dengan mudah melalui tubulus. Maka akan terjadi kelebihan cairan dengan retensi air dan natrium.
2. Ketidaseimbangan Natrium
Ketidaseimbangan natrium merupakan masalah yang serium dimana ginjal dapat mengeluarkan sedikitnya 20-30 mEq natrium setiap hari atau dapat meningkat sampai 200 mEq perhari. Variasi kehilangan natrium berhubungan dengan “intact nephron theory”. Dengan kata lain, bila terjadi kerusakan nefron maka tidak terjadi pertukaran natrium. Nefron menerima kelebihan natrium sehingga menyebabkan GFR menurun dan dehidrasi. Kehilangan natrium lebih meningkat pada gangguan gastrointstinal, terutama muntah dan diare. Keadaan ini memperburuk hiponatremia dan dehidrasi. Pada CRF yang berat keseimbangan natrium dapat dipertahankan meskipun terjadi kehilangan yang fleksibel nilai natrium. Orang sehat dapat pula meningkat di atas 500 mEq/hari. Bila GFR menurun di bawah 25-30 ml/menit, maka ekskresi natrium kurang lebih 25 mEq/hari, maksimal ekskresinya 150-200 mEq/hari. Pada keadaan ini natrium dalam diet dibatasi 1-1,5 gram/hari.
3. Ketidakseimbangan Kalium
Jika keseimbangan cairan dan asidosis metabolik terkontrol maka hiperkalemia jarang terjadi sebelum stadium IV. Keseimbangan kalium berhubungan dengan sekresi aldosteron. Selama output urine dipertahankan kadar kalium biasanya terpelihara. Hiperkaliemia terjadi karena pemasukan kalium yang berlebihan, dampak pengobatan, hiperkatabolik (infeksi), atau hiponatremia. Hiperkalemia juga merupakan karakteristik dari tahap uremia.
Hipokalemia terjadi pada keadaan muntah atau diare berat, pada penyakit tubuler ginjal, nefron ginjal, meresorbsi kalium sehingga ekskresi kalium meningkat. Jika hipokalemia persisten, kemungkinan GFR menurun dan produksi NH3 meningkat. HCO3 menurun dan natrium bertahan.
4. Ketidaseimbangan asam basa
Asidosis metabolik terjadi karena ginjal tidak mampu mengekskresikan ion Hirdogen untuk menjaga pH darah normal. Disfungsi renal tubuler mengakibatkan ketidamampuan pengeluaran ioh H. Dan pada umumnya penurunan ekskresi H + sebanding dengan penurunan GFR. Asam yang secara terus-menerus dibentuk oleh metabolisme dalam tubuh tidak difiltrasi secara efektif melewati GBM, NH3 menurun dan sel tubuler tidak berfungsi. Kegagalan pembentukan bikarbonat memperberat ketidakseimbangan. Sebagian kelebihan hidrogen dibuffer oleh mineral tulang. Akibatnya asidosis metabolik memungkinkan terjadinya osteodistrophy.
5. Ketidakseimbangan Magnesium
Magnesium pada tahap awal CRF adalah normal, tetapi menurun secara progresif dalam ekskresi urine menyebabkan akumulasi. Kombinasi penurunan ekskresi dan intake yang berlebihan mengakibatkan henti napas dan jantung.
6. Ketidakseimbangan Calsium dan Fospor
Secara normal calsium dan pospor dipertahankan oleh parathyroid hormon yang menyebabkan ginjal mereabsorbsi kalsium, mobilisasi calsium dari tulang dan depresi resorbsi tubuler dari pospor. Bila fungsi ginjal menurun 20-25 % dari normal, hiperpospatemia dan hipocalsemia terjadi sehingga timbul hiperparathyroidisme sekunder. Metabolisme vitamin D terganggu. Dan bila hiperparathyroidisme berlangsung dalam waktu lama dapat mengakibatkan osteorenal dystrophy.
7. Anemia
Penurunan Hb disebabkan oleh:
• Masa hidup sel darah merah pendek karena perubahan plasma.
• Peningkatan kehilangan sel darah merah karena ulserasi gastrointestinal, dialisis, dan pengambilan darah untuk pemeriksaan laboratorium.
• Defisiensi folat
• Defisiensi iron/zat besi
• Peningkatan hormon paratiroid merangsang jaringan fibrosa atau osteitis fibrosis, mengambil produksi sum-sum menurun.
8. Ureum kreatinin
Urea yang merupakan hasil metabolik protein meningkat (terakumulasi). Kadar BUN bukan indikator yang tepat dari penyakit ginjal sebab peningkatan BUN dapat terjadi pada penurunan GFR dan peningkatan intake protein. Tetapi kreatinin serum adalah indikator yang lebih baik pada gagal ginjal sebab kreatinin diekskresikan sama dengan jumlah yang diproduksi tubuh.

Sumber : Kumpulan Laporan Pendahuluan dan Catatan Kuliah

Minggu, 11 April 2010

Hasil MotoGp Losail Qatar - Seri Pembuka 2010

Dominasi stoner di tiga tahun terakhir dilosail akhirnya runtuh, setelah dilap kelima stoner melakukan blunder, ditikungan awal stoner terjatuh dan hal ini tidak disia-siakan oleh rival abadinya valentino rossi yang menguntit dari belakang untuk menjadi yang tercepat, dalam balapan kali ini ada yang menarik setelah diawal-awal lap Pedrosa mampu menjadi yang tercepat kedua, akhirnya pedro harus merelakan posisi runner up ini kepada rekan satu timnya yaitu Dovizioso, Dovi tampil memukau dengan beberapa kali mencoba untuk menyalip Rosi, Dovi dan hayden saling berebutan untuk menjadi runner up pada balapan kali ini, mereka beberapa kali terlibat aksi kejar-kejaran yang mempertontonkan skill tinggi, Demodisci GP10 sepertinya sekarang lebih jinak sehingga seorang Hayden mulai bisa mengendalikannya.
Sayangnya aksi kejar-kejaran kedua orang ini harus dibayar mahal, pada lap-lap akhir, posisi Runner Up bisa disalip oleh Lorenzo yang dari awal sepertinya tidak diunggulkan, balapan musim ini mungkin yang terberat bagi semua pembalap dikelas para raja ini, pasalnya seorang pembalap dibatasi pemakaian mesinnya hanya 6 mesin untuk satu musim.
Pada balapan kali ini pun saya melihat perbedaan tenaga yang tidak terlampau jauh antara satu motor dengan motor lainnya, hal ini terliha dengan munculnya nama Ben Spies yang meski di bawah tim satelit, dia mampu finish tercepat kelima.
Saya berharap balapan musim ini lebih menggigit dengan lahirnya para rokie baru, seperti Marco Simoncelli, Aoyama, Hector Barbera, Alvaro Bautista dan Doni tata...Uppps Salah....he2..
Doni tata tidak maen lagi di MotoGP...
berikut Urutan 1-5, Juara Moto GP Seri Losail Qatar
1. Rossi
2. Lorenzo
3. Dovizioso
4. Hayden
5. Ben Spies

tag : hasil MotoGp hari ini losail Qatar, moto Gp Losail Qatar, Kemenangan Rossi di losail, hasil MotoGp Sirkuit Losail

Kamis, 08 April 2010

ASUHAN KEPERAWATAN PADA HEAD INJURY

Cedera kepala yaitu adanya deformitas berupa penyimpangan bentuk atau penyimpangan garis pada tulang tengkorak, percepatan dan perlambatan (accelerasi – descelarasi) yang merupakan perubahan bentuk dipengaruhi oleh perubahan peningkatan pada percepatan factor dan penurunan percepatan, serta rotasi yaitu pergerakan pada kepala dirasakan juga oleh otak sebagai akibat perputaran pada tindakan pencegahan
Untuk Contoh Askepnya, KLIK DISINI



Rabu, 07 April 2010

Materi Leaflet Fibro adenoma mammae

1.PENGERTIAN
Fibro adenoma mammae adalah tumor jinak pada payudara yang bersimpai jelas, berbatas jelas, soliter, berbentuk benjolan yang dapat digerakkan.

2. PENYEBAB
Peningkatan aktivitas Estrogen yang absolut atau relatif
Genetik : payudara
Faktor-faktor pendukung:
Usia : 3.

3.PENYEBAB
Secara makroskopik: tumor bersimpai, berwarna putih keabu-abuan, pada penampang tampak jaringan ikat berwarna putih, kenyal
Ada bagian yang menonjol ke permukaan
Ada penekanan pada jaringan sekitar
Kadang terasa nyeri bila di tekan
Ada batas yang tegas,
Bila diameter mencapai
10-15 cm muncul fibroadenoma raksasa ( Gian Fibroadenoma
Memiliki kapsul dan soliter
Benjolan dapat di gerakkan
Pertumbuhan lambat

4. PEMERIKSAAN YANG DI LAKUKAN
BiopsI
Mamografi
Angiografi
MRI
CT-Scan

5.MAKANAN YANG DI BERIKAN

Sumber protein hewani : Ayam, daging, hati, ikan, telur, susu dan keju
Sumber protein nabati : Kacang-kacangan, tahu, tempe, tempe oncom

Selasa, 06 April 2010

TUMOR KISTIK VULVA


A. Kista Inklusi
 Ditemukan di vulva, vagina atau perineum
 Terjadi akibat perlukaan, t.u saat partus krn episiotomi
atau robekan
 Berupa massa kistik kekuningan/keabuan, dg diameter < 1 cm
 Tdk memerlukan terapi, kecuali bila nyeri
 incisi

B. Kista Sisa jaringan Embrional
 Kista Gartner
 Lokasi : ddg vagina, biasanya anterolateral
 Kista dg ddg tipis dilapisis epitel kubik/ torak, berisi cairan jernih
 Ukuran : bisa mencapai ukuran besar
 Tdk menimbulkan gejala
 Terapi : incisi bila menimbulkan keluhan

C. Kista Kelenjar
1. Kista Bartolini
 Radang pd klj Bartolin berulang & menahun
 Kista Bartolini
 Jrg menimbulkan keluhan
 Bila terjadi infeksi sekunder
 Bartolinitis & abses bartolin
 Terapi : - ekstirpasi - Bartolinitis & Abses bartolin : AB terlebih dahulu
2. Kista Sebasea
 Berasal dr klj. Sebasea
 Tjd krn penyumbatan klj sebasea
 klj membesar kistik
 Kista berbatas tegas, terletak di bwh permukaan kulit, berwarna kuning keabu-abuan, didlm nya mgd kristal kolesterol
 Terapi : - ekstirpasi - Hrs dilakukan scr sempurna
 mencegah residif

Senin, 05 April 2010

Makna Pengarahan Diri

Pengarahan diri merupakan kemampuan untuk memusatkan kekuatan psikologis yang dimiliki individu dalam mencapai target dan tujuan yang ingin diraih.
Kecakapan pengarahan diri mendorong individu untuk senantiasa dinamis dengan mengembangkan tujuan hidupnya secara jelas dan berupaya untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.