Monday, May 18, 2020

METODOLOGI PERENCANAAN E-BUSINESS

1. MEMULAI (BEGIN)

  • Dapatkan dukungan manajemen eksekutif dan sponsor bisnis.
  • Identifikasi tujuan bisnis utk selesaikan  rencana e-bisnis .
  • Identifikasi anggota tim dari individu-individu yg akan terlibat.
  • Garis besar proses perencanaan yang akan digunakan.
  • Rencana komunikasi anggota tim  akan tetap mengikuti kegiatan.
  • Umumkan proyek kepada organisasi.

 2. DIAGNOSIS (DIAGNOSE)

  • Diagnosis tren dan pengaruhnya ke  organisasi.
  •  Dokumentasi situasi internal saat ini  (model proses bisnis, kekuatan dan  bidang perbaikan.)
  • Identifikasi para pemangku kepentingan dan proses mereka.
  • Mendiagnosa industri dan dampak eksternal serta nilai rantai.
  •  Analisis bisnis (SWOT). 

3. MENGEMBANGKAN (DEVELOP)

  • Membuat proposal nilai (manfaat) secara umum dan proposal manfaat langsung dari hasil proyek.
  • Mengembangkan strategi e-bisnis untuk mencapai hasil.
  • Membuat standar  indeks kinerja (metrik ) untuk mengukur keberhasilan dan kemajuan dari strategi.

 4. MENDEFINISIKAN (DEFINE)

  •  Tentukan peluang
  •  Temukan keunggulan daya saing.
  •   Tentukan prioritas.

 5. MENENTUKAN (DETERMINE)

  •  Menentukan dampak ke: arsitektur aplikasi bisnis, infrastruktur teknis, proses bisnis, proses sistem informasi, dan orang / organisasi.
  • Analisis biaya dan manfaat (Cost & Benefit)
  •  Membuat peta jalan untuk mendapatkan strategi.
  • Mendapatkan persetujuan rencana proyek e-bisnis. GO NOT GO.

 6. MERANCANG (DESIGN)

  •  Desain tampilan dan nuansa e-bisnis.
  •  Desain navigasi dan desain layar.
  •  Desain aplikasi
  •  Desain sistem keamanan.

 7. PENYAMPAIAN HASIL (DELIVER)

  •  Pembuatan E-Business.
  •  Ujicoba
  •  Pelatihan (Operasi & Pemeliharaan)
  •  Penerapan pada praktek bisnis.
  •  Promosi (situs e-bisnis dan fungsi-fungsinya).

 8. DISKUSI (DISCUSS) UTK PERBAIKAN

  •  Mengumpulkan umpan-balik (kotak kritik dan saran)
  •  Menganalisis kritik dan saran yang masuk.
  •  Menentukan tindakan yang diperlukan.

 Referensi

1)      Cassidy,A.2008, Planning E-business Success.How to e- enable Your Enterprise . ST Lucia Press. New York

2)      Oetomo, BSD. 2001 Perspektif e-Business Tinjauan Teknis, Manajerial dan strategi. Penerbit Andi. Yogyak arta


0 comments: