1. MEMULAI (BEGIN)
- Dapatkan dukungan manajemen eksekutif dan sponsor bisnis.
- Identifikasi tujuan bisnis utk selesaikan rencana e-bisnis .
- Identifikasi anggota tim dari individu-individu yg akan terlibat.
- Garis besar proses perencanaan yang akan digunakan.
- Rencana komunikasi anggota tim akan tetap mengikuti kegiatan.
- Umumkan proyek kepada organisasi.
- Diagnosis tren dan pengaruhnya ke organisasi.
- Dokumentasi situasi internal saat ini (model proses bisnis, kekuatan dan bidang perbaikan.)
- Identifikasi para pemangku kepentingan dan proses mereka.
- Mendiagnosa industri dan dampak eksternal serta nilai rantai.
- Analisis bisnis (SWOT).
3. MENGEMBANGKAN (DEVELOP)
- Membuat proposal nilai (manfaat) secara umum dan proposal manfaat
langsung dari hasil proyek.
- Mengembangkan strategi e-bisnis untuk mencapai hasil.
- Membuat standar indeks
kinerja (metrik ) untuk mengukur keberhasilan dan kemajuan dari strategi.
- Tentukan peluang
- Temukan keunggulan daya saing.
- Tentukan prioritas.
- Menentukan dampak ke: arsitektur aplikasi bisnis, infrastruktur
teknis, proses bisnis, proses sistem informasi, dan orang / organisasi.
- Analisis biaya dan manfaat (Cost & Benefit)
- Membuat peta jalan untuk mendapatkan strategi.
- Mendapatkan persetujuan rencana proyek e-bisnis. GO NOT GO.
- Desain tampilan dan nuansa e-bisnis.
- Desain navigasi dan desain layar.
- Desain aplikasi
- Desain sistem keamanan.
- Pembuatan E-Business.
- Ujicoba
- Pelatihan (Operasi & Pemeliharaan)
- Penerapan pada praktek bisnis.
- Promosi (situs e-bisnis dan fungsi-fungsinya).
- Mengumpulkan umpan-balik (kotak kritik dan saran)
- Menganalisis kritik dan saran yang masuk.
- Menentukan tindakan yang diperlukan.
1) Cassidy,A.2008, Planning E-business Success.How to e- enable Your
Enterprise . ST Lucia Press. New York
2) Oetomo, BSD. 2001 Perspektif e-Business Tinjauan Teknis, Manajerial
dan strategi. Penerbit Andi. Yogyak arta
0 comments:
Post a Comment