Kumpulan Tilawatil Quran H.Muammar ZA dkk

Ingat jaman-jaman kecil dulu, anda pasti mengenal qori termasyhur pada era itu, ya Ustad H.Muammar ZA, kali ini saya ingin berbagi file ngaji atau tilawatil quran yang beliau baca dengan teman duetnya Ustad Chumaidi, Filenya ada beberapa..silahkan anda download

Tips Pola Tidur Bayi yang Baik

Pola hidup bayi sangat mempengaruhi pola hidup orangtuannya, oleh karena itu orang tua bisa mengajarkan bahwa malam hari adalah waktu tidur , dengan mempraktekan petunjuk berikut

Sang Pencerah : Anda Akan Kemana di Masa Muda Ini?

Ketika usia menginjak dewasa, mungkin ketakutan akan terjadi pada sebagian orang, ketakutan kalau tidak bisa melewatinya dengan benar. Tumbuh besar menjadi seorang remaja yang dewasa memerlukan berbagai tempaan dan kesabaran

Kumpulan Ceramah Ustad Abu Syauqi

Ustad Abu Syauqi, adalah seorang pendiri Rumah Zakat yang terkenal di Bandung, lewat blog ini saya ingin berbagi file ceramah yang beliau sampaikan beberapa tahun lalu yang saya dapatkan secara online di situs 4 share.com Ukuran seluruh file ceramah ini mencapai 600 MB, jadi bersabar yah untuk mendownloadnya

Kumpulan Leaflet Keperawatan/Kebidanan

Bagi Anda Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan, Berikut kumpulan Leaflet yang biasanya jadi sarana promosi kesehatan kepada masyarakat..

Jumat, 29 Januari 2010

Variabel yang mempengaruhi Kepercayaan Seseorang Memilih Pelayanan Kesehatan

Menurut Becker (1974) tentang model kepercayaan kesehatan (Notoatmojo,2003:98), menyatakan bahwa Variabel yang mempengaruhi kepercayaan seseorang memilih pelayanan kesehatan adalah
1. Variabel Demografis (umur, jenis kelamin, bangsa dan kelompok etnis).
2. Variabel Sosial psikologis ( orang terdekat/kelurga, pengalaman sebelumnya).
3. Variabel struktur (kelas sosial, pendidikan, pekerjaan , akses ke pelayanan kesehatan dll).




Kamis, 28 Januari 2010

Pengalaman Pembayaran Google Adsense via Western Union Bank Jabar Syariah

Saya sangat bersyukur kalau akhirnya perjuangan saya selama ini menjadi Adsense Publisher, mulai menemukan ritme yang terarah dan hasil yang cukup memuaskan, mesti masih kecil untuk ukuran publisher yang sukses, tapi saya sangat yakin ini hanya permulaan dan selanjutnya mimpi untuk menjadi blogger dengan penghasilan ribuan dollar setiap bulannya...amiin.
Tepatnya tanggal 28 Januari 2010, saya mendapatkan pembayaran pertama dari google adsense, dengan nominal 139,65 USD. Hari ini saya bangga bisa menepiskan ketakutan saya dalam berbisnis online, semua ini tidak terlepas dari doa istri dan keluarga saya.
Penghasilan sebesar itu awalnya sangat susah buat saya, tapi seiring waktu, usaha ini mulai menampilkan hasil dengan hasil yang terkadang mencapi 13 dolar/hari, saat ini saya mempunyai dua blog utama, silahkan anda kunjungi untuk dilihat
2. Blog Gadget
dan ada 2 blog tambahan lainnya.

Setelah mencari info disana-sini, saya akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa pencairan Western Union dimanapun itu, hasilnya akan sama, dalam artian Kurs WO itu sama disetiap bank atau kantor pos yang menerima pembayaran WO, WO punya kurs tersendiri dan lebih kecil dari kurs yang berlaku di hari pencairan.
Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pencairan di BANK Jabar Syariah Bandung, dan ternyata prosesnya simple dan mudah banget, anda hanya butuh no.id dan mtcn (nomor id pembayaran dari google) dalam hitungan 15 menit anda telah bisa mencairkan uang anda.
Jadi print statement earning yang diberikan google, untuk pengisian alamat dan Id lainnya di form isian Western Union, hari ini saya sangat bersyukur karena jerih payah selama ini mulai menampilkan hasil, saat itu kurs untuk WO saya lagi kecil hanya Rp. 9.143,4,-, tapi lumayan setelah dikonversi menjadi Rp. 1.276.900,-....
Mudah-mudahan saya bisa memaknai ini semua dan semakin dekat dengan-NYA







Rabu, 27 Januari 2010

Pengertian EVA (Economic Value Added )

EVA adalah laba operasi setelah pajak dikurangi dengan total biaya modal Stewart (Pradhono, 2004). Beberapa peneliti menyimpulkan bahwa EVA sebagai alat pengukur telah memperhitungkan semua faktor yang berhubungan dengan penciptaan nilai bagi pemegang saham. 
Dengan diperhitungkannya biaya modal atas ekuitas, EVA mengindikasikan seberapa jauh perusahaan telah menciptakan nilai bagi pemilik modal. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa EVA merupakan indikator tentang adanya penciptaan nilai dari suatu investasi

Ada yang salah dan kurang, silahkan beri komentar...



Minggu, 24 Januari 2010

Sedekah Pangkal Kaya

Dari Grup Facebook kaya dengan sedekah:
sedekah bukan sekadar menaruh uang di kotak amal. Atau mengumpulkan para fakir miskin, anak yatim, kemudian membagi-bagikan amplop, lantas selesai. Para penyedekah tak selesai kewajibannya hanya sampai sebatas memberi. Ada kewajiban lainnya, yakni tak membiarkan penerima sedekah menjadi orang-orang yang berketergantungan dengan sedekah. Jangan sampai ada orang yang 'menikmati' hidup dengan pemberian orang lain. Ada kewajiban bagi para penyedekah, yakni membuat penerima sedekah itu menjadi orang-orang yang berdaya. Setidaknya hingga mereka sanggup mencapai tingkatan tak lagi bergantung pada sedekah dan bisa menghidupi diri dan keluarganya sendiri.

Sedekah itu tanpa batas. Nilai dan jumlahnya tak dibatasi, penerima sedekahnya juga tidak terbatas. Artinya, penyedekah bisa memberikannya kepada siapa saja, dari yang terdekat hingga terjauh sekali pun. Tak hanya itu, waktu untuk bersedekah pun tak pernah dibatasi. Tak hanya di bulan-bulan tertentu saja, melainkan sepanjang waktu. Selama seseorang mampu untuk bersedekah, baik di waktu sempit mau pun lapang, maka bersedekah dianjurkan.

Nah, lantaran sedekah itu tanpa batas, maka tidak pernah dibatasi jumlah yang boleh disedekahkan. Tidak ada nisab untuk sedekah, selama ia mampu maka teruslah bersedekah. Tidak pernah ada ketentuan seseorang sudah boleh bebas tak bersedekah karena sudah terlalu sering bersedekah. Dan yang terpenting, tidak pernah tertulis dalam sejarah ada orang yang jatuh miskin lantaran bersedekah.

Sebab, semua orang yang pernah dan selalu bersedekah tahu betul, bahwa sedekah membuat mereka kaya dan bahagia. Siapa yang tak bahagia berniaga dengan Allah? Kita mendapatkan modal dari Allah, berupa diri dan harta yang kita miliki saat ini. Kemudian dari modal yang dipinjamkan Allah itu, kita diajak berniaga oleh-Nya dengan tawaran keuntungan yang tidak bisa diberikan oleh pedagang terbesar mana pun di dunia ini. Tak tanggung-tanggung, keuntungan berniaga dengan Allah adalah mendapatkan ampunan dari Allah, kemudian Allah akan memasukkan kita ke dalam surga-Nya.
Padahal, yang diminta Allah kepada kita adalah, beriman kepada-Nya dan rasul-Nya, kemudian Allah juga meminta kita berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa kita. Bayangkan, Allah meminta kita menukar harta dan jiwa ini –yang keduanya milik Allah dan hanya dipinjamkan kepada manusia- dengan balasan surga-Nya. Perniagaan indah nan menguntungkan ini Allah gambarkan dalam Qur'an Surat Shaffat (37) ayat 10-12.

Adakah yang mampu memberikan keuntungan lebih besar dari Allah? Tak bahagiakah orang-orang yang mau berniaga dengan Allah. Bukankah seharusnya orang-orang yang bersedekah jauh lebih bahagia, karena ia telah melakukan perniagaan dengan Allah?
Sedekah itu membahagiakan. Siapakah yang dimaksud? Tentu saja yang bersedekah, sebab selain ia telah mendapatkan kesempatan mengenyam surga Allah, kebahagiaan pula bisa melihat senyum orang-orang yang mendapat sedekah. Tak hanya itu, sedekah masih memberikan banyak manfaat bagi pelakunya, antara lain dilipatgandakannya harta kita, dijauhkan dari bahaya, diberikan kesehatan, dan tentu saja menenangkan jiwa.

Adakah yang tak menginginkan kebahagiaan seperti itu? Sungguh, khasiat sedekah hanya satu bagi penerima. Namun terdapat jutaan khasiat yang diperoleh bagi pelakunya. Maka, bersegeralah meraihnya

-Hemat sedekah Pangkal Miskin...Boros Sedekah Pangkal Kaya...MAU!!!

Sabtu, 23 Januari 2010

Manfaat Pijat Bayi

Tulisan diambil dari blog saya di tutorialkuliah.wordpress
Efek Biokimia dan Fisik yang Positif
Efek biokimia yang positif dari pijat, antara lain:
§ Menurunkan kadar cathecolamine
§ Meningkatkan kadar serotonin.

Selain efek biokimia, pijatan memberikan efek fisik/klinis sebagai berikut.
Ø Meningkatkan jumlah dan sitotoksisitas dari sistem immunitas
Ø Mengubah gelombang otak secara positif
Ø Memperbaiki sirkulasi darah dan pernapasan
Ø Merangsang fungsi pencernaan serta pembuangan
Ø Meningkatkan kenaikan berat badan
Ø Mengurangi depresi dan ketegangan
Ø Meningkatkan kesiagaan
Ø Membuat tidur lelap
Ø Mengurangi rasa sakit mengurangi kembung dan kolik (sakit perut)
Ø Meningkatkan hubungan batin antara orang tua dan bayi
Ø Meningkatkan volume air susu ibu


Berikut ini beberapa hasil laporan penelitian para pakar mengenai manfaat pijat bayi.

a. Meningkatkan berat badan
Penelitian yang dilakukan oleh Prof T. Field & Scafidi (1986 & 1990) menunjukkan bahwa pada 20 bayi prematur (berat badan 1280 dan 1176 gram), yang dipijat 3×15 menit selama selama 10 hari, mengalami kenaikan berat badan per hari 20% – 47% lebih banyak dari yang tidak dipijat. Penelitian pada bayi cukup bulan yang berusia 1-3 bula, yang dipijit 15 menit, 2 kali seminggu selama 6 minggu didapatkan kenaikan berat badan yang lebih dari kontrol.

b. Meningkatkan pertumbuhan
Schanberg (1989) melakukan penelitian pada tikus dan menemukan bahwa tanpa dilakukannya rangsangan raba/taktil pada tikus telah terjadi hormon pertumbuhan.

c. Meningkatkan daya tahan tubuh
Penelitian terhadap penderita HIV yang dipijat sebanyak 5 kali dalam seminggu selama 1 bulan, menunjukkan terjadinya peningkatan jumlah dan toksisitas sel pembunuh alami (natural killer cells). Hal tersebut dapat mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi sekunder pada penderita AIDS.

d. Meningkatkan konsentrasi bayi dan membuat bayi tidur lebih lelap
Umumnya, bayi yang dipijat akan tertidur lebih lelap, sedangka pada waktu bangun konsentrasinya akan lebih penuh. Di Touch Research Institute, Amerika, dilakukan penelitian pada sekelompok anak dengan pemberian soal matematika. Setelah itu, dilakukan pemijatan pada anak-anak tersebut selama 2×15 menit setiap minggunya selama jangka waktu 5 minggu. Selanjutnya pada anak-anak tersebut diberikan lagi soal matematika lain. Ternyata, mereka hanya memerlukan waktu penyelesaian setengah dari waktu yang dipergunakan untuk menyelesaikan soal terdahulu, dan ternyata pula tingkat kesalahannya hanya sebanyak 50% dari sebelum dipijat.

e. Membina ikatan kasih sayang orang-tua dan anak (bonding)
Sentuhan dan pandangan kasih sayang orang tua pada bayinya akan mengalirkan kekuatan jalinan kasih di antara keduanya. Pada perkembangan anak, sentuhan orang tua adalah dasar perkembangn komunikasi yang akan memupuk cinta kasih secara timbal bali. Semua ini akan menjadi penentu bagi anak untuk secara potensial menjadi anak berbudi baik yang percaya diri.

f. Meningkatkan produksi ASI
Berdasarkan penelitian Cyinthia Mersmann, ibu yang memijat bayinya mampu memproduksi ASI lebih banyak dibanding kelompok kontrol. Pada saat menyusui bayinya mereka merasa kewalahan karena ASI terus menerus menetes dari payudara yang tidak disusukan. Jadi pijat bayi dapat meningkatkan volume ASI sehingga periode waktu pemberian ASI secara eksklusif dapat ditingkatkan, khususnya oleh ibu-ibu karyawati.


II. 2 MEKANISME DASAR PEMIJATAN (FISIOLOGI PIJAT BAYI)

Satu hal yang sangat menarik pada penelitian tentang pemijatan bayi adalah penelitian tentang mekanika dasar pemijatan. Mekanisme dasar dari pijat bayi belum banyak diketahui. Walaupun demikian, saat ini para pakar sudah mempunyai beberapa teori tentang mekanisme ini serta mulai menemukan jawabannya.
Diajukan beberapa mekanisme untuk menolong menerangkan mekanisme dasar pijat bayi, antara lain : pengeluaran beta endorphin, aktivitas nervus vagus, dan produksi serotonin.


A. Beta Endorphin Mempengaruhi Mekanisme Pertumbuhan
Pijatan akan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Tahun 1989, Schanberg dari Duke University Medical School melakukan penelitian pada bayi – bayi tikus. Pakar ini menemukan bahwa jika hubungan taktil (jilatan-jilatan) ibu tikus ke bayinya terganggu akan menyebabkan hal – hal berikut ini :
Penurunan enzim ODC ( ornithine decarboxylase ), suatu enzim yang menjadi petunjuk peka bagi pertumbuhan sel dan jaringan
Penurunan pengeluaran hormon pertumbuhan
Penurunan kepekaan ODC jaringan terhadap pemberian hormon pertumbuhan
Pengurangan sensasi taktil akan meningkatkan pengeluaran suatu neurochemical beta endorphine, yang akan mengurangi pembentukan hormon pertumbuhan karena menurunnya jumlah dan aktivitas ODC jaringan.

B. Aktivitas Nervus Vagus Mempengaruhi Mekanisme Penyerapan Makanan
Penelitian Field dan Schanberg (1986) menunjukkan bahwa pada bayi yang dipijat mengalami peningkatan tonus nervus vagus ( saraf otak ke-10) yang akan menyebabkan peningkatan kadar enzim penyerapan gastrin dan insulin. Dengan demikian, penyerapan makanan akan menjadi lebih baik. Itu sebabnya mengapa berat badan bayi yang dipijat meningkat lebih banyak daripada yang tidak dipijat.

C. Aktifitas nervus vagus meningkatkan volume ASI
Penyerapan makanan menjadi lebih baik karena peningkatan aktifitas nervus vagus menyebabkan bayi cepat lapar sehingga akan lebih sering menyusu pada ibunya. Akibatnya, ASI akan lebih banyak diproduksi. Seperti diketahui, ASI akan semakin banyak diproduksi jika semakin banyak di minta. Selain itu, ibu yang memijat bayinya akan merasa lebih tenang dan hal ini berdampak positif pada peningkatan volume ASI.

D. Produksi Serotonin Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Pemijatan akan meningkatkan aktivitas neurotransmiter serotonin, yaitu meningkatkan kapasitas sel reseptor yang berfungsi mengikat glukokortikoid (adrenalin, suatu hormon stres). Proses ini akan menyebabkan terjadinya penurunan kadar hormon adrenalin (hormon stres). Penurunan kadar hormon stres ini akan meningkatkan daya tahan tubuh, terutama IgM dan IgG.

E. Pijatan dapat mengubah gelombang otak.
Pijat bayi akan membuat bayi tidur lebih lelap dan meningkatkan kesiagaan (alertnes) atau kosentrasi. Hal ini disebabkan pijatan dapat mengubah gelombang otak. Pengubahan ini terjadi dengan cara menurunkan gelombang alpha dan meningkatkan gelombang beta serta tetha, yang dapat di buktikan dengan penggunaan EEG (electro enchephalogram).
(berbagai sumber)


Pengertian Kehamilan Serotinus (postmatur)

Pengertiannya adalah :
Kehamilan serotinus (postmatur) yaitu kehamilan yang berlangsung 42 minggu atau lebih. Keadaan ini bisa disebabkan karena faktor dari ibu dan anak. Dalam hal pengelolaannya yang terpenting adalah pemantauan keadaan janin dengan cara tes tanpa tekanan, pemantauan gerakan janin secara subyektif dan amnioskopi. Sesuai hasil pemantauan tersebut kita dapat mengambil keputusan untuk tindakan selanjutnya
(tugas &catatan kuliah mahasiswa)

Jumat, 22 Januari 2010

Tips Memeras Air Susu (ASI)

Jika suatu saat anda memerlukan untuk memeras susu, jagalah agar susu tidak terkena kuman
Hal yang harus dilakukan antara lain :
# Cuci dan keringkan tangan sebelum memeras susu
# Sterilkan semua peralatan
# Gunakan wadah yang lebar untuk menampung air susu ibu.
# Tutup wadah dan simpan susu ditempat yang sejuk. Susu bisa bertahan sampai 8 jam, atau satu hari penuh jika dimasukkan kedalam lemari pendingin
# jika dimasukan kedalam lemari pendingin, susu harus dikeluarkan satu jam sebelum diberikan kepada bayi dan didiamkan ditempat yang sejuk

>> Yang tidak boleh dilakukan
# ASI perasan tidak boleh direbus atau dipanaskan. Jika direbus atau dipanaskan, bahan yang terkandung didalamnya dan bermanfaat melindungi bayi dari infeksi akan rusak.
source:Artikel ini saya panduan merawat bayi dari Dettol

Tips memberi bayi susu Formula/botol

Artikel ini saya ambil dari panduan merawat bayi persembahan Dettol:
Ada ibu yang tidak dapat menyusui sendiri bayinya, tentunya mereka harus memberi bayi mereka dengan susu formula. Bila memberi susu formula , anda harus perhatikan hal-hal sebagai berikut :
# memperhatikan apakah susu yang dibeli/diberikan sesuai dengan usia bayi
# Mengikuti petunjuk cara penyimpanan dan memeriksa tanggal kadaluwarsanya
Sebelum menyiapkan susu botol
# Cuci tangan anda sampai bersih; ikuti petunjuk tentang cara membuat dan berapa takarannya
# Gunakan air mendidih yang sudah dingin
# Gunakan botol susu yang sudah disterilkan terlebih dahulu




Rabu, 20 Januari 2010

Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense : Pendapatan Adsenku Tembus 13 Dolar sehari

Hari ini jam 4 dinihari, seperti biasa saya melakukan aktivitas sehari-hari, yaitu posting dan cari-cari informasi diinternet untuk dijadikan artikel di blog saya yang jumlahnya sudah mencapai 6 buah, 3 blog adsense dan 3 blog untuk ptc lokal.
Ada yang membuat saya terkejut dan takjub, ketika saya membuka login panel google adsense, untuk sekedar cek earning, ternyata pendapatan blog saya di blog yang ini
mendekati angka 14 dolar, amazing buat saya...setelah sebelumnya rekor tertinggi hanya sampe 5 US dolar....
Sebagai bukti saya lampirkan screen shot pendapatan saya ini :


Saya yakin grafik ini akan terus naik dan bisa jadi suatu saat menjadi 40 dolar/hari..
dari analisa yang saya lakukan ternyata banyak hal yang bisa kita pelajari agar kita bisa menaikan pendapatan adsense kita:
1. cari topik dengan nilai klik yang mahal, artinya keyword mempunyai nilai klik tinggi, bahkan ada yang nyampe 40 dolar/klik...caranya anda bisa search di google tentang keyword klik  yang mahal itu
2. cari pengunjung dari segmentasi negara Amerika Serikat, anda bisa menggunakan tools untuk mencari trend keyword yang ada di US, blog saya yang ini,
Pernah menjadi 5 besar di hasil pencarian Cnn.com dan menjadi no.1 di google dengan kata kunci Erick gates gateco Electric, waktu itu saya dapat ilham dari rekan blogger gadgetalk dan saya menggunakan tool google trend USA.
3.Naikin Pagerank blog Anda, PR sangat Penting dengan PR 3 saya pikir sudah lumayan untuk bisa bersaing dengan blog-blog lain di kancah pertarungan SERP...tapi ingat terus tingkatkan Backlink anda...yang paling bagus sih natural link, jadi dengan senang hati website lain mencantumkan link kita misalnya karena tulisan di blog kita menarik.

sekian dulu sharing nya, mudah-mudahan ada manfaatnya...


Tips Mencegah Pembobolan ATM

Hari ini sangat terkejut dengan berita yang saya lihat ditelevisi, bahwa sejumlah nasabah bank-bak besar seperti BCA, Mandiri, BNI, dan bank-bank besar lainnya “kebobolan”, alias dibobol maling. Sekitar 3000 nasabah dari berbagai bank dilaporkan telah mengalami kejadian naas ini, dengan kerugian ditaksir lebih dari 300 Miliar rupiah, sungguh ironi dan menyesakan. Modus dari pembobolan ATM ini sesungguhnya bukan kejahatan baru, mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kalau kejadian seperti ini sering kita dengar sehari-hari.

Seperti yang saya kutip dari pembicaraan antara ahli Forensik IT dengan reporter MetroTV, bahwa kasus pembobolan ini sesungguhnya bukan kejahatan seperti layaknya hacker yang hebat, tapi ini murni kriminal pencurian. Modusnya terbilang rapi, dengan bermodalkan kamera pulpen yang kecil, mereka memata-matai, pengguna ATM untuk melihat PIN yang di enter oleh nasabah bank, setelah mereka mengetahui PIN, mereka akan merekamnya dan karena kehebatan mereka untuk menduplikasi kartu, mereka dengan mudah membobol ATM nasabah yang sudah diketahui no.PIN nya tadi.

Melalui artikel ini saya ingin mensharekan apa yang saya dapat dari pembicaraan reporter MetroTV dengan Ahli Forensik IT mengenai cara penanggulangan pembobolan ATM.
Berikut Tip-tips untuk mencegah bobolnya ATM anda:
# Perhatikan lubang masuknya kartu ATM, apakah ada keganjilan, kalau misalnya kelihatan ada solatip dan yang lainnya, sepatutnya anda curiga dan melaporkan hal ini ke petugas bank yang bersangkutan
#Perhatikan sekeliling anda, apakah ada benda-benda yang mencurigakan layaknya kamera (tetapi bukan kamera CCTV, biasanya seperti yang saya lihat di Metro, Kamera pengintai diletakan ditempat yang mengarah ke keypad ATM
#Gantilah PIN anda secara berkala, ini demi keamanan anda
#Usahakan tutup dengan tangan anda ketika anda mengambil uang, hal ini dimaksudkan agar PIN anda tidak terbaca oleh orang sebelah atau belakang anda.
#perhatikan juga daerah sekitar lubang tempat masuknya ATM, apakah kelihatan ganjil, informasi yang saya dapat, ada dudukan lubang ATM ganda kalau seorang penjahat bermaksud memata-matai pengguna ATM.

Tag: Kasus pembobolan ATM BCA,Mandiri, BNI,BRI,dll, tips Aman menggunakan ATM, Pencegahan pembobolan ATM, Menghincari pembobolan ATM

Tanda-tanda klasik fraktur

1. Definisi:
 Hilangnya kesinambungan substansi tulang dengan atau tanpa pergeseran fragmen-fragmen fraktur.
 Terputusnya hubungan/kontinuitas jaringan tulang.
2.Tanda-tanda klasik fraktur:
1. Nyeri
2. Deformitas
3. Krepitasi
4. Bengkak
5. Peningkatan temperatur lokal
6. Pergerakan abnormal
7. Echymosis
8. Kehilangan fungsi
9. Kemungkinan lain.

Selasa, 19 Januari 2010

Osteogenik Sarkoma

Osteogenik sarkoma adalah jenis malignansi terbanyak dari tumor tulang yang berjumlah kira-kira 20% dari semua kasus , dimana penyebabnya belum diketahui. Tetapi radiasi dan virus osteogenik yang telah terlibat dalam terjadinya keganasan serta faktor genetik.
Osteogenik sarkoma dijumpai pada kelompok usia muda antara 10 sampai 25 tahun dan menyerang daerah yang metafisis tulang panjang. Manifestasi klinis penyakit ini adalah:- timbul rasa nyeri tumpul dalam dan perasaan seperti dilakukan pemboran pada tulang
- ada pembengkakan pada tulang
- ada nyeri dada , batuk , demam, penurunan berat badan dan malaese
osteosarkoma biasanya ditangani dengan pembedahan , radiasi , kemoterapi. Dan
prognosanya adalah jelek.
Dari proses keperawatan didapatkan 6 diagnosa keperawatan diantaranya :
1. koping individu tidak efektif berhubungan dengan diagnosis kanker dan prognisis yang tidak pasti
2. resiko terhadap infeksi berhubungan dengan pengobatan kemoterapi
3. perubahan nutrisi kuranga dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan anorexia, mual/muntah dan diare karena kemoterapi
4. perubahan eliminasi urinari berhubungan dengan efeksamping kemoterapi infosfamid
5. nyeri berhubungan dengan intervensi bedah
6. kerusakan mobilitas fisik berhubungan dengan penurunan kekuatan otot

Gangguan orientasi realitas

Gangguan orientasi realitas adalah ketidakmampuan klien menilai dan berespon pada realitas. Klien tidak dapat membedakan rangsang internal dan eksternal, tidak dapat membedakan lamunan dan kenyataan. Klien tidak mampu memberi respon secara akurat, sehingga tampak perilaku yang sukar dimengerti dan mungkin menakutkan.

Gangguan orientasi realitas disebabkan oleh fungsi otak yang terganggu yaitu fungsi kogntif dan proses pikir ; fungsi persepsi, fungsi emosi, fungsi motorik, dan fungsi sosial. Gangguan pada fungsi kognitif danpersepsi mengakibatkan kemampuan menilai dan menilik terganggu. Gangguan fungsi emosi, motorik dan sosial mengakibatkan kemapuan berespon terganggu yang tampak dari perilaku non verbal (ekspresi muka, gerakan tubuh ) dan perilaku verbal (penampilan hubungan sosial). Oleh karena gangguan orientasi realitas terkait dengan fungsi otak, maka gangguan atau respon yang timbul disebut pula respon neuro biologik.

Gangguan orientasi realitas umumnya ditemukan pada klien Skizofrenia dan psikomatik lain. Blueler mengidentifikasikan gejala skizofrenia sebagai :” 4 A” yang ditambah dengan “2 A” sebagai berikut : gangguan asosiasi, afek, ambivalen, autistik dan ditambah dengan gangguan atensi (perhatian) dan aktivitas. Gejal sekunder dari skizofrenia adalah halusinasi, waham, dan gangguan daya ingat.
Berpikir adalah gejala jiwa yang dapat menetapkan hubungan-hubungan antara ketahuan-ketahuan kita (Sujanto, 1986)
Berpikir adalah suatu proses dialektis yaitu selama kita berpikir, fikiran kita mengadakan tanya jawab dengan pikitan kita untuk dapat meletakkan hubungan-hubungan antara ketahuan kita dengan tepat.
Berpikir adalah suatu keaktifan pribadi manusia yang mengakibatkan penemuan yang terarah kepada suatu tujuan (Purwanto, 1992)
Proses-proses berpikir (Sujanto, 1986) :
a Pembentukan pengertian : dari suatu masalah pikiran kita membuang ciri-ciri tambahan, sehingga tinggal ciri-ciri yang tipis (yang tidak boleh tidak ada) pada masalah itu.
b Pembentukan pendapat : pikiran kita menggabungkan / menceraikan beberapapengertian yang menjadi tanda khas dari masalah.
c Pembentukan keputusan : pikiran kita menggabungkan pendapat-pendapat tersebut.
d Pembentukan kesimpulan : pikiran kita menarik keputusan dari keputusan-keputusan yang lain.
Proses pikir. Proses informasi yang tidak berfungsi dengan baik akan mempengaruhi proses berpikir sehingga memberi dampak pada proses komunikasi. Dalam berkomunikasi mungkin inkoheren, tidak berhubungan, berbelit dan tidak logis. Klien tidak mampu mengorganisirdan menyusun pembicaraan yang logis dan koheren. Ketidakmampuan klien ini sering membuat lingkungan takut dan merasa aneh terhadap klien. Perawat hendaknya mengidentifikasi beberapa respon verbal dan nonverbal klien serta melakukan validasi.


Senin, 18 Januari 2010

Jenis Retensio Plasenta

Retensio Plasenta adalah tertahannya atau belum lahirnya plasenta hingga atau melebihi waktu 30 menit setelah bayi lahir . (Prawirohardjo,2002) Jenis retensio Plasenta :
1. Plasenta adhesiva adalah implantasi yang kuat dari jonjot korion plasenta sehingga menyebabkan kegagalan mekanisme separasi fisiologis.
2. Plasenta akreta adalah implantasi jonjot korion plasenta hingga memasuki sebagian lapisan miomentrium.
3. Plasenta inkreta adalah implantasi jonjot korion plasenta hingga mencapai/memasuki miomentrium.
4. Plasenta perkreta adalah implantasi jonjot korion plasenta yng
menembus lapisan otot hingga mencapai lapisan serosa dinding uterus.
5. Plasenta inkaserata adalah tertahannya plasenta didalam kavum uteri,
disebabkan oleh kontriksi ontium uteri.

Minggu, 17 Januari 2010

Manajemen Stress

STRESS MANAGEMENT
Oleh: Mamat Rohimat,from blog Great Investor

PENDAHULUAN
Baru-baru ini, banyak sekali orang yang melakukan tindakan bunuh diri, bahkan tindakan bunuh diri tersebut dilakukan di Mal-Mal terkenal. Tentu, ada pemicu dari orang-orang tersebut untuk melakukan tindakan bunuh diri. Secara umum, pemicu tersebut adalah stress (tekanan) terhadap mental yang tak sanggup lagi diatasi sehingga menimbulkan keputusasaan untuk tetap bertahan hidup, dan karenanya memutuskan untuk mengakhiri hidup (bunuh diri) dengan harapan masalahnya akan berakhir.
Stress pasti dirasakan oleh semua orang. Namun, ada orang yang mampu mengatasi stress tersebut dengan baik, dan ada pula yang tak mampu mengatasinya. Kemampuan untuk mengelola stress (stress management) akan menjadi penentu kekuatan orang untuk menjalani hidup dengan berbagai permasalahannya.

PEMBAHASAN
Definisi Stress
Stress secara bahasa berarti tekanan. Adapun secara istilah, stress adalah suatu tekanan terhadap mental seseorang yang diakibatkan oleh kekecewaan atas apa yang dialaminya.
Secara umum stress dapat didefinisikan sebagai berikut:
Stress = fungsi (kekecewaan)
Kekecewaan = fungsi (kenyataan ≠ harapan)

Stress Management
Tekanan terhadap mental jika tidak dikelola dengan baik bisa menimbulkan gangguan jiwa (gila) dan putus asa (bunuh diri). Untuk itu, pengelolaan terhadap stress merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Berikut adalah metode untuk mengelola stress:
Stress Avoiding (Menghindari Stress)
Jika memperhatikan definisi di atas, maka untuk menghindari stress, orang harus menghindari kekecewaan. Untuk bisa menghindari kekecewaan, maka 2 hal yang bisa dilakukan:
1. selalu memastikan bahwa kenyataan (hasil) bisa sesuai dengan harapan, atau
2. jangan berharap (hilangkanlah harapan)
Alternatif pertama, memastikan agar kita bisa selalu mencapai apa yang kita harapkan bisa disebut mustahil. Hal ini, karena banyak faktor yang tidak berada dalam kontrol kita yang menentukan hasil dari usaha yang kita lakukan.
Alternatif kedua, jika mengambil sampai titik ekstrem untuk tidak berharap apa pun juga mustahil. Bahkan, orang yang melakukan bunuh diri adalah orang yang sudah tidak punya harapan atau putus asa. Padahal, kita juga diminta untuk tidak berputus asa atas rahmat Allah, karena tidaklah orang berputus asa dari rahmat Allah, kecuali dia telah kafir (mengingkari) Tuhannya. Dengan demikian, yang paling relevan adalah jangan berharap kepada sesuatu yang tidak pantas diharapkan, jangan berharap kepada sesuatu yang bersifat uncontrollable.
Stress Managing (Mengelola Stress)
Yang dimaksud manajemen stress adalah menerima stress sebagai suatu keadaan, menghadapi dan menyikapinya dengan sikap yang benar sehingga stressor apa pun yang terjadi kepada kita, tidak akan menyebabkan dampak yang besar seperti gangguan kejiwaan (gila) ataupun putus asa (bunuh diri).
Berikut adalah beberapa tahapan stress management:
1. Yakinlah bahwa segala sesuatu yang terjadi ataupun yang akan terjadi, telah Allah tetapkan untuk kita, dan telah tercatat di dalam kitab lauhul mahfudz.
2. Perbanyaklah berdo’a.
Karena kita tidak tahu apa yang telah Allah tetapkan kepada kita, maka selalulah berdo’a untuk mendapatkan kebaikan atas usaha yang kita lakukan. Boleh jadi, dengan do’a itu, Allah mengubah ketetapan-Nya kepada kita, dari tadinya “buruk” menjadi “baik”. Tentu saja bukan Allah plin-plan, namun karena Allah mendorong manusia untuk memperbanyak berdo’a. Lagipula, tidak ada yang tahu ketetapan Allah sebelum terjadi, sehingga jika pun Allah mengubahnya karena mengabulkan do’a kita, tidak akan ada yang mencela Allah dan Allah tetap memiliki hak prerogatif untuk menjalankan ketetepan-Nya ataupun membatalkannya.
3. Selalulah bersikap positif (husnudzhan), bahwa apapun yang terjadi kepada kita, itulah yang terbaik.
Boleh jadi kegagalan sedang menimpa kita. Namun, yakinkanlah di dalam hati, mungkin ini bukanlah kegagalan, namun adalah kejadian agar kita bisa memiliki kesempatan untuk lebih banyak belajar dan meraih kesempatan yang lebih baik di tempat lain.
Memiliki sikap positif (husnudzhan) adalah kunci utama dalam stress management. Hal ini karena orang yang selalu bersikap positif tidak akan pernah mengalami stress, dan akan mampu menghadapi permasalahan apa pun. Untuk itu, sikap positif adalah kekuatan, dan kita dianjurkan untuk selalu bersikap positif (husnudzhan) terhadap apa pun, terutama terhadap Allah. Hal ini disebutkan dalam suatu hadits qudsi, Allah berkata: “Sesungguhnya Aku, tergantung kepada persangkaan hamba-Ku kepada-Ku”.
Dengan demikian, milikilah sikap positif (husnudzhan) terutama kepada Allah, bahwa Allah Maha Menyayangi kita, Allah akan memberikan kepada kita jalan yang terbaik.
4. Jadikanlah Allah sebagai prioritas dan tujuan utama.
Sebagaimana telah kita bahas, bahwa stress diakibatkan oleh kekecewaan, sedangkan kekecewaan disebabkan oleh kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. Dengan demikian, untuk menghindari kekecewaan, jadikanlah ridha Allah sebagai harapan kita, dan merupakan tujuan utama dari setiap kegiatan (perbuatan) yang kita lakukan.
Inilah esensi dari Ikhlas. Ikhlas secara bahasa adalah murni. Sedangkan secara istilah, ikhlas adalah memurnikan ibadah dan tujuan dari setiap amal hanya kepada Allah dan hanya untuk mendapatkan ridha Allah.
Untuk itu, seseorang yang menjadikan Allah (ridha Allah, Pencipta Manusia) sebagai tujuan utama hidupnya, maka akan terhindar dari stress. Begitu pun Allah menciptakan manusia dengan tujuan agar manusia menjadikan sebagai tujuan hidup yang diwujudkan dengan beribadah hanya kepada-Nya sehingga Allah akan meridhainya.
5. Yakinlah bahwa setiap perbuatan (baik) yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan ridha Allah itu, akan selalu berhasil dengan baik (selalui diridhai Allah, dan Allah akan membalas dengan kebaikan).
Hal ini ditegaskan oleh Rasulullah:


اِنَّمَاالْاَعْمَالُ بِالنِّيَاتِ وَاِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ اِلَى اللَّهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ اِلَى اللَّهِ وَرَسُوْلِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ اِلَى الدُّ نْيَا يُصِيْبُهَا اَوْ اِلَى امْرَاَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ اِلَى مَا هَا جَرَ اِلَيْهِ

“Sesungguhnya, tidak lain setiap amal itu tergantung kepada niatnya dan seseorang akan mendapatkan apa yang diniatkannya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya kepada dunia, maka ia akan mendapatkan dunia. Barang siapa yang hijrahnya kepada wanita, maka ia akan menikahinya. Maka hijrah itu kepada sesuatu yang karenanya ia hijrah” (HR Bukhari No 1 & HR Muslim No 1080).
6. Berserah diri (tawakkal) atas hasil usaha yang kita lakukan kepada Allah
Setelah kita berusaha semampu kita dengan sungguh-sungguh sehingga kita sudah tidak melihat lagi sesuatu yang bisa kita kerjakan, maka serahkanlah hasil urusan itu kepada Allah. Karena kita hanya dituntut untuk berusaha, adapun hasilnya adalah urusan Allah.

KESIMPULAN
Untuk bisa mengelola stress dengan baik, maka kita harus yakin bahwa segala sesuatu telah Allah tetapkan, jauh sebelum kita lahir dan bahkan telah tercatat di lauhul mahfud. Kita hanya diminta untuk berusaha semampu kita dengan sesungguhnya dan banyak berdo’a untuk kebaikan kita. Lalu kita ikhlas dengan apa pun yang akan terjadi, dan menyerahkan hasilnya kepada Allah. Kita juga harus menjadikan Allah sebagai prioritas dan tujuan kita sehingga hanya kepada Allah-lah kita berharap. Dengan demikian, akan terminimisasilah kekecewaan. Selain itu, selalulah bersikap positif (husnudzhan) bahwa Allah akan menjadikan kepada kita yang terbaik atau ambillah hikmah (pelajaran), bahkan dari keburukan yang kita rasakan. Kita juga harus yakin bahwa usaha kita yang baik selama berniat untuk mendapatkan ridha Allah, pasti akan memiliki nilai kebaikan buat kita, dan akan menjadi sebab tercapainya tujuan utama kita, mendapatkan ridha Allah

Contoh Video Pedicure dan Manicure

Berikut contoh bagaimana perawatan pedicure dan menicure, anda bisa mendownloadnya dari situs Youtube.com, kalau anda menemukan kesulitan untuk mendownloadnya, caranya bisa anda lihat disini 
# Contoh Video Pedicure :


# Contoh Video Manicure :





Atonia Uteri

Atonia uteri adalah uterus tidak berkontraksi dan lembek, pendarahan segera terjadi setelah anak lahir. 
Tindakan yang harus dilakukan adalah pasang infus dan pemberian uterotonika, lakukan kompresi bimanual. Pastikan plasenta lahir lengkap dan tak ada laserasi jalan lahir



Sabtu, 16 Januari 2010

Pengertian Validitas dan Reliabilitas

Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukan tingkat kevalidan atau kesahihan suatu instrumen. Prinsif validitas adalah pengukuran atau pengamatan yang berarti prinsif keandalan instrumen dalam mengumpulkan data. Instrumen harus dapat mengukur apa yang seharusnya diukur. Jadi validitas lebih menekankan pada alat pengukuran atau pengamatan.

Sedangkan Reliabilitas adalah kesamaan hasil pengukuran atau pengamatan bila fakta atau kenyataan hidup tadi diukur atau diamati berkali – kali dalam waktu yang berlainan. Alat dan cara mengukur atau mengamati sama – sama memegang peranan penting dalam waktu yang bersamaan. Dalam penelitian keperawatan, walaupun sudah ada beberapa pertanyaan ( kuisioner ) yang sudah distandarisasi baik nasional maupun internasional ,peneliti harus tetap menyeleksi instrumen yang dipilih dengan mempertimbangkan keadaan sosial budaya dari area penelitian ( Nursalam, 2003 : 108 ).

Jumat, 15 Januari 2010

Pengertian Remaja akhir ( 19 – 22 tahun )

Remaja akhir adalah tahap untuk mencapai kedewasaan karena pada masa ini kebanyakan remaja telah mampu menentukan suatu kode moral dan relatif merasa senang dengan hubungan seksual. Walaupun masih sering timbul keraguan tentang dirinya, perkembangan kognitifnya akan terus berkembang dengan cara berpikir secara logis dan prihatin akan masa depan. 
Remaja akhir mempunyai keyakinan yang sangat kuat sehungga setelah mengetahui apa yang diharapkannya maka dengan semangat dan kemampuan yang dimilikinya akan terus dikerahkan untuk mencapai hasil yang diinginkannya. Akan tetapi masih ada sebagian remaja pada masa remaja akhir ini belum dapat menyelesaikan tugasnya secara sempurna, terutama remaja yang mengalami perlakuan yang menyimpang dari lingkungannya baik dari segi fisiologis, fsikis, psikologis, dan nutrisi.

Kamis, 14 Januari 2010

DEFINISI KEKURANGAN CAIRAN

Definisi : keadaan dimana seseorang yang tidak makan dan minum peroral mempunyai resiko terjadinya dehidrasi vaskuler, interstisial atau intraseluler
Biasanya berhubungan dengan :
1. penurunan masukan oral
2. kehilangan cairan abnormal


Video Pijat Bayi

Berikut Contoh video untuk pijat bayi :

Untuk Mendownloadnya , anda perlu bantuan website lain, kunjungi Keepvid.com
Lalu masukan Url berikut ke website Keepvid.com
http://www.youtube.com/watch?v=kIHNzOQynmQ


Liat tanda merah, kemudian masukan url diatas..klik download
Nanti akan muncul link seperti ini :

Masukan Kode untuk Spam Protectionnya, kemudian akan muncul link berikut :


Lihat Tanda Merah, Kemudian Klik kanan di link tersebut dan Save As..kemudian simpan di hardisk.ok...

Tag : Video Pembelajaran Pijat Bayi, Bagaimana Memijat Bayi, Video Memijat bayi

Rabu, 13 Januari 2010

Tuli akibat bising

Tuli akibat bising (noise induced hearing loss) adalah tuli yang disebabkan akibat terpapar oleh bising yang cukup keras dalam jangka waktu yang cukup lama dan biasanya diakibatkan oleh bising lingkungan kerja. Hal ini juga dikemukakan oleh Suma’mur(1994:61) bahwa hearing loss / ketulian progresif disebabkan oleh tempat dengan intensitas kebisingan tinggi.
Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh bising timbul setelah bertahun – tahun paparan. Kecepatan kemunduran tergantung pada tingkat bising, komponen impulsif dan lamanya paparan serta kepekaan individual. Beberapa kondisi patologis juga ikut berperan seperti intoksikasi, trauma, usia 55 tahun keatas dan presbiakusis.

Faktor lain yang mempermudah seseorang menjadi tuli akibat terpapar bising antara lain intensitas bising yang lebih tinggi, berfrekuensi tinggi, lebih lama terpapar bising dan mendapat pengobatan yang bersifat racun terhadap telinga (obat ototoksik) seperti streptomisin, kanamisin, kina, asetosal dan lain – lain.
Tingkat kebisingan yang dikatakan potensi berbahaya bagi karyawan industri terutama di perbengkelan adalah lebih dari 85 dBA dengan waktu penajaman lebih dari 8 jam per hari. Hal ini sesuai ketentuan dalam nilai ambang batas faktor-faktor kondisi lingkungan kerja yang menyebutkan bahwa NAB diperbengkelan maksimal 85 dBA/8 jam per hari (Kepmenaker No. 51/Men/1999).

Pengertian Hearing loss (menurut Efiaty)

Hearing loss adalah tuli yang disebabkan akibat terpapar oleh bising yang cukup keras dalam jangka waktu yang cukup lama dan biasanya diakibatkan oleh bising lingkungan kerja.(Efiaty,1998).



Selasa, 12 Januari 2010

Daftar Alamat SMU/SMA Di Kab.Indramayu

MAN Indramayu Jl. Jend. Sudirman No.424 Indramayu
MAN Karangampel Jl. Raya Barat No.99 Karangampel Indramayu
MAN Sukra Jl. Raya Sumuraden Kec. Sukra Indramayu
SMA Negeri 1 Indramayu Jl. Gatot Subroto 2 Indramayu
SMA Negeri 2 Indramayu Jl. Pahlawan No.37 Indramayu
SMA Muhammadiyah, Kabupaten Indramayu Jl. Yos Sudarso 203/E Indramayu
SMA Muhammadiyah Karangampel Jl. Dampuawang No.1 Karangampel Indramayu 45283
SMA Muhammadiyah Jatibarang Jl. Mayor Dasuki 131 Jatibarang Indramayu
SMA Negeri 1 Anjatan, Kabupaten Indramayu Jl. Raya Kopyah Anjatan Indramayu
SMA Negeri 1 Losarang, Kab. Indramayu Jl. Raya Losarang Indramayu
SMA Negeri 1 Terisi, Kab. Indramayu Jl. Raya Lambau Cikedung Indramayu
SMA Muhammadiyah Haurgeulis Jl. KH Ahmad Dahlan 3 Haurgeulis Indramayu
SMA Negeri 1 Kroya, Kab. Indramayu Jl. Raya Pejaten Desa Temiyang Kec.Kroya Indramayu

Daftar Alamat SMU/SMA Di Sukabumi

MAN 1 Kota Sukabumi Jl. Pramuka No.4 Sukabumi
MAN 2 Kota Sukabumi Jl. Palasari No.49 Sukakarya Sukabumi
SMA Negeri 1 Cibadak, Kab. Sukabumi Jl. Perintis Kemerdekaan No. 72 Cibadak Kab.Sukabumi
SMA Negeri 1 Cicurug, kab. Sukabumi Jl. Koramil Kec. Cicurug Kab. Sukabumi
SMA Negeri 1 Cikembar, kab. Sukabumi Jl. Pelabuhan II KM 20 Cikembar Sukabumi
SMA Negeri 1 Ciracap, Kab. Sukabumi Jl. Cidangder Ciracap Sukabumi
SMA Negeri 1 Cisaat, Kab. Sukabumi Jl. Veteran KM 3 Cisaat Kab. Sukabumi
SMA Negeri 1 Cisolok, Kab. Sukabumi Jl. Raya Cikelat KM 3 Cisolok Sukabumi
SMA Negeri 1 Jampang Tengah Jl. Panumbangan KM 2 Jampang Tengah Sukabumi
SMA Negeri 1 Jampang Kulon Jl. Warung Tagog Jampang Kulon Sukabumi
SMA Negeri 1 Parungkuda, Kab. Sukabumi Jl. Raya Parungkuda Sukabumi
SMA Negeri 1 Pelabuhan Ratu Jl. Bhayangkara KM 1 Pelabuhan Ratu Sukabumi
SMA Negeri 1 Sagaranten, Kab. Sukabumi Jl. SMA 32 Sagaranten Kab. Sukabumi
SMA Negeri 1 Sukaraja, Kab. Sukabumi Jl. M.H.Holil No.261 Kec. Sukaraja Kab. Sukabumi
SMA Negeri 1 Warungkiara, Kab Sukabumi Jl. Pelabuhan Ratu KM 29 Warungkiara Sukabumi
SMA Islam As-Syafi'iyah, Kab. Sukabumi Jl. Raya Sukabumi-Cianjur KM 10 Sukabumi
SMA Pesantren Unggul Al-Bayan Kp. Cikiwul Ds. Sekarwangi Cibadak Sukabumi
SMA Negeri 1 Simpenan, Kab. Sukabumi Jl. Bina Karya, Desa Bale Kembang Nagrak Sukabumi
SMA Al-Ghifari, Kab. Sukabumi Jl. Selabintana KM 6,7 Sukabumi
SMA Islam Terpadu Mahmudiyah Belakang Masjid Al-Hurriyyah Kaum No. 447 Cicurug Sukabumi

Daftar Alamat SMU/SMA Di Kab.Karawang

MAN Cilamaya Jl. Lapang Karyabakti No.5 Karawang
MAN Karawang Jl. Prof Ir. Sutami karawang
MAN Rengasdengklok Jl. Kutakarya Kutawaluya Karawang
MAN Batujaya Jl. Raya Teluk Bango Batujaya Karawang
SMA Negeri 1 Karawang Jl. A Yani Karawang 41315
SMA Negeri 2 Karawang Jl. Manunggal VIII Karawang
SMA Negeri 3 Karawang Jl. Banten Karawang
SMA Negeri 4 Karawang Jl. A Yani Karawang 41315
SMA Negeri 5 Karawang Jl. A Yani Karawang 41315
SMA Negeri 1 Cikampek Kab Karawang Jl. Ir H Juanda Cikmapek Karawang
SMA Negeri 1 Cilamaya Kab karawang Jl. Jl. Sukatani Cilamaya karawang
SMA Negeri 1 Jatisari Kab Karawang Jl. Raya Jatisari Karawang
SMA Negeri 1 Klari Kab Karawang Jl. Raya Kosambi Klari Karawang
SMA Negeri 1 Pedes Kab Karawang Jl. Raya Pedes Kab Karawang
SMA Negeri 1 Rengasdengklok Kab Karawang Jl. Raya Kutagandok Rengasdengklok Kab Karawang
SMA Negeri 1 Telagasari Kab Karawang Jl. Raya Telagasari Karawang
SMA Negeri 1 Telukjambe Karawang Jl. HS Ronggowaluyo Telukjambe Karawang
SMA Negeri 1 Tempura Karawang Jl. Suryakancana Tempura Karawang
SMA KORPRI Kab Karawang Jl. Cianjur Karangpawitan 13 Karawang
SMA Mathlaul Anwar Kab karawang Jl. Raya Batujaya KM 2
SMA Muhammadiyah Karawang Jl. Syech Qura Karawang
SMA PGRI Karawang Jl. Ali Mukhtar 34 Karawang
SMA PGRI Cikampek kab Karawang Jl Ir. H Juanda Cikampek Karawang
SMA PGRI Rengasdengklok Karawang Jl. Raya Rengasdengklok Karawang
SMA Islam Nurussalam Rengasdengklok Jl. Raya Medangasem Km 5 Jayakerta Rengasd Krw
PD Muhammadiyah Kab karawang Jl. KH Ahmad Dahlan no. 12 Kaum I Karawang 41311
PD Aisyiyah Kab karawang Jl. HOS Cokroaminoto no. 6 Anjun Karawang

Contoh Lembar/Surat Disposisi

Berikut saya lampirkan contoh lembar Disposisi, Anda bisa merubah logo dinas dan bagian yang berkaitan dengan lembar disposisi yang anda buat
Via Ziddu , Untuk Free Download

Pengertian Kliring, Inkaso, LC dan Bank Garansi

a. Kliring adalah penyelesaian utang piutang antar bank-bank peserta kliring yang berbentuk surat-surat berharga.
b. Inkaso adalah mewakilkan nasabah dalam menagih warkat-warkat kliring.
c. Letter of Credit (L/C) adalah fasilitas yang digunakan untuk mempermudah transaksi internasional.
d. Bank Garansi adalah jaminan yang diberikan oleh bank atas permintaan nasabah untuk memenuhi kewajiban nasabah kepada pihak ke tiga jika terjadi kegagalan.




Pengertian Pendapatan Daerah

Pendapatan daerah meliputi semua penerimaan uang melalui rekening kas umum daerah yang menambah ekuitas dana lancar yang merupakan hak pemerintah daerah dalam 1 (satu) tahun anggaran yang tidak perlu dibayar kembali oleh daerah. Sehubungan dengan hal tersebut, endapatan daerah yang dianggarkan dalam APBD merupakan perkiraan yang terukur secara rasional yang dapat dicapai untuk setiap sumber pendapatan. Seluruh pendapatan daerah yang dianggarkan dalam APBD dianggarkan secara bruto, yang mempunyai makna bahwa jumlah pendapatan yang dianggarkan tidak boleh dikurangi dengan belanja yang digunakan dalam rangka menghasilkan pendapatan tersebut dan/atau dikurangi dengan bagian pemerintah pusat/daerah lain dalam rangka bagi hasil.
1) Pendapatan Asli Daerah
2) Dana Perimbangan
3) Lain-Lain Pendapatan Daerah Yang Sah

Ada yang mau nambahin, silahkan beri komentar

Tanda-tanda Inpartu

a. Rasa sakit karena adanya his yang datang lebih kuat, sering dan teratur.
b. Keluar lendir bercampur darah (bloody show) yang lebih banyak karena robekan-robekan kecil pada serviks.
c. Kadang-kadang ketuban pecah dengan sendirinya.
d. Pada pemeriksaan dalam servik mendatar dan pembukaan lengkap.




Pengertian Persalinan

Persalinan merupakan titik kulminasi dari suatu proses reproduksi, karena itu timbulah martenity care yang bertujuan memberikan pelayanan kepada wania hamil dan persalinan sampai masa nifas.
Wiknjosastro (1992), menyatakan bahwa persalinan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi yang dapat hidup, dari dalam uterus melalui vaginak edunia luar.

Sedangkan Muchtar (1998), dalam sinopsis obstetri menyatakan persalinan adalah proses pengeluaran produk konsepsi yang viabel melalui jalan lahir biasa, demikian juga Sastrawinata (1983), menyatakan persalinan adalah serangkaian kejadian dengan berakhir pengeluaran bayi yang cukup bulan atau hampir cukup bulan, disusul dengan pengeluaran plasenta dengan selaput janin dari tubuh ibu, selanjutnya Suyono (1995), berpendapat bahwa persalinan adalah ekspulsi atau ekstraksi lengkap seorang janin dari ibu tanpa memperhatikan apakah tali pusat telah dipotong atau plasentanya masih berhubungan.

Pengertian Dukun Bayi

Dukun Bayi adalah orang yang dianggap terampil dan dipercaya oleh masyarakat untuk menolong persalinan dan perawatan ibu dan anak sesuai kebutuhan masyarakat.
( DepKes RI, 1993)



Senin, 11 Januari 2010

Pengertian E-Commerce

Informasi tentang E-Commerce :
Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet[3, 13].
Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu:
1) dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;
2) dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow;
3) dari perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan
4) dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
Selanjutnya Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi komersial. Kemudian di website E-Commerce Net, E-Commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.
Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet).
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.
Pertukaran informasi dalam E-Commerce dilakukan dalam format dijital sehingga kebutuhan akan pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan.
Dengan menggunakan sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Akibatnya informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.

Sehat dengan Sedekah

Informasi ini saya dapatkan dari Groups di facebook , Kaya dengan sedekah
Ada pepatah yang saya dapatkan dari seseorang ‘’KESEHATAN BUKANLAH SEGALA-GALANYA, NAMUN SEGALA-GALANYA TANPA KESEHATAN TIADA ARTINYA…

Pastinya Anda baru menyadari bahwa Sehat itu adalah rahmat dan anugerah terbesar dari ALLAH SWT padamu.
Sekarang bagaimana kita bisa menjadi pribadi yang sehat, ada tiga hal yang harus kita jaga keseimbangannya :

OLAH PIKIR : kita hendaknya selalu berpikiran positif dalam apapun juga, baik dalam pekerjaan kita maupun dalam berhubungan/ bersosialisasi dengan orang

OLAH TUBUH : rajin berolahraga dan menjaga pola makan; rangkaian dalam sholat (berdiri, rukuk, sujud, dan duduk) juga membuat tubuh kita sehat

OLAH RASA : Jauhilah segala macam penyakit hati dari diri ini, agar hati kita selalu bersih sehingga pikiran kita mampu berpikir positif dan tubuh kita juga akhirnya sehat

Cobalah sahabat amati, begitu banyak penyakit sekarang ini, yang sesungguhnya bersumber dari hati yang tidak bersih…Bersyukur adalah kebahagiaan paling besar dan berbagi dengan orang lain dan lingkungan.
SEDEKAH...SEDEKAH..SEDEKAH...!!!
Tag : Keajaiban Sedekah, Kegunaan Sedekah, Bagaimana Sedekah, hidup dengan Sedekah, Keterangan Sedekah

Hak Suami Atas Isteri

Allah berfirman : 
Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakan kamu dari yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. (QS. 4:1)

Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma'ruf. Akan tetapi para suami, mempunyai saru tingkatan kelebihan daripada isterinya. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. 2:228)
1. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ditanya : wanita yang bagaimanakah yang paling baik ? maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjawab : yang menyenangkannya (suaminya) jika ia memandangnya, taat kepadanya jika dia memerintahkan, dan dia tidak menyelisihinya dalam dirinya dan hartanya dengan sesuatu yang dibencinya. HR. Nasa'i.
2. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : jika seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidurnya, lalu dia tidak datang kepadanya, kemudian suaminya bermalam dalam keadaan marah, maka malaikat melaknatnya sampai pagi. Muttafaq 'alaih.
3. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : tidak halal bagi seorang wanita untuk puasa sedang suami berada padanya kecuali dengan izinnya, dan tidak boleh dia memberikan izin di rumahnya kecuali dengan seizing suaminya pula. Muttafaq 'alaihi.

Keterangan :
Kaum lelaki mempunyai hak yang agung atas kaum wanita, karena kaum lelaki memperhatikan, memelihara dan melaksanakan kewajiban-kewajibannya terhadap mereka dan sebagai balasan atas kewajiban-kewajiban yang telah diwajibkan oleh Allah atas kaum lelaki yang dapat merealisasikan kebaikan bagi pasangan suami istri dan keluarga secara utuh.
Kandungan ayat dan hadits di atas :
1. Besarnya hak kaum lelaki atas kaum wanita.
2. Kewajiban kaum wanita (istri) untuk taat kepada suami dalam hal kebajikan dan tidak bertentangan dengan perintah Allah, dan bahwa hal tersebut adalah sebab masuk surga bagi kaum wanita.
Diambil dari sebuah catatan (i dont know the author)

Agama Dajjal

Ada sebuah Hadits yang menerangkan bahwa kaum Yahudi akan menyertai Dajjal. Dari Hadits ini orang menyangka bahwa Dajjal akan memeluk agama Yahudi. Akan tetapi Al-Qur'an menerangkan seterang-terangnya bahwa bangsa Dajjal mengakukan Allah mempunyai anak laki-laki. Oleh sebab itu tak ragu-ragu lagi bahwa bangsa Dajjal adalah bangsa Nasrani.

Kelak akan kami terangkan apakah yang dimaksud kaum Yahudi menyertai Dajjal. Bahkan kaum Yahudi akan menyertai Dajjal tidaklah berarti bahwa Dajjal adalah kaum Yahudi. Karena jika berarti demikian, bagaimanakah arti Hadits lain yang menerangkan bahwa sebagian ummat Nabi Muhammad akan mengikuti Dajjal dan menjadi korban tipu-muslihatnya. Adapun Hadits itu berbunyi sbb :

"Tujuh puluh ribu ummatku akan mengikuti Dajjal" (Misykat, ha1.477)

Sebagaimana telah kami terangkan, julukan Masihid-Dajjal itu menunjukkan, bahwa bangsa Dajjal akan mengaku sebagai pengikut Masih-'Isa. Hal ini diterangkan sejelas-jelasnya dalam Hadits Tamim Dari tersebut di atas. Isyarat supaya mengunjungi orang yang berada di dalam Gereja itu seperti yang diterangkan dalam Hadits Tamim Dari, adalah penting sekali artinya.

Sudah terang bahwa Gereja adalah simbul agama Nasrani, dan raksasa yang menyimbulkan ummat yang terdapat dalam Gereja itu tiada lain ialah ummat Nasrani. Adapun Jassasah (mata-mata Dajjal) hanya mempunyai satu tugas, yaitu, menganjurkan supaya orang-orang pergi ke Gereja, artinya, supaya menjadi orang Kristen. Berikut ini adalah ucapan Jassasah yang sebenarnya: "Gereja yang kamu lihat itu, masuklah ke dalam".

Diambil dari Ebook tentang Dajjal : Sujud.cjb.net
Tag : Seputar Dajjal, Apa itu Dajjal, Agama yang dianut Dajjal, Bentuk Dajjal, Hadist tentang Dajjal

Pembagian Proses Penggorengan (makanan)&Dampak minyak Goreng Bekas Terhadap Kesehatan

Minyak merupakan bahan dasar yang penting bagi industri makanan. Pada proses penggorengan, minyak berfungsi sebagai medium penghantar panas, menambah rasa gurih, menambah nilai gizi dan kalori dalam bahan pangan (Ketaren, 1986). Pada umumnya, proses penggorengan dibedakan menjadi dua macam, yaitu sistem pan frying dan deep frying. Ciri dari sistem pan frying adalah bahan pangan yang digoreng tidak sampai terendam di dalam minyak, sedangkan pada sistem deep frying dibutuhkan banyak minyak karena bahan pangan yang digoreng harus terendam seluruhnya.

Proses menggoreng biasanya mengggunakan minyak dengan metode deep frying sehingga menyisakan minyak goreng yang cukup banyak. Minyak ini biasanya tidak dibuang, tetapi digunakan kembali untuk menggoreng sebagai usaha penghematan. Akibatnya minyak mengalami pemanasan berulang-ulang. Menurut Belitz dan Grosch (1999), pemanasan minyak yang dilakukan secara berulang-ulang pada suhu tinggi, akan mengakibatkan terjadinya perubahan sifat fisiko-kimia minyak, yaitu akan menghasilkan senyawa hasil oksidasi yang dapat menimbulkan pengaruh yang membahayakan kesehatan.

Berbagai macam gejala keracunan, yaitu iritasi saluran pencernaan, pembengkakan organ tubuh, dan kematian telah diobservasi pada hewan yang diberi lemak yang telah dipanaskan dan teroksidasi. Selain itu, kerusakan pada minyak akibat pemanasan pada suhu tinggi (200 – 250oC) akan mengakibatkan pengendapan lemak dalam pembuluh darah (artherosclerosis), tumor, dan menurunkan nilai cerna lemak (Erasmus, 1989). Selain mengakibatkan penyakit degeneratif untuk jangka panjang, penggunaan minyak goreng bekas juga akan menurunkan kualitas bahan pangan yang digoreng.
Reaki-reaksi yang terjadi pada minyak goreng selama proses penggorengan meliputi reaksi hidrolisis, oksidasi, dan polimerisasi. 
Reaksi tersebut akan menyebabkan kerusakan sehingga minyak menjadi berasap atau berbusa dan akan meninggalkan warna coklat serta flavor yang tidak disukai dari makanan yang digoreng (Orthoefer, 1989 dikutip Winarno, 1999).
Industri makanan biasanya menggunakan minyak goreng yang telah digunakan selama beberapa kali. Hal tersebut dikarenakan penggunaan minyak goreng bekas pada proses penggorengan akan mengurangi biaya produksi. Menurut Winarno (1999), karena tingginya biaya untuk pembelian minyak goreng pada industri pangan, maka diperlukan metode untuk memperpanjang frekuensi pemakaian minyak goreng dengan melakukan proses daur ulang
Dikumpulkan dari berbagai sumber buku

Minggu, 10 Januari 2010

Pengertian Alam Perasaan dan Gangguan perasaan

Alam Perasaan adalah keadaan emosional yang memanjang yang mempengaruhi seluruh kepribadian individu dan fungsi kehidupannya. hal ini berhubungan dengan emosi dan memiliki pengertian yang sama dengan keadaaan perasaan atau emosi. Fungsi adaptasi dari emosi, yaitu sebagai bentuk dari komunikasi sosial, merangsang fungsi fisiologis, kesadaran secara subjektif dan mekanisme pertahanan psikodinamis. (Stuart Laraia dalam Psikiatric Nursing. 1998).

Gangguan Alam Perasaan adalah kelainan psikologis yang ditandai dengan meluasnya irama emosional seseorang, mulai dari rentang depresi sampai gembira yang berlebihan (euphoria), dan gerak yang berlebihan (agitation). Depresi dapat terjadi secara tunggal dalam bentuk mayor depresi atau dalam bentuk lain seperti mania sebagai gangguan tipe bipolar. (John W. Santrock)

Contoh Tata Tertib Kuliah

1. Lima belas menit sebelum perkuliahan dimulai, mahasiswa sudah harus berada di dalam kelas.
2. Lima belas menit dari jam dimulainya perkuliahan dosen yang bersangkutan belum datang, maka ketua kelas harus melapor kepada dosen tetap yang bertanggung jawab.
3. Mahasiswa mengikuti perkuliahan sampai selesai dengan tertib
4. Mahasiswa tidak membawa makanan ke dalam kelas, tidak mengotori ruangan kelas dan lingkungan sekitarnya.
5. Tidak meninggalkan kuliah lebih dari 10 % (untuk semua jenis alasan).
6. Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan.
7. Mahasiswa mengisi daftar hadir dan ketua kelas bertanggung jawab atas pengisian daftar hadir mahasiswa maupun dosen yang mengajar.
8. Mengikuti kegiatan olahraga dan kerja bakti setiap hari yang telah ditentukan, berlaku untuk semua mahasiswa.
9. Tidak memindahkan serta merubah alat/ inventaris yang ada di ruangan.
10. Jika menmukan kerusakan alat – alat, harap lapor kepada petugas
11. Kerusakan alat/ inventaris yang disebabkan kelalaian mahasiswa harus diganti oleh mahasiswa yang bersngkutan.
12. Bagi mahasiswa yang berhalangan hadir, wajib memberitahukan dan dibuktikan dengan surat keterangan dari pejabat terkait (khusus untuk mahasiswa yang sakit surat keterangan hanya diakui dari Puskesmas/ Dokter)
Tag : Tata Tertib Perkuliahan, Tata Tertib Mahasiswa, Bagaimana Seharusnya mahasiswa Kuliah, Peraturan Mahasiswa

Jaringan Dewasa

Jaringan dewasa ialah jaringan yang sudah tidak aktip membelah.Macam jaringan dewasa yaitu:
1.Jaringan epidermis adalah jaringan yang menutupiu atau melapisi organ tumbuhan, seperti akar, batang, dan daun. Jaringan epidermis juga melapisi permukaan buah dan dan biji.Ciri-cirijaringan epidermis adalah: Tersusun rapat tanpa ruang antar sel, jaringan paling luar pada setiap organ tumbuhan, bentuknya pipih dan persegi panjang, dapat berkembang menjadi alat tambahan atau devirat, dilapisi kutikula, tidak mengandung klorofil, transparan, terdiri hanya satu baris sel. Fungsinya untuk melindungi jaringan yang ada dibawahnya.

2.Jaringan dasar(parenkhim).Letaknya dibeberapa organ. Mempunyai ciri yaitu:tersusun tidak rapat dengan ruang antar sel, mempunyai banyak vakuola, mempunyai protoplas yang kompleks, diantara sel-sel parenkhim ada yang berukuran besar dan mempunyai plastida, mengandung klorofil, umumnya berbentuk segienam, berfungsisebagai jaringan fotosintesis, jaringan parenkhim terdapat dibagian tumbukan yaitu :daun,akarbatang dan daging buah. Dinding sel tipis.

3.Sklerenkhim, terdiri dari serabut dan sklenoid(sel batu).Sebagai jaringan penguat sklerenkhim mengalami penebalan sekunder dari ligninatau senyawa lain sehingga bersifat keras dan kaku.

4. Kolenkhim mempunyai ciri-ciri yaitudinding sudutnya mengalami penebalan selulosa, jaringan kolenkhim mempunyai protoplasma tidak mempunyai dinding sekunder,adanya sel primer yangberdinding sel tebal dan tidak berlignin,terdiri atas sel-sel berbentuk pendek membulat.

5.. Jaringan pengangkut adalah jaringan yang berfungsi untuk mengangkut zat-zat yang dibutuhkan atau mengangkut hasil transportasi

Fungsi asam sulfat

- Na2 So4,suatu obat emesis (pembuat muntah)
- Al2 (SO4)3,zat penjernih air yang di kenal dengan tawas
- BaSO4,suatu pigmen putih untuk bahan cat
- CaSO4(gips),banyak digunakan untuk menyambung tulang yang patah
- Cu5SO4.5H2O (terasi(zat fungsisida(pembasmi jamur)untuk tanaman dan kayu.
- FeSO4 .7H2O,di pakai untuk membuat tinta
- (NH4)2SO4,suatu jenis pupuk yang di kenal sebagai pupuk Z.A. (zwavel amoniak)
- NaHSO4,banyak digunakan sebagai pembersih kamar mandi untuk melarutkan endapan yang ditimbulkan oleh air ledeng atau air sadah.


Struktur dan fungsi Mikrotubulus

Mikrotubulus adalah polimer dari dimers tubulin α dan β. Tubulindimers berpolimerasi dari akhir ke akhir protofilaments. Fungsi daripada tubulin adalah menarik kromatid menuju kutub pembelahan. Protofilaments lalu mengumpul dikawat pijar silindris yang berongga. Biasanya, protofilaments mengatur sendiri dalam bentuk helix tidak sempurna dengan helix berisi 13 tubulin dimers masing-masimg dari berbeda protofilament. 

Ciri-ciri penting dari struktur mikrotubulus adalah polaritas. Tubulin berpolimerasi dan selalu berakhir dengan sub-kesatuan α suatu tubulin dimers menghubungi sub-kesatuan β yang berikutnya. Oleh karena itu, di protofilaments pada satu bagian akhir akan mempunyai sub-kesatuan β terbuka. Mikrotubulus berbentuk benang silindris, berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel dan sebagai rangka sel. Contoh organel ini antara lain benang-benang gelembung pembelahan.

Selain itu mikrotubulus berguna dalam pembentukan sentriol,flagel dan silia. Mikrotubulus adalah tabung yang sdisusun dari mikrotubulin, bersifat lebih kokoh dari aktin, mikrotubulus memiliki dua ujung;ujung negatif yang terhubung dengan pusat pengatur mikrotubulus, dan ujung positif yang berada di dekat membran plasma. Organel dapat meluncur disepanjang mikrotubulus untuk mencapai posisi yang berada didalam sel, terutama saat pembelahan sel.
Mikrotubukus mempunyai fungsi mengarahkan gerakan komponen-komponen sel, mempertahankan bentuk sel serta membantu pembelahan sel secara mitosis.

Pengertian Mikrotubulus

Mikrotubulus adalah salah satu bagian dasar dari sitosKeleton, yang tersusun dari berbagai mikrotubulin. Dalam pengertian lain, mikrotubulus adalah rantai protein yang berbentuk spiral, spiral ini membentuk tabung berlubang. Mikrotubulus tersusun atas bola-bola molekul yang disebut tubulin. Mirotubulus merupakan serabut penyusun situskeleton terbesar. Mikrotubulus terdapat banyak sepanjang sel saraf. Mikrotubulus ini misalnya ditemukan pada silia dan flagela.

Mikrotubulus berbentuk lurus, batangnya berongga, diameter 25 mm dan panjangnya mulai dari 2000 mm sampai 25mm . Dinding dari tube berongga di bangun dari protein-protein globular yang disebut tubulin . Mikrotubulus ditemukan dalam sitoplasma pada semua tipe sel eukariotik. Pada beberapa sel, radiate (pancaran serabut halus) mereka muncul dari suatu sentrom (disebut Microtubule Organizing Center) merupakan suatu massa (kumpulan) yang berlokasi di dekat nukleus.

Mikrotubulus yang berasal dari pusat ini memiliki balok-balok penopang yang kuat untuk menopang bentuk sel. Ditinjau dari segi strategis posisi gelendong-gelendong mikrotubulus berlokasi dekat membran plasma guna menguatkan bentuk sel. Sementara pembentuk dan pendukung sel, mikrotubulus juga melayani sebagai jalur pergerakan organel-organel didalam sel. Contoh: mikrotubulus memungkinkan menolong dalam memberikan petunjuk Vesicle sekretori dari golgi apparatus ke membran plasma.

Didalam sentrosom sel hewan dan sepasang sentriol. Masing-masing sentriol dibangun dari 9 sel triplet mikrotubulus yang tersusun dalam bentuk cincin. Bila suatu sel membelah sentriol mengadakan replikasi (penggandaan). Meskipun sentriol-sentriol menolong dalam proses perakitan mikrotubulus, sentriol tidak bersifat perintah terhadap fungsi ini pada semua tipe sel eukariotik, sentrosom pada sel tumbuhan sama sekali kurang atau tidak memiliki sentriol.

Pernapasan pada katak

Proses pernapasan pada katak dewasa dapat terjadi melalui kulit,rongga mulut,dan paru-paru.Adapun insang digunakan pada waktu berudu.Kulit katak dapat digunakan sebagai alat pernapasan karena tipis dan banyak mengandung pembuluh darah serta lembab karena adanya lendir.Hal ini menyebabkan oksigen dari udara dapat memasuki kulit menuju jantung melalui vena kutanea untuk di edarkan ke seluruh tubuh.Darah yang banyak mengandung CO2 dikeluarkan jantung melalui arteri pulmo kutanea menuju kulit lewat arteri kutanea.Pernapasan melalui kulit ini dilakukan katak baik di darat maupun di air.

Paru-paru katak terdiri atas sepasang berupa kantong tipis elastis yang pada permukaan dindingnya banyak lipatan.Akibatnya,permukaan paru-paru menjadi lebih luas.Hal ini akan mengoptimalkan pengikatan oksigen yang dilakukan pembuluh darah yang banyak terdapat di dinding permukaan paru-paru dan pelepasan karbon dioksida.Pada paru-paru terjadi inspirasi dan ekspirasi.Inspirasi di mulia dengan menutupnya mulut dan tekak.Kemudian,otot sterno hioides berkontraksi dan menyebabkan rongga mulut membesar.Akibatnya,udara masuk ke tenggorokan melalui koane.Koane adalah lubang pada rongga hidung belakang.Setelah udara masuk,koane menurup dan otot rahang bawah berkontraksi sehingga rongga mulut mengecil,akibatnya udara masuk ke paru-paru.Pda paru-paru inilah terjadi pertukaran gas.

Tag : Alat bernafas pada katak, Mekanisme Pernapasan Katak, Apa alat pernafasan katak, Paru-paru katak, Inspirasi dan Ekspirasi katak, Tentang Koane
referensi :Salman,Akyar.1999.Biologi Umum Smu Kelas II.
Http//asyikipa.blogspot.com.n.pernapasan,kimia.bowobiologi.blogspot.com



Struktur dan Fungsi Sistem Pernapasan Pada Vertebrata

Struktur dan Fungsi Sistem Pernapasan Pada Vertebrata
Pernapasan pada vertebrata menggunakan alat yang berbeda-beda.Vertebrata darat menggunakan paru-paru,sedangkan vertebrata airmenggunakan insang.Kelompok hewan tertentu menggunakan alat pernapasan tambahan,seperti gelembung renangdan kulit.Pada hewan,pernapasan (respirasi) berlangsung karena peranan berbagai organ dalam sistem pernapasan,seperti kulit,insang(branchia),paru-paru(pulmo)atau trakea.Pada dasarnya,struktur ini berbeda bentuknya,akan tetapi sama fungsinya.Masing-masing bentuk alat respirasi ini mempunyai suatu membran permeabel yang lembab atau basah,yang dilewati oleh molekul oksigen maupun karbondioksida dengan cara difusi

Hewan dapat memperoleh oksigen melalui salah satu dari lima macam mekanisme pokok berikut ini:
1. Difusi sederhana (difusi seluler) dari luar air atau udara melalui permukaan tubuhnya yang lembab atau basah,misalnya pada amoeba.
2. Difusi (difusi epidermal) dari udara atau air melalui jaringan tubuhnya yang tipis kedalam pembuluh darah,misalnya pada lumbricus.
3. Dari udara (melalui spirakulum) atau dari air (melalui insang trakea) ke dalam suatu sistem saluran udara(trakea) ke dalam jaringa tubuh,misalnya pada insekta.
4. Dari udara melalui permukaan insang(branchia) ke dalam pembuluh darah.misalnya pada ikan dan amphibia.
5. Dari udara melalui permukaan paru-paru(pulmo) yang lembab atau basah ke dalam pembuluh darah,misalnya pada vertebrata terestrial.

Alat pernapasan vertebrata diantaranya,yaitu:
1.Insang
Insang (Branchia)merupaka alat pernapasan yang terdapat pada vertebrata akuatik murni(kelompok fisces dan larva amphibia).Insang ini ada 2 macam,yaitu:insang externa dan insang interna,Insang externa umumnya bersifat sementara dan nantinya akan menghilang untuk di ganti paru-paru(pada amphibia),atau di ganti insang interna(pada petromyzon,polypterus,dan beberapa teleostei).Struktur insang luar ini,seperti filamen atau bulu dan bercabang-cabang seperti pohon,berjumlah sepasang dan umumnya terletak di kanan-kiri pangkal kepala.Pada katak insang externa ini akan m enghilang pada saat metamorfosis.Pda saat yang bersamaan paru-paru dikembangkan secara sempurna untuk segera dapat di fungsikan.Pada saat metamorfosis kulit berperanan sekali dalam membantu pernapasa.Oleh karena itu,kulit katak banyak mengandung kapiler-kapiler darah dan kelekjar musoca untuk membasahi permukaan kulit insang dalam,lazim di sebut insang saja terletak di dalam tubuh di daerah pangkal kepala dekat jantung.Insang pada ikan umumnya berjumlah sepasang,masing-masing terdiri atas 5 lembar lamella branchialis
Seperti telah disebutkan di muka setiap lamella terdiri atas arcus visceronlis(branchialis)yang kedua sisinya berceret filamen branchia,dan keduanya disebut holobranchia.Arcus branchialis tersusun dari bahan tulang oleh karenanya berfungsi sebagai penyokong insang.Beberapa ikan jenis tertentu pada insangnya terbentuk bangunan yang merupakan modifikasi orcus branchialis dan di sebut labirin(misalnya pada ikan lele)labirin ini berbentuk seperti pohon dan banyak mengandung pembuluh darah.Ikan bertulang rawan,chondrichtyes(misalnya;ikan hiu,ikan pori) mempunyai septum branchiale(yaitu sekat antara 2 hemibranchia)yang sangat pajang hingga melebihi panjang hemibranchia.
2. Paru-paru (Pulmo)
Pulmo Vertebrata pertama kali berkembang pada Amphibia dewasa dan srtukturnya masih sangat sederhana,yaitu berupa kantong tipis dengan sedikit lipatan-lipatan pada dinding dalamnya,tidak ada saluran paru-paru (trakea) seperti halnya Vertebrata yang lebih tinggi sebab hewan ini belum mempunyai leher yang nyata sehingga pulmo terletak dekat engan dunia luar.Pulmo dengan luar tubuh berhubungan melalui celah yang di sebut rima glottidis,merupakan bagian dari laring dan terletak di dalam rongga mulut dekat faring.Kesederhanaan srtuktur pulmo inilah yang menyebabkan katak masih menggunakan kulit sebagai alat bantu respirasi.
Pada reptilia,keadaan sudah lebih naju yaitu dengan terbentuknya sekat-sekat pemisah yang tumbuh sebagai lipatan-lipatan pada dinding dalam yang di maksudkan untuk memperluas permukaan respirasi.Pada ular pulmo kiri lebih kecil dari pada pulmo kanan dan bahkan kadang –kadang tidak ada sama sekali.Hal ini barang kali di sesuaikan dengan bentuk tubuh ular yang sempit memanjang.
Pada Aves,pulmo relatif kecil penuh pembuluh darah dan melekat pada costa dan vertebra thoracalis sehingga hanya mampu mengembang sedikit.Srtuktur alat pernapasan burung berbeda dengan Vertebrata lainya karena burung adalah kelompok vertebrata yang mampu terbang.Untuk keperluan fungsi terbang ini bronchus dimodifikasi sedemikian rupa sehingga terbentuk kantong-kantong udara atau succus pneumaticus.Mula-mula bronchus primer memasuki permukaan ventral pulmo menjadi mesobronchus.Dari mesobronchus terbentuk sejumlah bronchi sekunder yang tidak mengandung cincin-cincin cartilago lagi.Percabangan bronchus sekunder membentuk parabronchi dan masing-masing parabronchi membentuk kapiler-kapiler udara yang saling beranyaman.Dinding kapiler udara mengandung banyak pembuluh darah dan bagian inilah yang merupakan membrana respiratorik.Mesobronchus dan bronchus sekunder setelsh melalui pulmo akan meluas membentuk kantong-kantong udara atau saccus pneumaticus dan terletak di antara alat-alat viscera.Dengan menambah atau mengurangi atau mengurangi volume udara dalam kantong-kantong udara maka burung dapat mengatur tinggi rendahnya terbangnya.
Pada Mamalia,pulmo lebih kompleks terdiri atas beberapa lobi.Bronchus memasuki pulmo,kemudian bercabang-cabang menjadi saluran-saluran yang lebih kecil manuju ke rongga yang di sebut kantong udara.Pada dinding kantong udara ini terbentuk rongga-rongga yang berbentuk mangkok berdinding tipis di sebut alveoli yang selalu basah dan kaya pembuluh darah,di sinilah terjadi pertukaran gas O2 dan CO2..Pada mamalia akuatik(misal ikan paus,ikan lumba-lumba)alat respirasinya tetap menggunakan pulmo,namun di sini trakeanya bersekat-sekat untuk mencegah kemungkinan masuknya air ke dalam paru-paru.Biasanya sewaktu menarik napas,air ikut mengalir masuk tetapi akan terhenti sampai sekat pertama yang kemudian air tersebut akan di semprotkan ke luar lagi.Kadar O2 Dalam air memang lebih kecil dari pada di udara.Untuk menambah kebutuhan oksigen mamalia akuatik ini menyimpan oksigen di otot dalam bentuk ikatan mioglobin.Mioglobin ini akan membebaskan oksigennya bila lingkungan kekurangan oksigen,misalnya bila menyelam jauh dari permukaan air.Mamalia akuatik yang masih muda biasanya berada dekat permukaan air supaya lebih mudah memperoleh oksigen dari udara dan di samping itu kandungan mioglobin dalam otot masih sedikit.
DAFTAR PUSTAKA
Salman,Akyar.1999.Biologi Umum Smu Kelas II.
Http//asyikipa.blogspot.com.n.pernapasan,kimia.bowobiologi.blogspot.com

Tag : Sistem Pernapasan Hewan Vertebrata, Alat Pernapasan Hewan Vertebrata, Kegunaan alat pernapasan pada hewan vertebrata, struktur hewan vertebrata

Pengertian Spirostik

Spirostik yaitu suatu perubahan pada tumbuhan yaitu garis-garis ortostik yang biasanya tampak lurus ke atas,dapat mengalami perubahan arah misalnya perubahan yang sangat karakteristik ialah perubahan ortostik menjadi garis spiral yang tampak melingkar pada batang,spirostik ini terjadi biasanya karena pertumbuhan batang yang tidak lurus melainkan memutar. 
Contohnya :
Pada tumbuhan pacing(cortus speciosus Smith(,yang mempunyai satu spirostik hingga daun-daunnya tersusun seperti anak tangga pada yang melingkar,Pandan(pandanus tectoruius Sol)yang memperlihatkan 3 Spirostik.

Tag : Tentang Spiristik, Bagaimana Spirostik, Perubahan Sprisostik



Senin, 04 Januari 2010

Pengertian Kinerja Pegawai

Dalam kerangka organisasi terdapat hubungan antara kinerja perorangan (individual Performance) dengan kinerja organisasi (Organization Performance). Suatu organisasi pemerintah maupun swasta besar maupun kecil dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan harus melalui kegiatan-kegiatan yang digerakkan oleh orang atau sekelompok orang yang aktif berperan sebagai pelaku, dengan kata lain tercapainya tujuan organisasi hanya dimungkinkan karena adanya upaya yang dilakukan oleh orang dalam organisasi tersebut.

Kinerja organisasi akan sangat ditentukan oleh unsur pegawainya karena itu dalam mengukur kinerja suatu organisasi sebaiknya diukur dalam tampilan kerja dari pegawainya. terdapat beberapa pengertian dari kinerja yang diungkapkan oleh beberapa pakar berikut ini.
Adapun pengertian kinerja, yang dikemukakan oleh Agus Dharma dalam bukunya “Manajemen Prestasi” yaitu sebagai berikut: “Kinerja pegawai adalah sesuatu yang dicapai oleh pegawai, prestasi kerja yang diperhatikan oleh pegawai, kemampuan kerja berkaitan dengan penggunaan peralatan kantor”. (Dharma,1991:105)
Sejalan dengan pengertian tersebut, A.A. Anwar Prabu Mangkunegara dalam bukunya “Evaluasi Kinerja SDM”, mengatakan bahwa:
“Kinerja Karyawan (Prestasi Kerja) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya”. (Mangkunegara,2005:9)

Sedangkan penegertian Kinerja pegawai menurut Bambang Kusriyanto yang dikutip oleh Harbani Pasolong dalam bukunya “Teori Administrasi Publik” adalah “Kinerja pegawai adalah hasil kerja perseorangan dalam suatu organisasi”. (Pasolong, 2007:175)
Adapun pengertian kinerja menurut Stephen Robbins yang diterjemahkan oleh Harbani Pasolong: “Kinerja adalah hasil evaluasi terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai dibandingkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.”(Pasolong,2007:176)
Berdasarkan pengertian kinerja dari beberapa pendapat ahli diatas, dapat ditafsirkan bahwa kinerja pegawai erat kaitannya dengan hasil pekerjaan seseorang dalam suatu organisasi, hasil pekerjaan tersebut dapat menyangkut kualitas, kuantitas, dan ketepatan waktu. Kinerja pegawai tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan dan keahlian dalam bekerja, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh semangat kerjanya.

Minggu, 03 Januari 2010

Contoh Surat Purchasing Order (PO)

Contoh Purchasing order, bisa anda download disini...
Bentuknya simple dan anda tinggal mengubah isinya sesuai kondisi anda
Klik Disini Untuk Download



Tanda dan Gejala ENCEPHALITIS

Menurut yang saya dapatkan waktu kuliah seperti ini tanda seorang bayi mengidap ENCEPHALITIS, kalo ga salah ini juga sumbernya buku kapita selekta kedokteran, mari kita lihat dulu pengertiannya yang saya ambil dari berbagai buku :
 Encephalitis adalah infeksi jaringan atas oleh berbagai macam mikroorganisme (Ilmu Kesehatan Anak, 1985).
 Encephalitis adalah infeksi yang mengenai CNS yang disebabkan oleh virus atau mikroorganisme lain yang non-purulen (+) (Pedoman diagnosis dan terapi, 1994).
 Encephalitis adalah radang jaringan otak yang dapat disebabkan oleh bakteri cacing, protozoa, jamur, ricketsia atau virus (Kapita selekta kedokteran jilid 2, 2000).

nah Tanda & gejalanya seperti ini :
1. Demam.
2. Sakit kepala dan biasanya pada bayi disertai jeritan.
3. Pusing.
4. Muntah.
5. Nyeri tenggorokan.
6. Malaise.
7. Nyeri ekstrimitas.
8. Pucat.
9. Halusinasi.
10. Kaku kuduk.
11. Kejang.
12. Gelisah.
13. Iritable.
14. Gangguan kesadaran.
kalo ada yang berkenan menambahkan materi ini , silahkan beri komentar....

Tag : Penyakit ENCEPHALITIS, Penyebab ENCEPHALITIS, Etiologi ENCEPHALITIS, Mekanisme ENCEPHALITIS

Penyebab Diare Akut (Diare Sekresi & Osmotik)

Ditinjau dari sudut patofisiologi, penyebab diare akut dapat dibagi dalam 2 golongan, yaitu :
1. Diare sekresi (Secretory Diarrhoea), disebabkan oleh :
a. Infeksi bakteri (Shigella, salmonella, E.coli, staphylococcus, aoreus, vibria cholerae, dll).
Infeksi virus (rotavirus, norwaik, astrovirus, calcivirus, coronavirus, adenovirus, dll)
Infeksi parasit (protozoa, balantidium coli, giardia lamblia, capilaria philippinensis, isospora billi, cryptosporodium, fasiolopsis buski, sarcocystis suihaminis, dll)
b. Hiperperistaltik usus halus yang dapat disebabkan oleh bahan-bahan kimia, makanan (misalnya keracunan makanan, makanan yang pedas, terlalu asam), gangguan psikis (takut, gugup), gangguan saraf, hawa dingin, alergi, dsb.
c. Defesiensi imun terutama SigA (secretory immunoglobulin A) yang mengakibatkan terjadinya / berlipatgandanya flora usus dan jamur terutama candida.

2. Diare Osmotik (Osmotic Diarrhoea), disebabkan oleh :
a. Malabsorpsi makanan
- karbohidrat (laktosa, maltosa, sukrosa, glukosa, fruktosa, galaktosa)
- lemak (Long Chain Triglyceride)
- protein (asam amino, B laktoglobulin)
- vitamin dan mineral
b. KKP (Kekurangan Kalori Protein)
c. BBLR (Bayi Berat Badan Lahir Rendah)
d. Keracunan (food poisoning)
e. Alergi (milk alergy, food alergy)

source : Buku EGC