Monday, May 18, 2020

Definisi dan Manfaat Inisiasi Menyusu Dini

source images:linisehat.com
a.    Definisi

           Inisiasi Menyusu Dini (IMD) atau permulaan menyusu dini adalah memulainya bayi menusu sendiri segera setelah lahir, sejatinya bayi manusia juga bayi mamalia lainnya memiliki kemapuan untuk menyusu sendiri kepada ibunya, dengan ketentuan adanya kontak kulit bayi dan kulit ibunya, kondisi ini dapat berlangsung selama 60 menit segera setelah bayi tersebut lahir (Roesli, 2012). Sesaat setelah ibu melahirkan biasanya bayi akan diletakkan diatas dada ibu agar bayi mencari sendiri putting ibunya hal ini disebut dengan insiasi menyusu dini / IMD (Kodrat, 2010). Inisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah suatu program yang dikeluarkan oleh WHO / UNICEF ditahun 2007, yang pada prinsipnya tidak hanya seorang iibu yang menyusui bayinya, tetapi IMD ini diharuskan bayi yang aktif menemukan sendiri putting ibunya kemudian melakukan kontak kulit anatar ibu dengan bayinya atau yang dikenal dengan skin to skin. Dalam kondisi ini bayi akan melakukan gerakan guna mencari putting ibu, memasukan putting ibu pada mulut bayi secara benar kemudian menghisapnya dalam waktu enam puluh menit pertama kehidupan (Kemenkes,2010).

Inisiasi Menyusu Dini sering kali disalah artikan sebagai suatu paksaan yang harus dilakukan oleh bayi yang baru dilahirkan dengan memaksanya harus berada di payudra ibu. Bila dibiarkan kontak kulit bayi dengan kulit ibu bayi tersebut akan melakukan gerakan-gerakan dan mencari putting ibu, kemudian memasukan putting kemulutnya yang kemudian menghisapnya uapaya ini dilakukan dijam pertama kehidupannya (Saleha,2009)

b. Manfaat Insiasi Menyusu Dini

Manfaat inisiasi menyusu dini bagi ibu adalah merangsang produksi oksitosin dan prolaktin, meningkatkan keberhasilan produksi ASI, serta mampu meningkatkan jalinan kasih sayang ibu. Manfaat inisiasi meyusu dini bagi bayi adalah memenuhi kebutuhan nutrisi bayi karena ASI merupakan makanan dengan kualitas yang sempurna; melalui kolostrom mampu memberikan kekebalan tubuh yang merupakan imunisasi pertama bagi bayi; meningkatkan kecerdasan; membantu bayi mengkoordinasikan antara hisap, telan dan nafas; menigkatkan jaianan kasih saying antara ibu dan bayi; mencegah kehilangan panas dan merangsang pengeluaran kolostrum dengan cepat.

0 comments: