Friday, November 13, 2009

Pengertian Saluran Distribusi

Menurut Fandy Tjiptono (2001 : 185) lokasi adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen ke konsumen, sehingga penggunanya sesuai dengan yang diperlukan.
Sedangkan menurut (Payne, 2000 : 130) tempat (place) adalah lokasi dan saluran , yang digunakan.
Menurut marius (1999 : 24) tempat (place) menunjukan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjadikan produk dapat diperoleh dan tersedia bagi konsumen sasaran.
Menurut Kotler 1997 : 140), tempat (place) atau saluran distribusi atau saluran pemasaran adalah serangkaian organisasi yang saling ergantung yang terlibat dalam proses untuk menjadikan suatu produk atau jasa siap untuk digunakan atau dikonsumsi.
Menurut Fandy Tjiptono (2000 : 186) menyatakan saluran distribusi dubutuhkan terutama karena adanya beberapa kesenjangan diantara produsen dan konsumen. Kesenjangan tersebut antara lain :
1. Geographical gap, yaitu gap yang sebabkan oleh tempat pemusatan produksi dan lokasi konsumsi yang tersebar dimana-mana.
2. Time gap, yaitu kesenjangan yang terjadi karena adanya kenyataan bahwa pembelian atau konsumsi dilakukan hanya pada waktu-waktu tertentu, sementara produksi (agar efisien ) berlangsung terus menerus sepanjang waktu.
3. Quality gap, yaitu gap yang terjadi karena jumlah barang yang dapat diproduksi secara ekonomis oleh perusahaan berbeda dengan kuantitas normal yang diinginkan konsumen.
4. Assorment gap, yaitu situasi dimana produsen pada umumnya berspesialisasi pada produk tertentu, sedangkan konsumen menginginkan produk yang beraneka ragam.
5. Communikation and information gap, yaitu gap yang timbul karena konsumen tidak tahu dimana sumber-sumber produksi yang menghasilkan produk yang diinginkan atau dibutuhkannya, sementara dilain pihak produsen tidak tahu siapa dan dimana pembeli potensial berada.
Menurut Basu Swastha dan Irawan (1997 : 339) faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan lokasi adalah :
1. Ketersediaan ruangan beserta layoutnya
2. Dapat dicapai dengan mudah (akses)
3. Potensi pertumbuhan penjualan
4. Lokasi toko atau dealer saingan
5. Pengunjung/ calon pembeli


Related Posts:

  • Kesenjangan antara produsen dan konsumen menurut Fandy TjiptonoMenurut Fandy Tjiptono (2000 : 186) menyatakan saluran distribusi dubutuhkan terutama karena adanya beberapa kesenjangan diantara produsen dan konsumen. Kesenjangan tersebut antara lain :1. Geographical gap, yaitu gap yang se… Read More
  • Teori Keputusan Pembelian “AIDA”Dalam komunikasi pemasaran perlu dirumuskan tujuan yang ingin dicapai dari proses komunikasi pemasaran yang akan dilakukan. Setelah menentukan khalayak sasaran dengan persepsinya, pemasar harus memutuskan respon yang terjadi… Read More
  • Tiga tingkatan produk menurut Sofjan AssauriMenurut Sofjan Assauri (2004:202), pada dasarnya produk yang di beli konsumen itu dapat di bedakan atas tiga tingklatan, yaitu :1. Produk inti (core product), yang merupakan inti atau dasar yang sesungguhnya dari produk yang … Read More
  • Bauran promosi (promotion mix) menurut Kotler (2005: 264-312)Kotler (2005: 264-312), mengatakan bahwa unsur bauran promosi (promotion mix) terdiri atas lima perangkat utama, yaitu :1) Advertising : merupakan semua penyajian non personal, promosi ide-ide, promosi produk atau jasa yang d… Read More
  • Bentuk-bentuk PromosiEmpat bentuk promosi yaitu :1) Periklanan, kegiatan menyebarluaskan berita (informasi) kepada pasar (masyarakat/konsumen). Selain itu iklan juga berfungsi untuk membujuk atau mempengaruhi, menciptakan kesan, memuaskan keingin… Read More

0 comments: