Wednesday, April 17, 2024

Karakteristik Remaja

Masa remaja ialah  masa yang seringkali diidentik dengan pencarian jati diri, karakter tersebut ada pada diri seorang remaja yang dijadikan sebagai ciri khas bagi seseorang yang dapat dinilai oleh masyarakat.

Terdapat 7 karakteristik remaja sebagai berikut;

1)    Pertumbuhan fisik

Masa remaja merupakan proses pertumbuhan fisik yang sangat pesat dan terlihat perbedaannya, pertumbuhan fisik yang biasa dialami remaja meliputi pertumbuhan tulang kaki, tulang tangan, serta otat-otot diseluruh bagian tubuh. Untuk memenuhi pertumbuhan fisik remaja harus mendapatkan gizi seimbang dan makanan yang baik agar pertumbuhan fisiknya tidak terhambat.

2)    Perkembangan seksual

Ada beberapa perkembangan seksual yang merupakan ciri khas dari pertumbuhan pada masa remaja, diantaranya yaitu jika laki-laki mulai produksi sperma ditandai melalui mimpi pada saat tertidur dan tanpa sadar mengeluarkan sperma. Apabila tanda yang terjadi pada  perempuan yaitu kematangan sel telur yang ditandai dengan peluruhan atau haid jika tidak dibuahi. Ciri lain yaitu pertumbuhan bulu pada daerah kemaluan, kulit menjadi lebih kasar, pori-pori mengalami peregangan yang dapat menimbukan jerawat pada remaja, pembesaran payudara dialami oleh perempuan, perubahan suara menjadi lebih berisi dan merdu dan biasanya dialami pada masa pertumbuhan remaja.

3)    Cara berfikir kausalitas

Faktor inilah yang menjadi sebab remaja melawan orangtua, guru, maupun lingkungan yang membatasinya dan masih menganggapnya sebagai anak kecil. Remaja yang ingin diberi kebebasan jika sedang melakukan sesuatu yang diminatinya, mereka juga tidak suka jika dilarang tanpa diberi alasan yang dianggap logis oleh remaja.

4)    Emosi yang membara

Ketidakstabilan hormon yang menyebabkan labilnya emosi pada remaja yang belum bisa dikendalikan dengan baik. remaja bisa merasakan kegembiraan yang sangat gembira dalam suatu waktu tetapi juga sering langsung berubah pada waktu yang sama menjadi perasaan sedih ataupun marah.

5)    Perkembangan sosial

Manusia adalah makhlukk sosiall yangg saling membutuhkann orangg lainn dalam menjalankann kehidupannya, maka masa remaja tuntutan untuk memiliki perkembangan dalam berprilaku sosial dan penyesuaian diri terhadap lingkungan menjadi salah satu yang harus terselesaikan agar tidak memiliki hambatan pada saat bersosialisasi dalam menjalankan kehidupannya.

6)    Perkembangan moral

Pada tahap perkembangan remaja, remaja akan memilih untuk mencoba mengambil keputusan secara mandiri, mengamati fenomena yang terjadi di lingkungan dan dijadikan perbandingan dengan apa yang telah dipelajari dan yang terjadi secara langsung di lingkungan masyarakat. Remaja biasanya dituntut agar mampu berfikir dan mengambil tindakan yang lebih kritis. Pada masa ini remaja memiliki pengetahuan yang lebih luas akan keadaan sesugguhnya tentang kehidupan, kejanggalan yang ditemukan antara teori yang dipelajari dengan kenyataan hidup yang sebenarnya sering kali membuatnya merasa bingung, tetapi ini adalah salah satu hal yang menjadi pemicu perkembangan kemampuan berfikir dalam ranah moral pada remaja.

7)    Perkembangan kepribadian

Biasanya seseorang akan mendeskripsikan oranglain dari penampilannya, sebenarnya itu merupakan cara penilaian yang tidak benar. Pada masa ini remaja seharusnya tidak menilai seseorang berdasarkan dari penampilannya saja. Peran orangtua sangat penting memberikan pelajaran mengenai hakikat saling menghargai orang lain dan tidak hanya menilai dari sepenglihatan saja seperti dari fisiknya (Shohimah & Ritanti, 2022).

0 comments: