Saturday, December 5, 2009

Bentuk-bentuk Promosi

Empat bentuk promosi yaitu :
1) Periklanan, kegiatan menyebarluaskan berita (informasi) kepada pasar (masyarakat/konsumen). Selain itu iklan juga berfungsi untuk membujuk atau mempengaruhi, menciptakan kesan, memuaskan keinginan dan sebagai alat komunikasi.

2) Personal Selling, komunikasi persuasive seseorang secara individual kepada seseorang atau lebih calon pembeli dengan maksud menimbulkan permintaan.

3) Publisitas, yaitu sejumlah informasi tentang barang atau perusahaan yang di sebarluaskan ke masyarakat dengan cara membuat berita yang mempunyai arti komersial atau berupa penyajian lain yang bersifat positif. Dengan demikian suatu perusahaan dengan produknya dapat menjadi perhatian umum.

4) Sales Promotion, peragaan, pertunjkan, pameran demontrasi dan berbagai usaha penjualan yang tidak berisapat rutin. Biasanya terdapat semacam pembagian hadih, diskon, undian, dan lain sebagainya. Kotler dan Gary Armstrong (1991:432).

0 comments: