Tuesday, December 8, 2009

Bauran promosi (promotion mix) menurut Kotler (2005: 264-312)

Kotler (2005: 264-312), mengatakan bahwa unsur bauran promosi (promotion mix) terdiri atas lima perangkat utama, yaitu :
1) Advertising : merupakan semua penyajian non personal, promosi ide-ide, promosi produk atau jasa yang dilakukan sponsor tertentu yang dibayar.
2) Sales Promotion : berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.
3) Public relation and publicity : berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citera perusahaan atau produk individualnya.
4) Personal Selling : Interaksi langsung dengan calon pembeli atau lebih untuk melakukan suatu presentasi, menjawab langsung dan menerima pesanan.
5) Direct marketing : penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.



Related Posts:

  • Alat –alat Promosi penjualanKotler (2005:323) ::“Promosi penjualan terdiri atas berbagai jenis koleksi alat-alat intensif, sebagian besar jangka pendek, yang dirancang untuk merangsang pembelian produk atau jasa tertentu yang lebih cepat atau lebih ban… Read More
  • Pengertian Saluran DistribusiMenurut Fandy Tjiptono (2001 : 185) lokasi adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen ke konsumen, sehingga penggunanya sesuai dengan yang diperlukan.Sedangk… Read More
  • Tiga tingkatan produk menurut Sofjan AssauriMenurut Sofjan Assauri (2004:202), pada dasarnya produk yang di beli konsumen itu dapat di bedakan atas tiga tingklatan, yaitu :1. Produk inti (core product), yang merupakan inti atau dasar yang sesungguhnya dari produk yang … Read More
  • Teori Keputusan Pembelian “AIDA”Dalam komunikasi pemasaran perlu dirumuskan tujuan yang ingin dicapai dari proses komunikasi pemasaran yang akan dilakukan. Setelah menentukan khalayak sasaran dengan persepsinya, pemasar harus memutuskan respon yang terjadi… Read More
  • Kesenjangan antara produsen dan konsumen menurut Fandy TjiptonoMenurut Fandy Tjiptono (2000 : 186) menyatakan saluran distribusi dubutuhkan terutama karena adanya beberapa kesenjangan diantara produsen dan konsumen. Kesenjangan tersebut antara lain :1. Geographical gap, yaitu gap yang se… Read More

3 comments:

Anonymous said...

mungkin bisa menambahkan contoh :)

Rotterdamn said...

contoh:
advertising: brosur,pamflet, baliho, iklan di TV, dll
sales promotion: Discount, bonus, sample, dll
public relation/publicity: kurang tau, pokoknya ini untuk membuat atau menjaga nama baik sebuah perusahaan (good will)
Personal selling: langsung ketemu orangnya kaya SPG
direct marketing: x menjual paket wisata ke orang dari california, karena jauh dia pake direct marketing melalui email. Kenapa namanya direct marketing karena tujuan dari direct marketing ini untuk mendapatkan tanggapan LANGSUNG dari target.

semoga bermanfaat

Unknown said...

boleh tau nama buku dan karangannya siapa?? thanks