Tuesday, December 8, 2009

Bauran promosi (promotion mix) menurut Kotler (2005: 264-312)

Kotler (2005: 264-312), mengatakan bahwa unsur bauran promosi (promotion mix) terdiri atas lima perangkat utama, yaitu :
1) Advertising : merupakan semua penyajian non personal, promosi ide-ide, promosi produk atau jasa yang dilakukan sponsor tertentu yang dibayar.
2) Sales Promotion : berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.
3) Public relation and publicity : berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citera perusahaan atau produk individualnya.
4) Personal Selling : Interaksi langsung dengan calon pembeli atau lebih untuk melakukan suatu presentasi, menjawab langsung dan menerima pesanan.
5) Direct marketing : penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.



Related Posts:

  • Contoh Deskripsi PemasaranKita misalkan Sebuah Toko X :1. Segmentasi pasarSegmentasi pasar Toko X atau produk yang dipasarkan oleh pedagangnya langsung kepada konsumen langsung tanpa perantara. Peminat pasar di Toko X ini semua kalangan, mulai dari ka… Read More
  • Tentang Promosi/Pemasaran Perguruan TinggiMateri ini adalah hasil pelatihan saya di Kopertis Wilayah IV Jawa Barat Tentang Pemasaran Persuruan Tinggi tanggal 13-14 Oktober, saya share disini mudah-mudahan rekan-rekan bisa menemukan ide baru tentang pemasaran PT :++ R… Read More
  • Alat –alat Promosi penjualanKotler (2005:323) ::“Promosi penjualan terdiri atas berbagai jenis koleksi alat-alat intensif, sebagian besar jangka pendek, yang dirancang untuk merangsang pembelian produk atau jasa tertentu yang lebih cepat atau lebih ban… Read More
  • Pengertian Saluran DistribusiMenurut Fandy Tjiptono (2001 : 185) lokasi adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen ke konsumen, sehingga penggunanya sesuai dengan yang diperlukan.Sedangk… Read More
  • Klasifikasi ProdukE. Jeromy. Mc charthy (1993 : 183) mengklasifikasikan jenis produk yang dikonsumsi oleh konsumen, yaitu :a. Convienence Product ( produk nyaman) adalah barag-barang yang biasanya sering dibeli konsumen, segera dan dengan usa… Read More

3 comments:

Anonymous said...

mungkin bisa menambahkan contoh :)

Rotterdamn said...

contoh:
advertising: brosur,pamflet, baliho, iklan di TV, dll
sales promotion: Discount, bonus, sample, dll
public relation/publicity: kurang tau, pokoknya ini untuk membuat atau menjaga nama baik sebuah perusahaan (good will)
Personal selling: langsung ketemu orangnya kaya SPG
direct marketing: x menjual paket wisata ke orang dari california, karena jauh dia pake direct marketing melalui email. Kenapa namanya direct marketing karena tujuan dari direct marketing ini untuk mendapatkan tanggapan LANGSUNG dari target.

semoga bermanfaat

Unknown said...

boleh tau nama buku dan karangannya siapa?? thanks