Senin, 15 Juli 2013

Langkah – langkah Ibu Bekerja Agar Dapat tetap Memberikan ASI Eksklusif

Langkah-langkah yang terpenting dalam persiapan keberhasilan menyusui secara eksklusif bagi ibu bekerja adalah sebagai berikut :
a. Mampersiapkan diri sendiri
b. Mempelajari dengan baik tentang ASI dan tatalaksana menyusui
c. Mempelajari tempat ibu bekerja sehingga dapat mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk memeras / memompa ASI. 
d. Mengatur jadwal yang pasti sehingga tidak menyulitkan juga bagi para rekan – rekan kerja untuk koordinasi, saat ibu mengambil waktu untuk memerah ASI. 
e. Membeli alat pompa ASI (jika tidak bisa memeras ASI dengan manual) beserta perlengkapannya (misal : tas / termos khusus untuk menyimpan / membawa ASI pulang). Menyiapkan plastik khusus untuk menyimpan ASI atau beberapa botol – botol untuk stok cadangan ASI di rumah. 
f. Ajarkan bayi untuk bisa menyusu dari alat lain selain payudara, lakukan secara bertahap terutama jika waktu cuti akan berakhir. Hindari sedapat mungkin memberikan ASI melalui botol untuk menghindari bingung puting. 
g. Mempersiapkan mental pengasuh dan mengajari kepada pengasuh bayi di rumah cara memberikan ASI dan berikan jadwal yang tetap kapan saja bayi harus diberikan minum, agar stok ASI bisa dikontrol jumlahnya. 
h. Mencari komunitas / teman seperjuangan / orang lain yang mendukung ASI sehingga ibu tetap bersemangat bahkan dapat membantu ibu jika menemui masalah. 
i. Bilamana perlu, konsultasi ke klinik laktasi dan konsultasi laktasi bila menemukan masalah dalam menyusui. 
(Wordpress, 2008)

Reaksi:

0 komentar: