Selasa, 08 Desember 2009

Bauran promosi (promotion mix) menurut Kotler (2005: 264-312)

Kotler (2005: 264-312), mengatakan bahwa unsur bauran promosi (promotion mix) terdiri atas lima perangkat utama, yaitu :
1) Advertising : merupakan semua penyajian non personal, promosi ide-ide, promosi produk atau jasa yang dilakukan sponsor tertentu yang dibayar.
2) Sales Promotion : berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.
3) Public relation and publicity : berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citera perusahaan atau produk individualnya.
4) Personal Selling : Interaksi langsung dengan calon pembeli atau lebih untuk melakukan suatu presentasi, menjawab langsung dan menerima pesanan.
5) Direct marketing : penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.



Reaksi:

2 komentar:

mungkin bisa menambahkan contoh :)

contoh:
advertising: brosur,pamflet, baliho, iklan di TV, dll
sales promotion: Discount, bonus, sample, dll
public relation/publicity: kurang tau, pokoknya ini untuk membuat atau menjaga nama baik sebuah perusahaan (good will)
Personal selling: langsung ketemu orangnya kaya SPG
direct marketing: x menjual paket wisata ke orang dari california, karena jauh dia pake direct marketing melalui email. Kenapa namanya direct marketing karena tujuan dari direct marketing ini untuk mendapatkan tanggapan LANGSUNG dari target.

semoga bermanfaat