Kamis, 03 September 2009

Transformasi Pendidikan Melalui Pemanfaatan ICT

Beberapa saat yang lalu saya mengikuti seminar tentang peningkatan kualitas guru dan dosen, terutama dari segi pemanfaatan ICT bagi tenaga pengajar. Dalam seminar itu terungkap bahwa Indonesia terus mengalami penurunan ranking dalam pemanfaatan teknologi internet di dunia. Bahkan dalam sebuah survey yang dilakukan Pustekkom menunjukkan bahwa pemanfaatan Internet oleh guru SMA (sample 196 ), hanya 23,1 % saja yang sudah memanfaatkan keberadaaan internet sebagai sarana dan media pembelajaran. Selebihnya 76,9% belum pernah memanfaatkan internet sama sekali.

Kondisi ini sangat memprihatinkan, karena dewasa ini telah terjadi perubahan perilaku pembelajaran yang tadinya teacher center menjadi student center, perubahan paradigm pengetahuan dan cara belajar mengajar telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kondisi persaingan global. Paradigma pembelajaran sekarang bukan bagaimana lagi menjadi guru yang dapat mengajar dengan baik tapi bagaimana siswa bisa belajar dengan baik dan berkelanjutan.
Ini dia pentingnya TIK, guru hanya mengajar disekolah selebihnya siswa lah yang harus kreatif menyikapinya, dengan internet siswa bisa belajar tanpa bantuan guru, guru hanya menyediakan fasilitas-fasilitas pembelajarannya, misalnya membuat website seperti Wikipedia yang didalamnya memuat materi pembelajaran tertentu. Coba anda bayangkan kalau semua guru dan dosen di Indonesia berkolaborasi mengunduh file pembelajarannya di situs yang telah dibangun, akan terjadi percepatan ledakan ilmu pengetahuan, selain biaya yang murah, waktu yang lain dapat digunakan untuk pengembangan hal-hal lain sehingga kemampuan belajar meningkat.

Banyak penelitian menunjukan kalau media seperti Multimedia lebih efektif digunakan dalam pembelajaran dan membuat siswa lebih cepat menangkap materi pelajaran dengan jauh lebih baik dibanding metode ceramah yang lazim digunakan para guru/dosen.
Akhirnya kita harus berani mencoba sesuatu yang baru, media pembelajarn harus kita ubah, awalnya rumit tapi kedepannya akan Nampak indah…Anda bisa mengikuti program SAGUSALA dan KLUB GURU agar anda bisa bergabung dengan guru-guru yang lain yang telah maju lebih dahulu.
Kunjungi websitenya di
www.klubguru.com
www.sagusala.com






Reaksi:

0 komentar: