Minggu, 17 Mei 2009

Gangguan Kecil Selama Kehamilan dan Cara Mengatasinya

Perubahan pada kulit . Kulit teregang oleh pembesaran rahim sehingga menimbulkan gatal-gatal. Atasi dengan mengoleskan minyak zaitun atau baby oil atau pelembab khusus setiap selesai mandi.
Sakit Punggung. Setiap minggunya tubuh akan menyesuaikan dengan penambahan berat badan akibatnya otot punggung teregang. Cara mengatasinya seperti tidur dengan kasur yang keras dan rata; duduk tegak dengan punggung digan al bantal; angan membungkuk saat mengangkat beban; banyak istirahat; pakai sepatu yang nyaman dan mandi dengan air hangat.
Susah buang air besar. Cara mengatasinya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan berkadar serat tinggi. Selain itu banyak minum air putih, berolahraga ringan secara teratur terutama alan kaki serta hindari obat-obatan yang d ual bebas.
Bengkak Pada Kaki. Adalah suatu hal yang normal bengkak pada kaki pada wanita hamil nemun perlu diwaspadai ika bengkak tersebut teradi pula di tangan dan muka. Atasi dengan minum banyak serta meninggikan kaki saat berbaring.

Muntah. Gangguan yang paling sering dialami terutama pada kehamilan muda. Biasanya teradi di pagi hari. Atasi dengan menghindari makanan berlemak atau berbumbu. Makanlah makanan kecil yang mudah dicerna seperti biskuit dan roti. Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering. Banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein serta perbayak minum.
Ngidam. Merupakan gangguan secara psikologis,penuhi rasa itu selama tidak mengganggu dan tidak. membahayakan kehamilannya.
Cepat lelah, emosi tak terkontrol, pusing. Wanita hamil yang mengalami hal itu perlu beristirahat dan usahakan melakukan relaksasi.
SUMBER PUSTAKA
1. www.hanyawanita.com
2. Perawatan Ibu dan Bayi by Johnsons Baby


Reaksi:

0 komentar: