Kamis, 18 Juli 2013

Pengertian?definisi Penyakit Meningioma

Meningioma adalah tumor terpenting yang berasal dari meningen, sel-sel mesotel, dan sel-sel jaringan penyambung arakhnoid dan dura (Price,. et al, 2006 : 1185).
Meningioma adalah Tumor jinak yang berasal dari selaput yang membungkus otak (meningen) bisa menyebabkan berbagai gejala yang tergantung kepada lokasi pertumbuhannya (Satyanegara, 1998 : 226)
Meningioma adalah Tumor jinak yang berasal dari selaput yang membungkus otak (meningen) bisa menyebabkan berbagai gejala yang tergantung kepada lokasi pertumbuhannya. (Lionel Ginsberg, 2007 : 118).
Meningioma adalah tumor yang berasal dari sel meningotelial yang berada di araknoid mater. Oleh karena itu, sebagian besar tumor terjadi di luar parenkim otak. Meningioma biasanya timbul pada orang dewasa dan mungkin terbentuk di kubah kranium dan medulla spinalis (Robin Khumar 2008 : 216)
Pengertian dari penyakit di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa meningioma adalah tumor yang terletak pada lapisan meningen yang merupakan selaput pelindung otak dan pada umumnya bersifat jinak. Sedangkan meningioma sellar merupakan meningioma di daerah sella tursika yang terletak di dasar otak, tepat di atas daerah ini terdapat saraf penglihatan, sehingga jika terdapat tumor, maka saraf tersebut akan terjepit, sehingga mengganggu penglihatan.  

Reaksi:

2 komentar:

terima kasih banyak atas informasi yang telah disajikan sangat bmanfaat dan membantu.