Kamis, 31 Desember 2009

Gejala & Perilaku Autisme

Perilaku autisme dapat digolongkan dalam 2 jenis :

a. Eksesif (berlebihan) misalnya hiperaktif, tantrum, menjerit, mengepak, menggigit, mencakar, memukul, sering terjadi self abuse.

b. Defisit (kekurangan) misalnya gangguan bicara, perilaku sosial kurang sesuai, defisit sensori, emosi tidak tepat (tertawa tanpa sebab, menangis tanpa sebab dan melamun).

Umumnya penderita autis infantil memperlihatkan pertumbuhan fisik yang wajar dan normal seperti pada tingkat kemampuan gerak (berjalan, merangkak, berdiri), kemampuan bercakap-cakap, dan berinteraksi dengan lingkungannya. Anak dengan autis juga dapat meniru beberapa lagu yang didengarkannya atau dapat mengunakan panca indranya dengan normal dan luas ketika mengeksploraesi lingkungannya. Walaupun terdapat kenormalan pada proses pertumbuhannya, pada anak penderita autis didapati keterbatasan dalam memfungsikan organnya.
source: Handojo. 2003. Autis. Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer dan sumber lain diinternet


Tag : Gejala dini autisme, seputar autisme, tentang autis, gangguan autis, tanda-tanda anak autis, pertumbuhan fisik anak autis

Reaksi:

1 komentar:

Kami adalah Sekolah Khusus dan Terapi Autisme Al-ihsan, yang menyelenggarakan pendidikan SD, SMP, SMA, dan Terapi untuk anak berkebutuhan khusus (autisme). Info lebih lanjut klik www.sekolahautismeal-ihsan.com