Minggu, 18 Oktober 2009

Tentang Promosi/Pemasaran Perguruan Tinggi

Materi ini adalah hasil pelatihan saya di Kopertis Wilayah IV Jawa Barat Tentang Pemasaran Persuruan Tinggi tanggal 13-14 Oktober, saya share disini mudah-mudahan rekan-rekan bisa menemukan ide baru tentang pemasaran PT :

++ Resume & rekomendasi Materi ( 5 Pemateri)

1. Materi Drs.Iwan Mulyawan,MBA - Perguruan Tinggi Sebagai Organisasi Otonom
- Perguruan tinggi sebagai organisasi otonom diatur melalui UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003, Pasal 50 ayat 6 “ Perguran tinggi menentukan kebijakan dan memiliki otonomi dalam mengelola pendidikan”
- Paradigma Pengelolaan Perguruan Tinggi harus mengacu HELTS 2003-2010 yaitu :
a. Peningkatan daya saing bangsa
b. Otonomi yang luas
c. Kesehatan Organisasi
d. Kualitas
e. Otonomi
f. Evaluasi
g. Akuntabilitas
h. Akreditasi

2. Materi Prof.DR.Sucherly,SE.M.S. - Lingkungan Pemasaran & Analisis Situasi Pemasaran PT :
- Analisa situasi dan segmentasi pasar meliputi :
a. Analisis lingkungan eksternal pemasaran :
Lingkungan makro(Ekonomi, Politik, Sosbud, Teknologi, UU/Regulasi, Keb.Pemerintah, Fisik, Demografi).
Untuk mencari calon mahasiswa yang potensial kita harus memperhatikan sumber daya yang dimiliki kampus sebagai satu kesatuan industry jasa pendidikan yang berkualitas tinggi dan kita juga harus melihat competitor kita sebagai bahan masukan dalam menghadapi peluang dan ancaman.
b. Analisis Sumber daya yang meliputi sumber daya institusi dan Program studi yang dimiliki
c. Situasi Stratejik PT – posisi perguruan tinggi, 3 hal yang meliputi :
- Opportunity
- Average
- Threats
- Market Driven Strategy : 
kegiatan ini meliputi proses yang terencana dalam mengelaborasi kegiatan pemasaran meliputi target market & positioning sehingga terbentuk decision market yang efektif.
- Dalam perkembangan pemasaran sebuah PT hendaknya memperhatikan Organizational Performance 

3. Materi Prof.DR.Ir.Harsono Taroepratjeka - Keunggulan Kompetitif PT
- Dua macam keunggulan kompetitif :
- Keunggulan dalam biaya
- Keunggulan dalam diferensiasi
Dalam mendukung daya saing sebuah perguruan tinggi kita harus memperhatikan dua komponen ini, keunggulan kompetitif terjadi bila institusi mampu memberikan manfaat yang melebihi dari produk pesaing, karena itu keunggulan kompetitif memungkinkan institusi tersebut memberikan nilai lebih pada pelanggannya dan keuntungan lebih bagi dirinya.
Untuk keunggulan biaya dan keunggulan diferensiasi dinamakan keunggulan posisional karena menggambarkan posisi industry sebagai pemimpin dalam biaya dan diferensiasi
- Sebuah Perguruan tinggi dikatakan unggul dan kompetitif bila institusinya dapat mempertahankan memperoleh “keuntungan” melebihi rata-rata dalam bidangnya, maka institusi tersebut dikatakan mempunyai keunggulan kompetitif dari pesaingnya.
- Dalam menciptakan keunggulan sebuah PT harus mengacu pada penciptaan nilai. Value creation ini merupakan serangkaian aktivitas yang disebut rantai nilai.

4. Materi Ir.Yusak Gunadi Santoso,MM-Segmentasi pasar PT, Pentargetan PT, Penempatan PT dan Promosi/Komunikasi Pemasaran.
Beliau memaparkan beberapa hal yang telah dilakukan Universitas Kristen Maranatha dalam upaya promosi PT
1. Pembuatan kuesioner disaat ujian saringan masuk, hal ini dilakukan agar kita bisa melihat segmentasi pasar dan bagaimana keadaan calon mahasiswa baru sehingga mengambil keputusan untuk masuk ke Universitas Kristen Maranatha
2. Persaingan perebutan calon mahasiswa semakin berat sehingga harus menempatkan PT sebagai sebuah industri, sehingga harus merupakan upaya sistematis dalam menciptakan manajemen kelembagaan yang professional dan mempunyai penjaminan mutu dari mulai Input, Bisnis Process dan keluaran (Output)
3. Upaya promosi PT mulai mengalami Diversifikasi, upaya jemput bola dengan menjalin kerjasama dengan kepala sekolah dan pembinaan siswa kelas 1 dan 2 mulai dirintis sejak dini, hal ini bisa dilakukan dengan pengadaan kursus di PT yang bersangkutan dan kegiatan-kegiatan pembinaan lainnya.
4. Waktu promosi lebih awal (menurut pa yusak awal semester ajaran baru sudah berkeliling untuk promosi) sehingga kesempatan untuk mengadakan Talkshow dan penyebaran informasi akan menjadi lebih luas.
5. Pembenahan sarana prasarana seperti gedung dan kondisi kampus, merupakan salah satu daya pikat dalam upaya promosi disebuah PT.

5. Materi DR.Ir.Surachman Suryaatmaja - Kualitas Pelayanan Perguruan Tinggi
- Menurut hasil studi PERC (Political and Economical Risk Consultancy, 2001) Indonesia berada pada peringkat yang paling bawah diantara 12 negara Asia menyangkut kualitas pendidikan ini mendorong paradigm baru dalam pengelolaan PT baik dalam hal pemahaman tentang kualitas, otonomi, akuntabilitas, evaluasi dan akreditasi
- Agar kualitas output setiap perguruan tinggi selalu sesuai dengan kebutuhan masyarakat, maka setiap PT memerlukan kegiatan penjaminan mutu pada semua pengelolaannya, tujuannya adalah untuk memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara suitainable, juga untuk memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan melalui penyelenggaraan perguruan tinggi


Reaksi:

0 komentar: