Friday, October 30, 2009

CIRI-CIRI PASAR MONOPOLI


Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh adanya satu penjual/produsen dipasar berhadapan dengan permintaan seluruh pembeli atau konsumen. Ciri-ciri dari pasar monopoli: 1. hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran 2. tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute) 3. produsen memiliki kekuatan menetukan harga 4. tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.
Anda tentu bertanya mengapa terjadi pasar monopoli. Ada beberapa penyebab terjadi pasarmonopoli, diantara penyebabnya adalah sebagai berikut: ditetapkannya Undang-undang (Monopoli Undang-undang). Atas pertimbangan pemerintah, makapemerintah dapat memberikan hak pada sutau perusahaan seperti PT Pos dan Giro, PT. PLN. hasil pembinaan mutu dan spesifikasi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, sehingga lama kelamaan timbul kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan produk tersebut. Hasil cipta atau karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk diproduksi, yang kita kenal dengan istilah hak paten atau hak cipta.
Sumber daya alam. Perbedaan sumber daya alam menyebabkan suatu produk hanya dikuasai oleh suatu daerah tertentu seperti timah dari pulau bangka. Modal yang besar, berarti mendukung suatu perusahaan yang memiliki keadaan seperti yang disebutkan diatas? Coba anda perhatikan apakah didaerah anda terdapat perusahaan yang memiliki keadaan seperti yang disebutkan diatas? Penjual monopoli belum tentu mendapatkan keuntungan besar, tetapi monopoli mempunyai keterbatasan yang menyebabkan kerugian, maka dari itu kita coba melihat keugian yang disebabkan oleh pasar Monopoli.
Kerugian-kerugian yang disebabkan oleh pasar monopoli: Ketidak adilan, karena monopolis akan memperoleh keuntungan diatas keuntungan normal. Volume produksi ditentukan oleh monopolis Terjadi eksploitasi oleh monopolis terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi. pemerintah dapat mencegah kergian-kerugian yang disebakan pelaku monopoli dengan cara berikut: Mencegah munculnya monopoli dengan undang-undang Pemerintah mendirikan perusahaan tandingan yang mampu menyaingi monopolis Membuka impor untuk barang yang diproduksi oleh monopolis Campur tangan pemerintah dalam menentukan harga.

5 comments:

download asian movies said...

terima kash mas , ini sangat membantu saya skali sebagai bahan ujian

Gadget Impian said...

Moga2 di negeri kita tak ada lagi monopoli pasar ya

Unknown said...

Marvelous🌈

Saepul Aris said...

Kenapa produsen dalam pasar monopoli dapat mempengaruhi harga pasar. Tolong dibantu

Red Devil said...

♣♥♦ CUCUPOKER AGEN POKER TERPERCAYA ♣♥♦

Ingin Menang Banyak , Hanya Dengan modal Sedikit Boss ^^ Join Situs Cucupoker Yang Tiap Harinya Memberikan

Kemenangan Dijamin Diberikan Dengan Nominal Yang Memuaskan &
Rasakan Sensasi kemenangan Jackpot Berupa Uang Asli

• Bonus Member Baru s/d Rp. 200.000,-
• Bonus Deposit Selanjutnya Rp. 300.000,-
• Bonus Mingguan 0,5%
• Bonus Ajak Teman 20%

Segera Kunjungi Situs Resmi Cucupoker di www . cucupoker . Live

LIVE CHAT : www,cucupoker,live

WhatsApp : +855882810097


BONUS NEW MEMBER 20%

BONUS DEPOSIT HARIAN 10%

POKER ONLINE INDONESIA

AGEN POKER TERPERCAYA

BandarQQ365

Liga88