Minggu, 26 Juli 2009

Pertanyaan Seputar Fraktur

1. Jelaskan apa itu fraktur ?
2. Sebutka macam – macam fraktur ?
3. Sebutkan macam – macam cara penangaan fraktur ?

Jawaban :
1. Fraktur adalah retak atau terputusnya suatu jaringan tulang yang disertai oleh cidera disekitar jaringan yang rusak, yang disebabkan oleh pukulan langsung (trauma) atau tekanan pada tulang yang berlebihan dan kelemahan pada tulang.

2. Macam – macam Fraktur
 Fraktur tertutup
Yaitu fraktur tanpa adanya komplikasi, kulit masih utuh dan tulang tidak menonjol keluar kulit
 Fraktur terbuka
Yaitu fraktur yang merusak jaringan kulit, karena adanya hubungan dengan lingkungan luar, maka fraktur terbuka berpotensi infeksi
• Grade 1 : Robekan dengan kerusakan kulit otot
• Grade 2 : Seperti grade 1 dengan memar kulit dan otot
• Grade 3 : Luka sebesar 6-8 cm dengan kerusakan pembuluh darah, syaraf otot dan kulit.
 Green Stick Yaitu patah sisi tulang.
 Tranverse yaitu patah melintang.
 Longitudinal yaitu patah memanjang.
 Obelique yaitu garis patah miring.
 Spiral yaitu patah melingkar.

3. Macam – macam penanganaan fraktur
a. Manipulasi atau close red
Adalah tindakan non bedah untuk mengembalikan posisi, panjang dan bentuk. Close reduksi dilakukan dengan local anesthesia ataupun umum.
b. Open reduksi
Adalah perbaikan bentuk tulang dengan tindakan pembedahan / operasi. Kekurangan tindakan ini adalah kemungkinan infeksi dan komplikasi berhubungan dengan anastesi
c. Traksi
Suatu alat yang berpungsi untuk meluruskan dan memberi ruang antara tulang pada fraktur dengan pemberian beban pada luka fraktur. Ada tiga macam traksi yaitu :
• Skin traksi
Skin traksi adalah menarik bagian tulang yang fraktur dengan menempelkan plester langsung pada kulit untuk mempertahankan bentuk, membantu menimbulkan spasme otot pada bagian yang cedera, dan biasanya digunakan untuk jangka pendek (48-72 jam).
• Skeletal traksi
Adalah traksi yang digunakan untuk meluruskan tulang yang cedera dan sendi panjang untuk mempertahankan traksi, memutuskan pins (kawat) ke dalam tulang.
• Maintenance traksi
Merupakan lanjutan dari traksi, kekuatan lanjutan dapat diberikan secara langsung pada tulang dengan kawat atau pins. Jika ditemukan luka yang terbuka, bersihkan dengan antiseptik dan usahakan untuk menghentikan pendarahan dengan dibebat atau ditekan dengan perban atau kain bersih


Reaksi:

0 komentar: