Senin, 15 Juli 2013

Tips Menjaga Produktivitas ASI pada Ibu yang Bekerja

Beberapa tips yang dapat dilakukan pada ibu yang bekerja agar produktivitas ASI-nya tetap terjaga, yaitu : 
1. Relaks 
Stres mampu mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi ASI. Pilihlah tempat yang nyaman dan tenang. Sambil memompa cobalah pandangi foto sang buah hati sambil mendengarkan musik yang menenangkan. Adanya kelekatan antara ibu dan anak akan memperbanyak ASI yang diproduksi. 
2. Pompalah Sesering Mungkin 
Memompa dengan sering, menyebabkan gudang ASI kosong. Jika gudang ASI kosong, maka pabrik ASI akan segera membuatnya. Cobalah untuk memompa setiap 3 jam sekali dan pompalah sedikitnya selama 20 menit. 
3. Jangan Lupa Cuci Tangan 
Cucilah tangan sebelum memerah. Perhatikan kebersihan peralatan yang digunakan, karena dikhawatirkan dapat membuat susu yang diperas tercemar. 
4. Banyak Minum Cairan Hangat 
Minum air putih, susu, atau jus buah dapat membantu tubuh memiliki cairan yang memadai. Ini dapat mempengaruhi produksi ASI. Hindari mengkonsumsi soda, alkohol, kopi, jamu, atau minuman yang mengandung kafein, karena dapat mempengaruhi kualitas ASI. Jangan merokok karena akan mempengaruhi produktivitas ASI. 
5. Perhatikan Alat Kontrasepsi yang digunakan 
Konsultasikan ke dokter, dan pilihlah alat kontrasepsi yang aman dan tidak mempengaruhi produktivitas ASI. 
6. Jaga Kondisi Tubuh 
Cukup mengkonsumsi sayuran dan buah berserat. Lakukan olah raga secara rutin, istirahatlah ketika bayi sedang tidur. Jangan sungkan minta pertolongan orang lain, bila memang membutuhkan. 
(Wordpress, 2008)

Reaksi:

0 komentar: