Selasa, 02 Juli 2013

Pengertian DSS dan Kapan Digunakan

a. Pengertian DSS
Sistem pendukung keputusan (DSSS) dirancang untuk membantu manajer dalam mengambil keputusan dengan meringkas atau membandingkan data dari sumber yang berbeda. Sistem ini cocok untuk masalah semi-terstruktur dan tidak terstruktur. Sistem pendukung keputusan sering termasuk didalamnya bahasa query, kemampuan analisis statistik, spreadsheet, dan grafik untuk membantu pengambil keputusan dan mengevaluasi sebuah keputusan.
DSSs adalah jenis sistem manajemen informasi yang dikembangkan untuk mendukung proses pengambilan keputusan. DSSs memfasilitasi dialog antar pengguna, yang sedang mempertimbangkan solusi alternatif dari sebuah masalah, dan sistem, dengan built-in model dan kemampuan untuek mengakses database. Sebuah proses DSS melibatkan model dari basis model  lain dan mengalokasikan data yang tepat dari database itu.

Dengan sebuah pemodelan, pengguna dapat meminta pertanyaan Jika-Maka dengan mengubah satu atau beberapa variabel sebagai masukan, dan kombinasi data serta pemodelan yang menghasilkan rekomendasi dari DSS. Database dikelola oleh sistem manajemen basis data (DBMS), sedangkan basis model dikelola oleh sebuah sistem manajemen basis model (MBMS). Beberapa DSSs memungkinkan pengguna untuk membuat model untuk evaluasi yang lebih baik. Misalnya, wakil presiden pemasaran mungkin ingin mengetahui laba bersih perusahaan jika anggaran iklan diturunkan. TPS dan SPM biasanya tidak menyediakan jenis informasi ini.


b. Kapan DSS digunakan
DSS digunakan ketika para pengambil keputusan dihadapkan kepada suatu masalah yang tidak terstruktur dan semi‐terstruktur dan membutuhkan sebuah informasi tambahan yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan

Reaksi:

0 komentar: