Senin, 15 Juli 2013

Media yang Digunakan Untuk Memerah ASI

ASI pada dasarnya dapat diperah melalui tiga cara yakni : 
1. Dengan Menggunakan tangan 
2. Alat secara manual 
3. Memakai alat pompa elektrik 

Dengan Menggunakan Tangan 
1. Cuci tangan dengan sabun dan bilas sampai bersih.
2. Pegang cangkir yang bersih untuk menampung ASI. 
3. Condongkan badan kedepan dan sanggah payudara dengan tangan.
4. Letakkan ibu jari pada batas areola mamae (lingkaran hitam) dan letakkan jari telunjuk pada batas areola bagian bawah.
5. Tekan kedua jari ini ke dalam kearah dinding dada tanpa menggeser letak kedua jari tadi.
6. Pijat daerah di antara kedua jari tadi kearah depan sehingga akan memeras dan mengeluarkan ASI. Jangan menekan, memijat atau menarik puting susu karena ini tidak akan mengeluarkan ASI dan akan menyebabkan rasa sakit. 
7. Ulangi gerakan dari samping kiri dan kanan 3-5 menit, tekan, pijat dan lepas beberapa kali.
8. Setelah pancaran ASI berkurang pindahkan posisi ibu jari dan telunjuk tadi dengan cara berputar pada sisi lain dari batas areola dengan kedua jari selalu berhadapa.
9. Memeras ASI yang efektif dilakukan selama 20-30 menit. 
10. Lakukan hal yang sama pada setiap posisi sampai ASI terperah semua, sehingga payudara terasa kosong. 
(Depkes RI, 2003) 

Dengan Menggunakan Alat Secara Manual 
Salah satu kelebihan pompa ASI manual karena perangkat yang digunakan sederhana adalah praktis. Alat ini tidak perlu baterai atau listrik sehingga dapat dibawa kemanapun ibu pergi dan umumnya lebih tahan lama dibandingkan dengan yang elektrik. Kekurangannya lebih pada “tenaga” untuk memerahnya yang tidak konstan. Ketika tangan sudah mulai lelah maka tekanan pada pompa pun berkurang dan akan berdampak pada ASI yang dikeluarkan (Wordpress, 2008).

Dengan Memakai Pompa Elektrik 
Sementara pompa ASI elektrik, keuntungannya adalah tenaga listrik atau baterai memungkinkan pemerahan dilakukan dengan konstan sehingga dapat lebih memaksimalkan pengosongan ASI dari payudara dan membuat produksi ASI tetap maksimal. Jika menggunakan baterai keuntungannya praktis dibawa ke mana saja dibanding menggunakan listrik. Kekurangannya, cepat haus dan baterai harus selalu diganti (Wordpress, 2008).

Jenis – jenis Pompa ASI yang Beredar di Pasaran 
a. Pompa dengan Karet Penyedot 
Alat jenis ini tidak dianjurkan sebab kurang efisien dan tidak sesuai untuk memerah ASI. Bahan karet yang berbentuk bundar byang terdapat dibagian belakang pompa sulit dibersihkan dan tidak bisa disterilkan. 
b. Pompa Elektrik dan Bentuk Piston 
Pompa ASI ini memenuhi standar untuk memerah ASI. Cara menggunakannya cukup mudah dan ibu bisa melakukannya tanpa repot. Pompa jenis ini memiliki model manual dan elektrik. 
c. Pompa ASI Ganda 
Pompa ASI Ini memiliki dua kanal sehingga dapat memompa ASI dari kedua payudara sekaligus dalam satu waktu, sehingga menghemat waktu memerah ASI. 
(Hanya Wanita, 2009)

Reaksi:

0 komentar: