Selasa, 02 Juli 2013

Management Reporting System (MRS) dan Kapan Digunakan

a. Pengertian MRS
Setelah TPS dilakukan, beberapa organisasi/perusahaan menyadari bahwa hasil yang dihasilkan oleh TPS tidak memuaskan untuk tingkat yang lebih tinggi dalam  pengambilan keputusan dan diperlukan kemampuan komputer yang lebih tinggi dalam melakukan perhitungan cepat dan fungsi logis yang dapat digunakan untuk menghasilkan informasi yang berarti bagi manajemen. Sebagai hasilnya, manajemen pelaporan sistem (SPM) mulai dikembangkan  agar laporan manajerial dan ringkasan data bisa dibuat.
Sistem Laporan ini membantu para manajer melakukan tugas mereka dan membantu manajemen di tingkat menengah dalam pengambilan keputusan menggunakan statistik atau rangkuman data yang dibuat.

Secara umum, MRS  biasanya digunakan dengan TPS. TPS memproses transaksi harian, update persediaan, dan menyimpan informasi pelanggan sementara MRS menggunakan data dari TPS untuk menghasilkan total penjualan harian, daftar inventaris pesanan, dan daftar pelanggan dengan kriteria yang berbeda-beda. Output dari MRS menyediakan laporan yang dicetak dan kemampuan penyelidikan untuk membantu mempertahankan operasi dan kontrol manajemen perusahaan ditingkat manajemen menengah. Konsep sistem pelaporan manajemen berkembang untuk menyadarkan para manajer bahwa pemrosesan komputer dapat digunakan untuk lebih dari sekedar kegiatan proses transaksi sehari-hari, tetapi juga dapat digunakan untuk menghasilkan informasi yang berarti bagi manajemen.

Pada umumnya sebuah MRS terintegrasi dengan TPS, dan sumber input MRS biasanya merupakan hasil dari TPS. Sebagai contoh, transaksi penjualan dapat diproses dengan menggunakan TPS untuk mencatat total penjualan dan informasi pelanggannya. Setelah itu sebuah MRS dapat memproses data ini untuk menghasilkan laporan penjualan rata-rata harian atau item/stock barang yang paling laku.

b. Kapan MRS Digunakan
MRS digunakan ketika hasil yang didapatkan dari TPS tidak terlalu memuaskan untuk pengambilan keputusan. Sehingga diharapkan hasil dari MRS ini tidak hanya saja sebagai laporan hari ke hari, tetapi memberikan sesuatu informasi yang lebih berguna untuk membantu menjaga operasi dan kendali manajemen perusahaan.

Reaksi:

0 komentar: