Senin, 15 Juli 2013

Definisi Ilmu & Zat & Status Gizi

Definisi Ilmu Gizi
Ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan optimal. Kata “Gizi” berasal dari bahasa arab “ Ghidza” yang artinya” makanan”.( Al-matsier,2004)
Ilmu yang mempelajari cara memberikan makanan yang sebaik-baiknya agar tubuh selalu dalam kesehatan yang optimal. ( Depkes RI,2003 )

Definisi Zat Gizi
Ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya yaitu menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan .(Al-Matsier,2004) 
Proses dari organisme dalam menggunakan bahan makanan melalui proses pencernaan, penyerapan, transportasi, penyimpanan, metabolisme, dan pembuangan untuk pemeliharaan hidup, pertumbuhan, fungsi organ tubuh dan produksi energi. (Habicht,1979)

Definisi Gizi
Gizi berasal dari bahasa arab “Al-Gizzai” yang artinya makanan dan manfaatnya untuk kesehatan. Dapat juga diartikan sari makanan yang bermanfaat untuk kesehatan.(Depkes RI,2003)

Definisi Status Gizi
Status gizi adalah ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi untuk anak yang diindikasikan oleh berat badan dan tinggi badan anak. Status gizi juga merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari keadaan keseimbangan antara asupan dan kebutuhan zat gizi. (Beck,2000)

Reaksi:

0 komentar: