Jumat, 13 April 2012

CIRI-CIRI MASA PUBER PEREMPUAN

Ciri-Ciri  :
 Perkembangan masa puber dimulai kira-kira pada umur sebelas tahun
 Buah dada mulai tumbuh dan pantatnya makin membulat
 Rambut di kemaluan mulai tumbuh
 Uterus,vagina,labia,klitoris mulai membesar ukurannya
 Bulu di kemaluan mulai terlihat jelas dan buah dada semakin membesar
 Perkembangan secara fisik ini mencapai puncaknya kira-kira pada usia 12 tahun
 Pada puncak perkembangan ini menstruasi mulai datang
 Setelah fase ini mereka akan dapat meltetapi terdapat perbedaan yang mencolok dalam setiap kelompok.
Masa puber di bagi dalam tahap tahap :
Masa puber merupakan masa pertumbuhan dan perubahan yang pesat, masa puber atau pubertas adalah salah satu dari dua periode dalam rentang kehidupan yang ditandai oleh pertumbuhan yang pesat dan perubahan yang mencolok dalam proporsi tubuh.
Masa puber merupakan fase negatife.
Fase menunjukan periode yang berlangsung singkat, negative berati bahwa individu mengambil sikap “anti” terhadap kehidupan.
Pubertas terjadi pada berbagai usia.
Variasi pada usia saat terjadinya pubertas dan dalam waktu yang di perlukan untuk proses ini menimbulkan banyak masalah pribadi maupun social bagi anak laki laki dan perempuan.
Sebab sebab pubertas.
Penyebab perubahan fisik yang terjadi pada masa puber masih merupakan misteri.
Dengan banyaknya riset di bidang endokrinologi, ilmu medis telah mampu menetapkan sebab yang pasti dari perubahan fisik , meskipun sampai sekarang ahli ahli endokrinologi tidak dapat menerangkan adanya keaneka ragaman dalam usia puber dan dalam waktu di perlukan untuk menyelesaikan perubahan perubahan pubertas .
Pengeluaran hormone hormon sexs baik pada anak laki laki atau perempuan jarang terjadi. Jumlah hormone yang dikeluarkan semakin meningkat dan ini mengakibatkan matangnya struktur dan fungsi dari organ-organ seks.
Hubungan yang erat antara kelenjar pituitary yang terletak pada dasar otak yang telah terbentuk bersama dengan gonad atau kelenjar seks. Gonad (bibit/sperma)pria adalah testes dan gonad (bibit/telur) wanita adalah telur.
Usia pada masa puber
Anak perempuan menjadi matang antara 12,5 dan 14,5 tahun dengan kematangan rata-rata berusia 13 tahun.
Anak laki-laki menjadi matang secara seksual antara usia 14 dan 16,5 tahun,dengan 50% anak laki-laki yang matang antara 14 dan 15,5 tahun.
Pertumbuhan pusat pubertas
Pertumbuhan dan perkembangan pesat yang terjadi selama masa puber sebagian bergantung pada factor:
 keturunan
 yang mempengaruhi kelenjar – kelenjar endokrin
 dan sebagian lagi tergantung pada factor lingkungan, yaitu gizi
.
Perubahan tubuh pada masa puber
- Perubahan ukuran tubuh
- Perubahan proporsi tubuh

Akibat perubahan pada masa puber
Akibat terhadap keadaan fisik, contohnya kelelahan kelesuan dan gejela – gejala buruk lainnya, sering terjadi gangguan pencernaan dan nafsu makan kurang baik, anemia sering terjadi pada masa ini bukan karena adanya perubahan dalam kimiawi darah tetapi kebiasaan makan yang tidak menentu, selama awal periode haid anak perempuan sering mengalami sakit kepala, sakit punggung,kejang, dan sakit perut yang diiringi dengan pingsan, muntah-muntah, gangguan kulit dan pencernaan.
Akibat pada sikap dan perilaku , pada umumnya pengaruh masa puber lebih banyak pada anak perempuan di bandingkan anak laki-laki karena anak perempuan lebih cepat matang daripada anak laki-laki dan karena banyak hambatan-hambatan social mulai di tekankan pada perilaku anak perempuan justru pada saat anak perempuan mencoba membebaskan diri.

Akibat Kematangan Yang Menyimpang
Anak puber yang kematangannya menyimpang mengalami bahwa proses kematangan organ-organ seksnya menyimpang selana satu tahun atau lebih dari yang normal.
Kalau anak memerlukan waktu yang normal intuk menyelesaikan proses kematangannya,anak itu disebut sebagai anak yang “cepat matang”(rapit maturers),sedangkan anak yang memerlukan waktu lebih lama dari waktu yang normal disebut ”lamban matang”(slow maturers).













Reaksi:

3 komentar: