Thursday, April 29, 2010

Tulang Takteratur

Secara umum tulang takteratur sama dengan tulang pipih.
Tulang tersusun atas sel , matriks protein dan deposit mineral. Sel-selnya terdiri atas tiga jenis yaitu osteoblas, osteosit dan osteoklas. Osteoblas berfungsi dalam pembentukan tulang dengan mensekresikan matriks tulang. Osteosit adalah sel dewasa yang terlibat dalam pemeliharaan fungsi tulang dan terletak dalam osteon (unit matrik tulang). Osteoklas adalah sel multinuclear yang berperan dalam penghancuran, resorpsi dan remodeling tulang.
Ditengah osteon terdapat kapiler. Disekeliling kapiler tersebut merupakan matriks tulang yang dinamakan lamella. Di dalam lamella terdapat osteosit, yang memperoleh nutrisi melalui prosesus yang berlanjut kedalam kanalikuli yang halus (kanal yang menghubungkan dengan pembuluh darah yang terletak sejauh kurang dari 0,1 mm).
Matriks merupakan kerangka dimana garam-garam mineral anorganik ditimbun.
Tulang diselimuti oleh periosteum yang merupakan membran fibrus padat sebagai pemberi nutrisi untuk pertumbuhan tulang, tempat perlekatan tendon dan ligament. Periosteum mengandung saraf, pembuluh darah dan limfatik. Endosteum adalah membrane vaskuler tipis yang menutupi rongga sumsum tulang panjang dan rongga-rongga dalam tulang kanselus.
Sumsum tulang merupakan jaringan vaskuler dalam rongga sumsum (batang) tulang panjang dan dalam tulang pipih. Sumsum tulang merah yang terutama terletak di sternum, ilium, vertebra dan rusuk pada orang dewasa, bertanggung jawab pada produksi sel darah merah dan putih.

1 comments:

Tejase said...

Wah ilmu kedokteran banget penjelasan nya he.he.he