Minggu, 10 Januari 2010

Pengertian Mikrotubulus

Mikrotubulus adalah salah satu bagian dasar dari sitosKeleton, yang tersusun dari berbagai mikrotubulin. Dalam pengertian lain, mikrotubulus adalah rantai protein yang berbentuk spiral, spiral ini membentuk tabung berlubang. Mikrotubulus tersusun atas bola-bola molekul yang disebut tubulin. Mirotubulus merupakan serabut penyusun situskeleton terbesar. Mikrotubulus terdapat banyak sepanjang sel saraf. Mikrotubulus ini misalnya ditemukan pada silia dan flagela.

Mikrotubulus berbentuk lurus, batangnya berongga, diameter 25 mm dan panjangnya mulai dari 2000 mm sampai 25mm . Dinding dari tube berongga di bangun dari protein-protein globular yang disebut tubulin . Mikrotubulus ditemukan dalam sitoplasma pada semua tipe sel eukariotik. Pada beberapa sel, radiate (pancaran serabut halus) mereka muncul dari suatu sentrom (disebut Microtubule Organizing Center) merupakan suatu massa (kumpulan) yang berlokasi di dekat nukleus.

Mikrotubulus yang berasal dari pusat ini memiliki balok-balok penopang yang kuat untuk menopang bentuk sel. Ditinjau dari segi strategis posisi gelendong-gelendong mikrotubulus berlokasi dekat membran plasma guna menguatkan bentuk sel. Sementara pembentuk dan pendukung sel, mikrotubulus juga melayani sebagai jalur pergerakan organel-organel didalam sel. Contoh: mikrotubulus memungkinkan menolong dalam memberikan petunjuk Vesicle sekretori dari golgi apparatus ke membran plasma.

Didalam sentrosom sel hewan dan sepasang sentriol. Masing-masing sentriol dibangun dari 9 sel triplet mikrotubulus yang tersusun dalam bentuk cincin. Bila suatu sel membelah sentriol mengadakan replikasi (penggandaan). Meskipun sentriol-sentriol menolong dalam proses perakitan mikrotubulus, sentriol tidak bersifat perintah terhadap fungsi ini pada semua tipe sel eukariotik, sentrosom pada sel tumbuhan sama sekali kurang atau tidak memiliki sentriol.

Reaksi:

0 komentar: