Minggu, 10 Januari 2010

Jaringan Dewasa

Jaringan dewasa ialah jaringan yang sudah tidak aktip membelah.Macam jaringan dewasa yaitu:
1.Jaringan epidermis adalah jaringan yang menutupiu atau melapisi organ tumbuhan, seperti akar, batang, dan daun. Jaringan epidermis juga melapisi permukaan buah dan dan biji.Ciri-cirijaringan epidermis adalah: Tersusun rapat tanpa ruang antar sel, jaringan paling luar pada setiap organ tumbuhan, bentuknya pipih dan persegi panjang, dapat berkembang menjadi alat tambahan atau devirat, dilapisi kutikula, tidak mengandung klorofil, transparan, terdiri hanya satu baris sel. Fungsinya untuk melindungi jaringan yang ada dibawahnya.

2.Jaringan dasar(parenkhim).Letaknya dibeberapa organ. Mempunyai ciri yaitu:tersusun tidak rapat dengan ruang antar sel, mempunyai banyak vakuola, mempunyai protoplas yang kompleks, diantara sel-sel parenkhim ada yang berukuran besar dan mempunyai plastida, mengandung klorofil, umumnya berbentuk segienam, berfungsisebagai jaringan fotosintesis, jaringan parenkhim terdapat dibagian tumbukan yaitu :daun,akarbatang dan daging buah. Dinding sel tipis.

3.Sklerenkhim, terdiri dari serabut dan sklenoid(sel batu).Sebagai jaringan penguat sklerenkhim mengalami penebalan sekunder dari ligninatau senyawa lain sehingga bersifat keras dan kaku.

4. Kolenkhim mempunyai ciri-ciri yaitudinding sudutnya mengalami penebalan selulosa, jaringan kolenkhim mempunyai protoplasma tidak mempunyai dinding sekunder,adanya sel primer yangberdinding sel tebal dan tidak berlignin,terdiri atas sel-sel berbentuk pendek membulat.

5.. Jaringan pengangkut adalah jaringan yang berfungsi untuk mengangkut zat-zat yang dibutuhkan atau mengangkut hasil transportasi

Reaksi:

0 komentar: