Kumpulan Tilawatil Quran H.Muammar ZA dkk

Ingat jaman-jaman kecil dulu, anda pasti mengenal qori termasyhur pada era itu, ya Ustad H.Muammar ZA, kali ini saya ingin berbagi file ngaji atau tilawatil quran yang beliau baca dengan teman duetnya Ustad Chumaidi, Filenya ada beberapa..silahkan anda download

Tips Pola Tidur Bayi yang Baik

Pola hidup bayi sangat mempengaruhi pola hidup orangtuannya, oleh karena itu orang tua bisa mengajarkan bahwa malam hari adalah waktu tidur , dengan mempraktekan petunjuk berikut

Sang Pencerah : Anda Akan Kemana di Masa Muda Ini?

Ketika usia menginjak dewasa, mungkin ketakutan akan terjadi pada sebagian orang, ketakutan kalau tidak bisa melewatinya dengan benar. Tumbuh besar menjadi seorang remaja yang dewasa memerlukan berbagai tempaan dan kesabaran

Kumpulan Ceramah Ustad Abu Syauqi

Ustad Abu Syauqi, adalah seorang pendiri Rumah Zakat yang terkenal di Bandung, lewat blog ini saya ingin berbagi file ceramah yang beliau sampaikan beberapa tahun lalu yang saya dapatkan secara online di situs 4 share.com Ukuran seluruh file ceramah ini mencapai 600 MB, jadi bersabar yah untuk mendownloadnya

Kumpulan Leaflet Keperawatan/Kebidanan

Bagi Anda Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan, Berikut kumpulan Leaflet yang biasanya jadi sarana promosi kesehatan kepada masyarakat..

Rabu, 30 September 2009

Contoh Surat Peminjaman Alat Laboratorium

HIMA Jalaweta
Himpunan Mahasiswa MIPA
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Jekarta
-----------------------------------------------------------------------------------
No : 04/I/Div.IPTEK/jalaweta/2009
Perihal : Kunjungan Lab.(Penjelasan Alat)
Lampiran : -


Kepada Yth,
Ketua Program S1 Kimia Universitas Jekarta
Di tempat


Dengan hormat,
Sehubungan dengan diadakannya Seminar Kimia  2009, yang akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Kamis, 1 Oktober 2009
Waktu             : 14.00 WIB s.d. Selesai
Tempat           : Kampus Universitas Jekarta
                           Jl. Selamba Jekarta
Untuk kelancaran kegiatan tersebut, kami bermaksud untuk meminjam Lab. penelitian. Kami mengharapkan bantuan dan kerjasamanya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Ketua Pelaksana                                                  Sekretaris 


Jeremy Thomas                                             Quenisa Azril
NIM : 090909                                     NIM. 08080808





Menyetujui,

Ketua Program S1 Kimia
UNIVERSITAS JEKARTA



Dr. SULAEMAN BAHRSAH
NIP . 222.333.999.000


Pertanyaan Seputar Titik Beku

Penurunan Titik Beku
Kita tahu bahwa air murni membeku pada suhu 0oC, dengan adanya zat terlarut misalnya saja kita tambahkan gula ke dalam air tersebut maka titik beku larutan ini tidak akan sama dengan 0oC, melainkan akan turun dibawah 0oC, inilah yang dimaksud sebagai “penurunan titik beku”.
1. Bagaimana titik beku larutan dibandingkan dengan titik beku pelarut murni?
2. Apakah zat terlarut menahan pelarut agar tidak membeku?
3. Bagaimana pengaruh kemolalan zat terlarut terhadap:
a) titik beku larutan?
b) Penurunan titik beku larutan?

Jawaban:
Penurunan Titik Beku
1. Membeku merupakan perubahan dari fase cair ke padat. Titik beku adalah suhu dimana tekanan uap cairan sama dengan tekanan uap padatannya. Titik beku larutan lebih rendah daripada titik beku pelarut murni. Hal ini disebabkan zat pelarutnya harus membeku terlebih dahulu, baru zat terlarutnya. Jadi larutan akan membeku lebih lama daripada pelarut. Setiap larutan memiliki titik beku yang berbeda.

2. Apabila ke dalam air murni kita larutkan garam dan kemudian suhunya kita turunkan sedikit demi sedikit, maka dengan berjalannya waktu pendinginan maka perlahan-lahan sebagian larutan akan berubah menjadi fasa padat hingga pada suhu tertentu akan berubah menjadi fasa padat secara keseluruhan. Pada umumnya zat terlarut lebih suka berada pada fasa cair dibandingkan dengan fasa padat, akibatnya pada saat proses pendinginan berlangsung larutan akan mempertahankan fasanya dalam keadaan cair, sebab secara energi larutan lebih suka berada pada fasa cair dibandingkan dengan fasa padat, hal ini menyebabkan potensial kimia pelarut dalam fasa cair akan lebih rendah (turun) sedangkan potesnsial kimia pelarut dalam fasa padat tidak terpengaruh. Maka akan lebih banyak energi yang diperlukan untuk mengubah larutan menjadi fasa padat karena titik bekunya menjadi lebih rendah dibandingkan dengan pelarut murninya. Inilah sebab mengapa adanya zat terlarut akan menurunkan titk beku larutannya.

3. Pengaruh kemolalan urea terhadap :
a) Titik beku larutan
Semakin tinggi kemolalan urea, semakin rendah titik bekunya
b) Penurunan titik beku larutan
Semakin tinggi kemolalan maka semakin besar perbedaan penurunan titik beku karena
kemolalan sebanding dengan penurunan titik beku.
(dari berbagai sumber)

Tips dan Cara-Cara Menghadapi Gempa

Ada Gempa.....Ada gempa, semua sembunyi dikolong meja kata Pak Guru!!he2x...inget ga jaman dulu SD....
Berikut tips agar kita selalu siap menghadapi gempa :
1. Jauhi benda-benda di sekitarmu yang bisa jatuh/runtuh saat terjadi gempa
2. Bersembunyilah ditempat, bila gedung sekolah rumah/sekolah runtuh dan hindari berada berada di tengah ruangan besar.
3. Lindungi kepala dan wajah dari benturan benda-benda keras dengan benda-benda yang ada disekitarmu misalnya tas, tumpuan buku, bantal dan helm
4. Usahakan segera keluar dari gedung lewat pintu jalan yang aman dan kenali pintu-pintu dan letak tangga darurat, pastikan pintu itu bisa dibuka kapan saja. Jangan keluar lewat lift, bisa jadi lift mati ditengah-tengah..nah loh...
5. Kenali tempat-tempat yang aman untuk mengungsi bila terjadi gempa dan tsunami, tempat yang aman adalah yang jauh dari pantai, jauh dari tebing-tebing dan pohon-pohon besar. Tempat yang berteduh paling aman adalah tenda
6. Kenali alam disekitarmu, apakah sering terjadi gempa? kalau pernah kapan periodenya
7. Apabila terpisah dari orang tua, bersikaplah tenang dan tetaplah berkumpul di pengungsian, karena orangtuamu akan segera mencarimu . Katakan pada orang yang kamu kenal, bahwa kamu terpisah dengan orang tuamu
sumber : koran Tribun Jabar 28/9/09


Cara lain mempercepat browser Modzilla Firefox

Mungkin anda telah menemukan banyak tips diinternet bagaimana mempercepat koneksi internet dengan membuat settingan di browser, salah satu browser yang gampang diutak-atik scriptnya adalah modzilla firefox, berikut ini saya akan berikan tips lain untuk mempercepat browser firefox ini :
Jika kita sering melakukan browsing, firefox ternyata menyimpan history kita kedalam database dan database tersebut bisa menyebabkan lambatnya proses startup firefox.
Untuk mengatasi hal itu anda dapat menggunakan add-ons yang bernama Vacuum.
Add-ons Vacuum berfungsi untuk “merapikan” file database firefox sehingga bisa mengoptimalkan kecepatan firefox saat melakukan loading.
Download dan install add-ons tersebut dan anda bisa merasakan perubahannya.

Untuk Download add-ons Vacuum kunjungi link berikut:
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/13878


Gempa di Padang - 7,6 Skala Richter

Subhanallah, Gempa lagi....lebih besar dari kejadian di Jawa Barat kemarin, barusan saya melihat acara di TV one, begitu dahsyatnya gempa tersebut berikut petikan berita yang saya ambil dari yahoo news:

Gempa 7,6 skala richter (SR) yang mengguncang Padang, Sumbar dan sekitarnya berimbas juga ke warga Jakarta. Walau tidak merasakan goyangan gempa, tetapi mereka sangat khawatir akan nasib keluarga mereka di sana.

"Tidak ada yang bisa ditelepon," kata Meli (28), warga Ciputat, Tangerang yang keluarga besarnya tinggal di Padang Pariaman, melalui telepon, Rabu (30/9/2009).

Saat gempa terjadi, dia langsung mencoba mengontak kerabatnya. Tapi yang didapat telepon mengalami gangguan. "Kami sekeluarga di Jakarta berharap tidak terjadi apa-apa di sana, semuanya selamat," terangnya.

Bukan hanya Meli, Atqa pun demikian. Warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini pun kontan panik saat mendengar gempa besar terjadi di Padang.

"Saya sudah kontak keluarga di sana, tapi tidak ada yang bisa. Semoga semuanya baik-baik saja," terang Atqa.

Seperti diketahui kini kondisi di Padang masih dilakukan evakuasi. Ada sebagian rumah dan bangunan yang rusak. Listrik pun padam sehingga warga mencekam.

Ya Allah ampuni hamba-hambamu ini....semoga korban bencana diberikan kesabaran dan ketawakalan ...



Contoh Tata Tertib Praktikum

TATA TERTIB

1.1 Peserta harus hadir 15 menit sebelum waktu praktikum yang ditetapkan dimulai dengan mengisi daftar hadir, dan bagi yang terlambat tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan tidak diperkenankan mengikuti acara praktikum.

1.2 Peserta harus menggunakan pakaian praktikum yang bersih dan rapi dan harus tetap menjaga ketertiban dan kesopanan selama acara praktikum berlangsung.

1.3 Sebelum acara praltikum dimulai, peserta harus sudah siap membaca petunjuk praktikum yang selalu dibawa setiap acara praktikum.

1.4 Alat-alat harus digunakan secara hati-hati, dan kerusakan adalah tanggung jawab praktikan secara individual atau secara kelompok.

1.5 Penggunaan bahan kimia yang berbahaya harus hati-hati dan ikuti petunjuk yang disiapkan untuk itu, dan kalau ragu-ragu minta bimbingan asisten.

1.6 Selesai acara praktikum, laporan hasil pelaksanaan praktikum harus ditunjukkan kepada pengawas praktikum untuk disahkan

1.7 Semua alat-alat yang digunakan dalam acara praktikum dibersihkan dan disusun kembali pada tempatnya secara rapi kecuali pengawas praktikum memberikan instruksi lain.

1.8 Acara praktikum harus sudah selesai 5 menit sebelum batas waktu praktikum berakhir dan menandatangani absen kembali.
(sumber: Tata tertib praktikum biokimia-Kimia Unpad)


Tips mempercepat Modem paket Smart ZTE

Smart mungkin telah mencuri hati para pengguna internet di Indonesia karena harganya yang sangat terjangkau dan kuliatasnya yang ga kalah hebat dengan operator lain yang sudah mapan, Tapi kalo anda menggunakan paket regular dengan handphone seperti paket bundling dengan ZTE tanpa anda utak-atik, saya yakin ...anda akan sedikit mengeluh, karena koneksinya yang lambat.
Berikut ini saya akan kasih tips bagaimana mempercepat koneksi modem zte paket regular anda :
1. Masalah Browser, dari percobaan yang pernah saya buat, Safari Browser terbukti lebih cepat, jadi saya menyarankan anda menggunakan browser dari apple ini, untuk download klik disini

2. Jangan gunakan driver bawaannya, coba anda cari update terbaru softwarenya di google, setelah saya menggunakan driver terbaru koneksinya terbukti lebih cepat

3. Pake No.Dial Up lain, yang saya pakai punyanya Flexi 080989999, untuk password dan user tetep sama, hanya no dial-up nya yang berubah dari #777 menjadi dial-up flexy

4. Pake Alamat DNS, silahkan anda cari tutorialnya di google.

5. Letakkan HP dekat antena TV dan yang lainnya, ini cukup membantu untuk memperkuat signal..
Nah sekian dulu deh tipsnya, selamat ,mencoba




Tanda dan Gejala Umum Ketoasidosis Diabetikum

Berikut tanda-tandanya :
- Tenaga semakin berkurang
- Rasa haus berlebihan
- Hiperpnea (pernafasan kusmaul) jika asidosis makin berat
- Nyeri epigastrium
- Nausea dan vomitus 
- Dehidrasi
- Nafas bau keton hipotensi arterial
- Nadi cepat dan lemah
- Apatis dan jatuh dalam koma

Tiga gangguan fisiologis utama pada KD:

- Hiperosmolaritas, karena hiperglikemia
- Asidosis Metabolik, karena akumulasi asam keton
- Penipisan volume, karena diuresis osmotic

Sumber : catatan Kuliah



Program Imunisasi Lain Yang Dianjurkan

1. Vaksin Hib 
Melindungi bayi dan balita dari serangan meningitis, pneumonia dan epiglotisis
2. Pneumokokus (PCV)
Melindungi bayi dan balita anda dari penyakit Invasive Pneumonocal Disease yang disebabkan oleh bakteri streptococcus pneumonia yang menyebar melalui darah dan bersifat merusak (invasive). Jenis penyakit yang tergolong IPD : radang paru berat dan radang selaput otak (meningitis)
3. Influenza
Melindungi bayi dan anak-anak dari kemungkinan terkena flu berat
4. MMR
melindungi batita dan anak-anak dari campak, beguk dan rubella (campak jerman)
5. Tifoid
melindungi batita dan anak-anak dari penyakit tifus
6. Hepatitis A
Melindungi batita dan anak-anak dari penyakit hepatitis A
7. varicella
Melindungi anak-anak dari penyakit cacar air
8. HPV
melindungi anak-anak perempuan dari infeksi Human Papiloma Virus-penyebab kanker serviks.
Sumber : Majalah anak (langkah-langkah simungil)



Perkembangan fisik anak Usia 1-12 bulan

Perkembangan fisik anak Usia 1-12 bulan yaitu :
1. Dapat mengangkat kepala sedikit saat diletakkan dalam posisi tengkurap
2. Menendang-nendang tangan dan kaki ke udara
3. Peningkatan kontrol leher dan dapat menopang berat kepalanya. Beberapa gerakan refleks awal mulai menghilang
4. Mulai dapat bergerak-gerak didalam boksnya. Gerakan kaki menjadi lebih kuat saat menendang
5. dapat duduk tegak saat disangga. Berguling-guling tanpa bantuan
6. Genggamannya mengencang dan tidak mau dilepaskan. Mendorong kaki dengan kuat pada permukaan keras
7. Menggunakan kedua tangan dengan baik dan dapat memindahkan barang dari tangan satu ketangan yang lainnya. Mencoba makan sendiri dengan memasukkan ke mulut dengan jari.
Sumber :Majalah anak : Langkah-langkah si mungil


Contoh Soal Ujian Mata Pelajaran PAI untuk Kelas 1 SD - Pendidikan Agama Islam

ULANGAN AKHIR SEMESTER II
SEKOLAH DASAR LEBAK BUL
TAHUN PELAJARAN 2008 – 2009

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : I (Satu)
Hari / tanggal : Senin / 8 Juni 2009
Waktu : 90 Menit
________________________________________

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c pada jawaban yang paling benar !

1. Ayat ketiga surah al – kausar adalah inna syaniaka…………….
a. Huwal abtar
b wanhar
c. fasalli

2. Adalah permulaan surah………………….

a. al- kausar
b. an-nasr
c. al – asr

3. termasuk surah………………

a. al-‘asr
b. al-kausar
c. an-nasr

4. adalah syahadat……………..

a. Rasul
b. tauhid
c. kitab

5. adalah syahadat………………

a. Kitab
b. tauhid
c. rasul

6. Kita beribadah dan berdoa hanya kepada………………….
a. Allah
b. malaikat
c. nabi

7. Muhammad adalah nabi……………………..
a. Pertama
b. terakhir
c. kedua




8. Orang islam mengikuti perilaku nabi Muhammad yang…………….
a. Jahat
b. kejam
c. mulia

9. Untuk mencapai cita – cita kita harus rajin…………………………
a. Bermain
b. menangis
c. belajar

10. Turut menyumbang korban bencana alam termasuk…………………..
a. Menolong
b. bertengkar
c. pelit

11. Pekerjaan ini adalah termasuk anak yang rajin membantu orang tua
a. Mencuci piring
b. bermain
c. tidur

12. Sebelum makan mencuci …………….terlebih dahulu
a. Kaki
b. pakaian
c. Tangan

13. Anak yang berdoa sebelum belajar akan mudah………….pelajaran
a. Paham
b. lupa
c. bingung

14. Robbi zidni ‘ilma adalah doa sebelum………………
a. tidur
b. makan
c. belajar

15. Niat wudu dibaca ketika membasuh …………………..
a. muka
b. kaki
c. rambut


II. isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Saat membasuh kedua tangan mendahulukan tangan sebelah……………
2. Rajin pangkal………………………..
3. Makan menggunakan tangan sebelah…………………….
4. Terhadap teman yang sakit kita harus……………………..
5. Membaca syahadat termasuk rukun……………………….

Pengumuman & Hasil CPNS Depdag- Departemen Perdagangan 2009

Hasil ujian tulis CPNS Depdag yang meliputi tes :
1. Tes Pengetahuan Umum
2. Tes Bakat Skolastik
3. Tes Bahasa Inggris
4. Tes Substantif

Bisa ada lihat Disini Sok atuh diklik
Siapa tahu, anda, saudara atau saya sendiri masuk jadi Abdi Negara


Senin, 28 September 2009

Tentang Marah, Tanda-tanda dan Kerugiannya

A. Pengertian
Marah merupakan perasaan jengkel yang timbul sebagai respon kecemasan yang dirasakan sebagai ancaman (sundeen, 1995)

B. Macam – Macam Marah
1. Marah yang tidak konstruktif
Adalah dimana seseorang tidak dapat mengemukakan pendapat / mengekspresikan rasa tidak senangnya dengan menyakiti orang lain, dengan cara : diam / memendam sendiri, mencoba kamuflase, perilaku kasar, bicara kasar dan membantah disertai kekerasan.
2. Marah yang konstruktif
Adalah dimana seseorang dapat mengemukakan pendapat / mengekspresikan rasa tidak senang atau tidak setuju tanpa menyakiti, dengan cara : bicara jelas, tegas, tidak mengancam, kontak mata tapi tidak menimbulkan masalah baru dan relaks.

C. Tanda – Tanda Marah
1. Secara Fisik
Muka merah, pandangan tajam, nafas pendek, keluar keringat dan tekanan darah meningkat.
2. Secara Emosional
Merasa terganggu, menentang, jengkel,dendam, meremehkan, dan merasa kuat.
3. Secara Social
Perilaku keras, ejekan atau humor yang tidak konsruktif, penolakan atau menarik diri..
4. Kognitif
Mendominasi, bawel, cerewet,sarkasme, berdebat dan meremehkan
5. Secara Spiritual
Ingin menang sendiri, tidak bermoral dan atau kreatifitas terhambat.

D. Kerugian Marah Yang Tidak Sehat
1. Perasaan tidak tenang.
2. Keadaan diri sendiri / lingkungan menjadi tidak menyenangkan.
3. Merasa lelah.
4. Habis energi.
5. Orang lain menjadi sakit hati.
6. Banyak musuh.
7. Tidak punya teman.
8. Merugikan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.

E. Manfaat Mengungkapkan Marah Secara Konstruktif
1. Masalah terselesaikan.
2. Beban pikiran berkurang.
3. Kegiatan sehari – hari tidak terganggu.
4. Tidak merugikan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
5. Banyak teman.
6. Tidak menyakiti orang lain dan energi tidak habis dengan percuma.

F. Cara Mengungkapkan Marah Yang Konstruktif
1. Secara Fisik
Menyalurkan energi kemarahan melalui aktifitas fisik seperti berolah raga, bekerja atau memukul – mukul bantal.
2. Secara Emosional
Mencari ketenangan dan menghindari sumber penyebab marah.
3. Secara Social
Menceritakan pada orang yang dapat di percaya atau dengan berpartisifasi dalam kegiatan orang lain.
4. Secara Lisan
Secara asertif mengungkapkan kemarahan / kekesalan secara baik – baik terhadap orang yang bersangkutan.
5. Secara Spiritual
Dengan berdoa dan mengadu pada Tuhan serta melaksanakan kegiatan ibadah seperti mengaji dan sholat.

DAFTAR PUSTAKA

Ana Budi Keliat, 1991. Marah Akibat Penyakit Yang Diderita. Jakarta : EGC
Sundeen, Stuart. 1998. Keperawatan Jiwa. Edisi III. Jakarta : EGC.


Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja-Berhati-hatilah

Keterangan ini ambil saya dari majalah karir-up, Dewasa ini marak sekali penipuan lowongan kerja, apapun jenisnya, pasti ada disemua bidang tak terkecuali untuk bidang perekrutan karyawan. Kalau boleh mengambil istilah "sudah jatuh tertimpa tangga pula", istilah ini cocok sekali diberikan kepada para pencari kerja yang menjadi korban penipuan perusahaan-perusahaan dan orang-orang yang tidak bertanggung jawab ini.

Bisa dibayangkan, para pengangguran ini berharap lamaran yang mereka masukkan ke perusahaan bisa memberikan mereka kesempatan untuk mendapatkan kehidupan , tapi tidak sedikit dari mereka yang menjadi korban penipuan ini pada akhirnya kehilangan uang yang tidak sedikit namun tetap tidak memperoleh pekerjaan yang mereka harapkan.

Jenis-jenis penipuan dengan modus Loker sudah marak sejak lama. Selain harus waspada dengan penipuan yang mengiming-ngimingi kerja diluar negeri, anda juga harus waspada dengan penipuan yang mengimingi-ngimingi mereka kerja diluar negeri, anda juga harus waspada dengan penipuan yang bergerak diseputar masalah investasi dan MLM. Penipuan yang mereka lakukan biasanya berkedok Loker dengan berbagai macam posisi.
Umumnya posisi yang ditawarkan: Account Executive, Management Trainee, Business&Development, Brand Manager, Admin, Presenter,dsb. Iklan di koran-koran dalam bentuk iklan baris maupun kolom besar yang memuat lowongan palsu biasanya yang membuka puluhan posisi, misalnya 30 staff gudang, 25 staff accounting, 15 staf EDP. Bagi yang cermat, pasti bisa menyimpulkan langsung bahwa ini penipuan. Perusahaan mana yang butuh staff akunting langsung dalam jumlah sebanyak itu. Perusahaan yang baru berdiri pun belum tentu membutuhkan staff sekaligus dalam jumlah banyak.

Lalu Bagaimana anda mengenali bentuk penipuan lowongan kerja ini
Hal yang harus diperhatikan ketika melihat lowongan kerja atau mendapatkan tawaran untuk wawancara dari perusahaan yang belum anda kenal :
1. Nama perusahaan harus jelas, jika perlu anda harus meyakinkan diri anda bahwa perusahaan tersebut mempunyai reputasi yang baik, caranya anda bisa datangi DInas tenaga kerja atau searching di internet.
2. Kualifikasi yang disebutkan harus sesuai dengan posisi yang ditawarkan.
3. Jika tidak ada alamat dan profil perusahaan, alamat email yang dicantumkan harus jelas dan tidak menggunakan email gratisan dari yahoo, gmail, lycos , hotmail, dll
4. Jika yang dicantumkan pada iklan hanya salah satu yang ada (misal hanya ada no telpon atau alamat) maka segera telpon atau datangi alamat tersebut. Jika tidak ada yang mengangkat/mencurigakan atau tidak ada alamat tersebut berarti perusahaan itu palsu
5. Waspada pada alamat PO BOX atau kotak pos. bagi pengguna pos surat, nama, alamat dan nomor telepon serta kotak perusahaan harus lengkap.



Tips Mempercepat Booting Windows Xp anda

Ada banyak sekali cara untuk mempercepat windows xp anda salah satunya akan saya terangkan sebagai berikut ;
1. klik Menu start pilih Run>ketik Msconfig
2. keluar Kotak Dialog
3. Pilih Startup
4. kemudian hilangkan checklist, program-program yang anda anggap tidak perlu
5. Kemudian Ok dan restarlah

adapun cara-cara lain adalah sbb (sumber finderonly.com):
Mungkin anda pernah mengalami booting windows yang sangat lambat
Berikut langkah-langkahnya agar booting windows anda menjadi lebih cepat :
Langkah 1 :
Buka aplikasi notepad
Ketikkan “del c:\windows\prefetch\ntosboot-*.*/q” (Tanpa tanda kutip )
dan save as dengan nama ntosboot.bat dalam drive c:\
Langkah 2 :
Lalu klik menu Start–>Run–> dan ketikkan gpedit.msc
Langkah 3 :
Klik Computer Configuration–>Windows Settings–>Script–>lalu klik 2 kali pada Shutdown
Langkah 4 :
Dalam Windows Shutdown Properties klik add lalu browse. lalu cari letak file ntosboot.bat yang anda buat tadi dan klik open
Langkah 5 :
Lalu klik OK ,Apply dan OK sekali lagi untuk menyelesaikannya
Langkah 6 :
Lalu klik menu Start–>Run–> dan devmgmt.msc
nnel ( Klik 2 kali untuk membuka properties )
Ulangi seperti Langkah 8
Langkah 10 :
Restart Komputer anda dan anda bisa lihat perubahannya.

Langkah 7 :
Klik IDE ATA/ATAPI controllers–>Primary IDE Channel ( Klik 2 kali untuk membuka properties )
Langkah 8 :
Pilih Advanced Settings
Pada Device 0 atau Device 1
Ganti Device Type menjadi None ( Ganti saja pilihan Device Type yang tidak terkunci )
Langkah 9 :
Klik IDE ATA/ATAPI controllers–>Secondary IDE Cha


Mengenali Tangisan bayi dan Artinya

Sebenernya saya yakin semua orang akan tahu tentang hal ini, tapi ada yang menarik yang ingin saya ungkap disini, bahwa disisi kesuciannya seorang bayi baru lahir, mempunyai keistimewaan yang luar biasa.
Kalau saya perhatikan ada dua tipe bayi nangis :

1. Nangis dan keluar air mata
2. Nangis dan tidak keluar air mata

Arti nangis yang pertama sangat mudah untuk ditebak, bayi kalo nangis seperti ini biasanya lapar, pipis, BAB atau ada yang sakit dibadannya, nah berbeda dengan bunyi tangisan yang kedua yang nangis tapi ga ada air matanya, menurut cerita orang-orang yang saya dapatkan, konon katanya kalau bayi nangisnya seperti itu, dia sedang melihat sesuatu yang ghaib dan diluar nalar orang-orang biasa seperti kita.
Tapi bukan berarti Indigo loh, karena kalo anak anda seorang Indiigo, keadaan dan kemampuan dia melihat benda-benda ghaib akan terus terjaga dan terus meningkat sensitifitas....ini hanya share..barangkali ada yang ingin menambahkan...monggo kasih komentar



Tentang Budaya Politik Parokial dan Partisipan

Pengertian Budaya Politik
Sikap orientasi warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya, dan sikap terhadap peranan warga negara di dalam sistem itu  ( G. A. Almond  dan  S. Verba )
Sikap dan  orientasi warga  suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan  negara  dan  politiknya  ( Mochtar Masoed dan Colin MacAndrews )
Sutu konsep yang  terdiri dari sikap, keyakinan, nilai - nilai dan ketrampilan  yang sedang  berlaku bagi seluruh  anggota masyarakat,  termasuk pola - pola  kecenderungan  khusus serta pola - pola kebiasaan  yang  terdapat  pada kelompok - kelompok  dalam masyarakat  ( Almond  dan Powell )

Tipe budaya Politik :
Tipe parokial
( PAROCHIAL  POLITICAL  CULTURE )
Tipe budaya politik yang orientasi politik individu dan masyarakatnya masih sangat rendah.  Hanya terbatas pada satu wilayah atau lingkup yang kecil atau sempit.
Individu tidak mengharapkan apapun dari sistem politik.
Tidak ada peranan politik yang bersifat khas dan berdiri sendiri.
Biasanya terdapat pada masyarakat tradisional

Tipe Partisipan
(PARTICIPANT  POLITICAL  CULTURE )
Merupakan tipe budaya yang ideal.
Individu dan masyarakatnya telah mempunyai perhatian, kesadaran dan minat yang tinggi terhadap politik pemerintah.
Individu dan masyarakatnya mampu memainkan peran politik baik dalam proses input (berupa pemberian dukungan atau tuntutan terhadap sistem politik) maupun dalam proses output (melaksanakan, menilai dan mengkritik terhadap kebijakan dan keputusan politik pemerintah).




Rumus dan Cara Menghitung Edible Portion pada sayuran

Tidak semua bagian sayuran dan buah-buahan dapat dimakan untuk memperhitungkan jumlah bagian yang termakan dan yang terbuang dari sayuran dan buah-buahan perlu diketahui jumlah bagian yang biasa dimakan (edible portion)dari sayuran dan buah-buahan tersebut. Hal ini penting diketahui dalam perhitungan rendemen produksi hasil olahan sayuran dan buah-buahan. Caranya adalah dengan menimbang berat sayuran dan buah-buahan utuh, lalu pisahkan bagian yang biasa dimakan dengan yang tidak, kemudian timbang kembali bagian yang dapat dimakan, lalu hitung edible portionnya dengan rumus :
Edible Portion = W bagian yang daapt dimakan x 100 %
                               ------------------------------------------- 
                               W utuh sayuran

Dari hasil yang dipraktikumkan bahwa yang memilki portion terbesar adalah buncis pada sayuran dan jeruk pada buah-buahan. Jika dilihat seharusnya apel lebih besar daripada jeruk,hal ini dikarenakan pada praktikum kulit dari apel pun ikut dibuang

Percobaan terhadap Kacang Merah

Pada percobaan ini kacang yang digunakan adalah kacang merah . pengamatan yang dilakukakan antara lain :
a. Struktur dan sifat fisik
1. Struktur
Kacang merah memilki 3 lapisan yaitu epidermis,mesodermis,dan endodermis. Dapat dilhat dari irisan melintang dan irisan mebujur
2.Ukuran
Ukurannya pun lebih besar dibandingkan dengan beras, dilihat dari panjang, lebar dan tebalnya.
3. Warna dan Bentuk
Warna dari kacang ini adalah merah bercak-bercak dan bebentuk elips berlekuk. Sangat berbeda dengan beras yang mempunyai warna putih dan berbentuk panjang.
4. Berat dan Densitas kamba
Berat dari kacang merah ini 67,222 g/100 butir dan Densitas kambanya 61,626 g/m.
5. Rasio Pengembangan
Rasio pengembangan adalah panjang bahan setelah dimasak dibagi dengan panjang bahan awal. Rasio dari kacang merah ini adalah 17,14 / 16,982 = 1,009
6. Daya serap air
Pada kacang merah ini dilakukan perhitungan terhadap daya serap airnya.
Daya serap airnya adalah berat bahan setelah dimasak dikurangi berat awal dibagi dengan berat awal kacang merah. Daya serap airnya = (10,766-10,09) / 10,09 = 0,006
b. Pengaruh pemasakan terhadap mutu kacang merah
Pemasakan pun dapat berpengaruh terhadap mutu kacang yang dihasilkan. Ada yang membuat mutu dari kacang tersebut menjadi lebih baik ada pula yang membuat mutu kacang menjadi tidak lebih baik.
Jika dilihat dari lamanya pemasakan perlakuan dengan Ca(OH)2 0,2 % lah yang mempunyai waktu yang lama. Dari aromanya pun yang tidak beraroma adalah dengan perlakuan Ca(OH)2 0,2 %, yang lainnya memilki aroma yang berbeda-beda.
Tekstur yang terjadi pun berbeda-beda. Dan daya pengelupas kulit hanya perlakuan dengan CH3COOH 0,2 % yang tidak ada



Tugas Kuliah Tentang SEREALIA

Serealia adalah buah dari rumput yang dibudidayakan, anggota dari famili Graminae. Tanaman serealia yang utama adalah : Gandum, Jagung, Padi, Barli, Oats, Rogge, Sorgum, jagung kaffir atau milo damn jewawut. Dari padi menjadi beras adanya proses penggilingan, yaitu pelepasan kulit biji dan bagian lain dari biji sehingga tinggal butiran beras. Untuk menilai mutu biji-bijan diperlukan proses grading. Agar mendapatkan mutu yang baik, maka ada kriteria mutu tersebut. Antara lain ditentukan oleh factor-faktor fisik seperti panjang, lebar, dan bentuk,
Dalam praktikum kali ini serealia yang akan diamati adalah beras. Pengamatan yang akan dilakukan :
1. Pengamatan sifak fisiknya dan organoleptik
Dari hasil pengamatan bahwa antara sesama beras pun mempunyai sifat fisik yang berbeda. Bahwa beras1 mempunyai ukuran yag lebih kecil daripada beras2 dilihat dari panjang dan tebalnya, walaupun jika dilihat dari lebarnya beras1 lebih lebar. Dan dari bentuknya beras1 lebih kecil dari beras2. Akan tetapi aroma yang dihasilkan beras1 lebih khas beras dibandingkan beras2. Walaupun ukuran dan bentuk beras1 lebih kecil. Dan warna beras putih lebih bening dibandingkan beras2. Oleh karena itu, jika dilihat dari kriteria mutu tersebut beras1 lebih baik daripada beras2.
2. Pengaruh pemasakan terhadap mutu beras.
Dari hasil pengamatan pada pH rendah mengalami pertambahan berat yang lebih kecil dibandingkan pada pH normal dan pH tinggi. Jika pHnya tinggi lama waktu pemasakan lebih lama dibandingkan jika pH rendah dan normal. Pada ph tinggi warna berasnya berubah menjadi kuning, sedangkan pada ph rendah dan normal warna beras tetap putih. Dan pada beras1 pada ph normal warnaya lebih putih dibandingkan beras2. Tekstur pada beras1 halus pada Ph rendah dan normal dan ph tinggi teksturnya halus. Sedangkan pada beras2 hanya berbeda pada ph normal, teksturnya kasar. Kepulenan suatu beras dapat pulen sekali jika pada ph rendah. Serta perubahan lain yang terjadi pada beras1 pada ph normal lebih cepat matang dibandingkan dengan beras2.
Jika dilihat bahwa perbedaan yang terjadi dari beras1 dan beras2 banyak terjadi pada ph normal. Jika pada ph rendah dan tinggi perubahan yang terjadi sama




Daftar Alat Nursing Kit

Contoh perlengkapan bagi perawat pemula:
1. Tas
2. Tensimeter GEA/Spigmed
3. Stetoskop Kenz
4. Pen Light
5. Term Digital
6. Reflek Hammer Segitiga
7. Pinset Anatomis
8. Pinset Cirurgis
9. Gunting Verban
10. Hand Scoon
11. Tong Spatel
12. Masker
13. Garputala

Contoh Proposal Penawaran Laboratorium Komputer

Proposal penawaran ini saya bagi menjadi 5 bagian, kalau anda ingin memodifikasinya anda bisa mendownloadnya via 4shared.com
1. Latar Belakang
2. Tujuan
3. Identifikasi Masalah
4. Nama Kegiatan
5. Piagam Kerjasama

Untuk Download Filenya..Klik Disini
Anda juga bisa merubah spesifikasi komputer untuk jaringan yang akan anda tawarkan.


Contoh kata pengantar skripsi/tugas akhir/tesis

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas kebaikan-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah Usulan Penelitian ini dengan baik. Usulan Penelitian yang berjudul “Perubahan kualitas sayur terhadap gizi anak” ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat untuk melaksanakan penelitian di Program Studi Teknologi Pangan, Jurusan Teknologi Industri Pangan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Universitas Padjadjaran.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Asep Hudaya, Ir., M.S., Ketua Komisi Pembimbing dan dosen wali yang telah membimbing penulis dalam menyusun Usulan Penelitian ini.
2. Guruh, S.T.P., M.Sc., Anggota Komisi Pembimbing atas saran, bimbingan, dan arahannya dalam penyusunan Usulan Penelitian ini.
3. Prof. Dr. Bima Mukti, Ir., S.U., Komisi Penelaah atas bimbingan dan arahannya untuk perbaikan Usulan Penelitian ini.
4. Elis gani, Ir., M.S., Komisi Penelaah atas bimbingan dan arahannya.
5. Jejen , Ir., M.S., Ketua Jurusan Teknologi Industri Pangan atas arahan dan dukungannya.
6. Orang tua, nenek, dan adik-adik penulis yang senantiasa menyalurkan semangat dan kasih sayang yang tiada henti kepada penulis.
7. Saudara-saudara penulis yang kehadirannya memberikan kesejukan dan senyumannya yang membuahkan optimisme pada penulis untuk terus maju menapaki jalan-jalan semangat dalam hidup ini.
8. Teman-teman angkatan 2004 atas kebersamaan dan dukungannya selama penulis menyelesaikan Usulan Penelitian.
Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran agar penulis dapat melakukan perbaikan terhadap makalah yang disusun ini. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat. Amiin.

Bandung, November 2008


Penulis


Contoh Surat Penawaran Brosur/Poster/leaflet/Spanduk

Nomor : 019.09/ HF/ Graf/ VII/ 2007 Bandung, 10 September 2007
Perihal : Penawaran Profil Sekolah

Jakarta, 29 September 2009
Kepada Yth.
Pimpinan
STIKes
Bima medika
Di Tempat



Dengan hormat,

Kami memperkenalkan diri, The One Desain&Printing, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang grafis multimedia, menawarkan sesuatu bentuk pengenalan perguruan tinggi/sekolah pada institusi yang Bapak/Ibu pimpin.

Setiap calon mahasiswa perlu mendapatkan informasi yang akurat sehingga mereka dapat memilih perguruan tinggi yang paling cocok dengan pilihan mereka, baik dari segi kualitas maupun finansial. Mempresentasikan keberadaan perguruan tinggi, program pendidikan, fasilitas, serta biaya pendidikan adalah hal yang diperlukan untuk memenangkan persaingan. Banyaknya pesaing menuntut perguruan tinggi untuk lebih cerdas dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Informasi yang selengkap-lengkapnya dan teknik presentasi yang menarik menjadi kunci utama dalam suatu kegiatan promosi.

Bentuk pengenalan perguruan tinggi/sekolah yang kami tawarkan adalah :
Brochur
Poster
Leaflet
Flyer
Spanduk

Kami berharap agar penawaran kami dapat dilanjutkan ke dalam suatu bentuk kerjasama yang tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak. Apabila Bapak/Ibu berminat, kami siap melakukan presentasi dan membicarakan detail selanjutnya. Terimakasih.


The One Desain&Printing


Jimi Asifa, S.T.
Marketing

Kamis, 24 September 2009

Hukum Melagukan Alquran

Keterangan ini saya ambil dari sebuah ebook, mudah-mudahan jadi pencerhan buat qita semua..kalau ada kesalahan, silahkan berikan komentar
Pembaca dan pendengar Al-Qur'an yang hatinya disibukkan dengan lagu dan sejenisnya -yang dapat mengakibatkan perubahan firman Allah, padahal kita diperintahkan untuk memperhatikannya sebenamya menghalangi hatinya dari apa yang dikehendaki Allah dalam kitab-Nya, memutuskannya dari pemahaman firman-Nya. Mahasuci firman Allah dari hal itu semua. Imam Ahmad melarang talhin dalam membaca Al-Qur'an, yaitu yang menyerupai lagu, beliau berkata : "Itu bid'ah.

Ibnu Katsir rahimahullah dalam Fadhaa 'ilul Qur'an mengatakan: "Sasaran yang diminta menurut syara' tiada lain yaitu memperindah suara yang dapat mendorong untuk merenungkan dan memahami Al-Qur'an yang mulia dengan khusyu', tunduk, dan patuh penuh ketaatan. Adapun suara-suara dengan lagu yang diada-adakan yang terdiri atas nada dan irama yang melalaikan, serta aturan musikal, maka Al-Qur'an adalah suci; dari hal ini dan tak layak jika dalam membacanya diperlakukan demikian." (Lihat kitab Fadhaa'ilul qur'an, oleh Ibnu Katsir, him. 125-126.)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan: "Irama-irama yang dilarang para ulama untuk membaca Al-Qur'an yaitu yang dapat memendekkan huruf yang panjang, memanjangkan yang pendek, menghidupkan huruf yang mati dan mematikan yang hidup. Mereka lakukan hal itu supaya sesuai dengan irama lagu-lagu yang merdu. Jika hal itu dapat mengubah aturan Al-Qur'an dan menjadikan harakat sebagai huruf, maka haram hukumnya. (Lihat Haasyiatu Muqaddimatit Tafsiir, oleh Ibnu Qaasim, him. 107.),...

Selasa, 22 September 2009

Cerita Gharaniq - Kesesatan Orang-orang kafir Tentang Alquran

Cerita ini biasanya digunakan oleh ahli-ahli non-Islam untuk mengatakan bahwa Al-Qur'an pernah tercemari oleh ayat-ayat setan. Haekal menjelaskan secara bagus didalam argumentasinya:

Kembalinya Mereka Yang Hijrah Ke Abisinia
KAUM Muslimin yang hijrah ke Abisinia tinggal selama tiga bulan di sana. Sementara itu Umar ibn'l-Khattab sudah pula masuk Islam. Setelah para pengungsi ini mengetahui bahwa pihak Quraisy sudah mulai surut dari mengganggu Muhammad dan pengikut-pengikutnya - setelah Umar masuk Islam - menurut sebuah sumber, banyak di antara mereka itu yang kembali, dan sumber lain mengatakan semua mereka itu kembali ke Mekah. Tetapi setelah mereka sampai di Mekah, ternyata pihak Quraisy kembali menyiksa kaum Muslimin, bahkan lebih keras lagi dari pada yang pernah dialami kaum pengungsi itu dulu. Sebahagian mereka ada yang kembali ke Abisinia, ada pula yang memasuki Mekah atau di dekat-dekatnya dengan sembunyi-sembunyi. Konon katanya, bahwa mereka yang kembali itu membawa pula sejumlah kaum Muslimin dan mereka ini tinggal di Abisinia sampai sesudah Hijrah dan sesudah keadaan Muslimin di Medinah jadi lebih stabil.

Apa pula motif yang mendorong kaum Muslimin di Abisinia itu kembali sesudah tiga bulan mereka tinggal di sana? Di sinilah munculnya cerita gharaniq itu yang dilangsir oleh Ibn Sa'd dalam At-Tabaqat'l-Kubra dan oleh At-Tabari dalam Tarikh'r-Rusul-wal-Muluk, yang juga sama dilangsir oleh ahli-ahli tafsir kalangan Muslimin dan penulis-penulis sejarah Nabi, dan lalu diambil pula oleh sekelompok Orientalis-orientalis yang dalam sekian lama oleh mereka tetap dipertahankan.


Gharaniq Yang Luhur
Adapun timbulnya cerita gharaniq itu ialah, setelah Muhammad melihat pihak Quraisy menjauhinya dan sahabat-sahabatnya di siksa. Ia berharap-harap sambil mengatakan: Coba aku tidak mendapat perintah apa-apa yang kiranya akan menjauhkan mereka dari aku. Ia mengumpulkan golongannya dan mereka bersama-sama pada suatu hari duduk-duduk dalam sebuah tempat pertemuan di sekitar Mekah. Kepada mereka dibacakannya Surah An-Najm sampai pada firman Allah: "Adakah kamu perhatikan Lat dan 'Uzza. Dan itu Manat, ketiga, yang terakhir?" (Qur'an, 53:19-20) Sesudah itu lalu dibacakannya pula: "Itu gharaniq yang luhur, perantaraannya sungguh dapat diharapkan."

Kemudian ia meneruskan membaca Surah itu seluruhnya sampai pada akhirnya ia sujud. Ketika itu semua orang ikut sujud, tak ada yang ketinggalan. Pihak Quraisy menyatakan kepuasannya atas apa yang telah dibaca Muhammad itu.

Kata mereka: "Kami tahu sudah bahwa Allah itu menghidupkan dan mematikan, menciptakan dan memberi rejeki. Tetapi dewa kami ini menjadi perantara kami kepadaNya. Kalau ternyata dia juga kauberi tempat, maka kamipun setuju dengan kau."

Dengan demikian hilanglah perselisihan dengan mereka itu. Peristiwa tersebut lalu tersebar di kalangan umum hingga sampai juga ke Abisinia. Pihak Muslimin lalu berkata: Di sana ada keluarga-keluarga dekat kami yang sangat kami cintai. Lalu merekapun pulang kembali. Apabila pada tengah hari mereka sampai ke dekat Mekah mereka bertemu dengan rombongan kafilah Kinana yang lalu dan rombongan itupun menjawab: Ia menyebutkan dewa-dewa mereka dengan baik dan merekapun lalu mengikutinya. Kemudian ia berbalik lagi mencela dewa-dewa mereka itu dan merekapun lalu memusuhinya lagi. Perbuatan mereka itu dibicarakan oleh pihak Muslimin. Tidak tahan lagi mereka ingin menemui keluarga, dan mereka lalu memasuki Mekah.

Sebabnya maka Muhammad berbalik tidak mau menyebutkan dewa-dewa Quraisy dengan baik - menurut beberapa sumber yang mencatat berita ini - ialah karena ia sudah tidak tahan atas ucapan Quraisy: "Kalau ternyata dewa-dewa kami juga kauberi tempat, maka kami pun setuju dengan kau," dan karena ketika dia sedang duduk-duduk di rumahnya hingga sore Jibril datang dan bertanya:

"Aku membawakan dua anak kalimat ini kepadamu?" dengan menunjuk kepada "Itu gharaniq yang luhur, perantaraannya dapat diharapkan."

Muhammad pun menjawab: "Aku mengatakan sesuatu yang tidak dikatakan oleh Allah."

Kemudian Allah mewahyukan:
"Dan hampir-hampir saja mereka itu menggoda kau tentang apa yang sudah Kami wahyukan kepadamu, supaya engkau mau atas nama Kami memalsukannya dengan yang lain."

"Ketika itulah mereka mengambil engkau menjadi kawan mereka. Dan kalaupun tidak Kami tabahkan hatimu, niscaya engkau hampir cenderung juga kepada mereka barang sedikit. Dalam hal ini, akan Kami timpakan kepadamu hukuman berlipat ganda, dalam hidup dan mati. Selanjutnya engkau tiada akan mempunyai penolong menghadapi Kami." (Qur'an 17:73-75)

Dengan begitu kembali ia memburuk-burukkan dewa-dewa Quraisy itu, dan Quraisypun kembali lagi memusuhinya dan mengganggu sahabat-sahabatnya.

Orientalis-Orientalis Bertahan Pada Cerita Ini
Demikianlah cerita gharaniq ini, yang bukan seorang saja dari penulis-penulis biografi Nabi yang menceritakannya, demikian juga ahli-ahli tafsir turut menyebutkan, dan tidak sedikit pula kalangan Orientalis yang memang sudah sekian lama mau bertahan. Jelas sekali dalam cerita ini ada kontradiksi. Dengan sedikit pengamatan saja hal ini sudah dapat digugurkan.

Di samping itu cerita ini berlawanan pula dengan segala sifat kesucian setiap nabi dalam menyampaikan risalah Tuhan. Memang mengherankan sekali apabila ada beberapa penulis sejarah Nabi dan ahli tafsir dari kalangan Islam sendiri yang masih mau menerimanya. Oleh karena itu Ibn Ishaq tidak ragu-ragu lagi ketika menjawab pertanyaan dengan mengatakan bahwa cerita itu bikinan orang-orang atheis.

Pegangan Mereka Dalam Hal Ini
Akan tetapi mereka yang berpegang pada alasan ini berusaha membenarkannya dengan berpegang pada ayat-ayat:

"Dan hampir-hampir saja mereka itu menggoda kau ..." sampai pada firman Tuhan: "Dan tiada seorang rasul atau seorang nabi yang Kami utus sebelum kau, apabila ia bercita-cita, setan lalu memasukkan gangguan ke dalam cita-citanya itu. Tetapi Allah menghapuskan apa yang dimasukkan setan itu. Kemudian Allah menguatkan keterangan-keterangaNya itu. Dan Allah Maha mengetahui dan Bijaksana. Apa yang dimasukkan setan itu adalah ujian bagi mereka yang berpenyakit dalam hatinya dan berhati batu. Dan mereka yang melakukan kesalahan akan berada dalam pertentangan yang tak berkesudahan." (Qur'an, 22: 52 - 53)

Ada orang yang menafsirkan kata "bercita-cita" itu dengan arti "membaca," ada pula yang menafsirkannya dengan arti "bercita-cita," seperti yang sudah umum dikenal. Kedua mereka ini masing-masing berpendapat - diikuti oleh Orientalis-orientalis - bahwa Quraisy telah sampai di puncaknya menyiksa sahabat-sahabat Nabi, ada yang mereka bunuh, ada pula yang dilemparkan ke padang pasir, dijilat oleh terik matahari yang membakar, ditindih pula dengan batu seperti yang dialami oleh Bilal. Karena itu terpaksa ia menyuruh mereka hijrah ke Abisinia. Demikian juga masyarakatnya sendiripun begitu kasar terhadap dirinya yang juga kemudian memboikotnya. Tetapi karena ia begitu menjaga keislaman mereka yang sudah lepas dari penyembahan berhala, ia pun lalu mendekati kaum musyrik dan membacakan Surah an-Najm dengan menambahkan lagi cerita gharaniq. Sesudah ia sujud merekapun ikut pula sujud. Mereka lalu memperlihatkan suatu kecenderungan hendak mengikutinya, karena ia sudah memberi tempat kepada dewa-dewa mereka itu disamping Allah.

Atas peristiwa ini yang juga disebutkan dalam beberapa buku biografi dan buku-buku tafsir - Sir William Muir menganggapnya sebagai suatu argumen yang kuat tentang adanya cerita gharaniq itu. Selanjutnya kaum Muslimin yang telah berangkat ke Abisinia itu belum lagi selang tiga bulan sejak mereka mengungsi, yang dalam pada itu mereka telah diberi suaka dengan baik sekali oleh pihak Najasyi. Kalau tidak karena tersiarnya berita, bahwa antara Muhammad dengan Quraisy sudah tercapai kompromi, tentu tak ada motif lain yang akan mendorong mereka itu kembali, ingin berhubungan dengan keluarga dan kerabat mereka. Dan dari mana pula akan ada kompromi antara Muhammad dengan Quraisy itu, kalau bukan Muhammad juga yang mengusahakannya. Di Mekah ia termasuk minoritas dengan tenaga yang masih lemah. Juga sahabat-sahabatnya masih lemah sekali untuk dapat mempertahankan diri dari gangguan dan penyiksaan Quraisy.

Lemahnya Pegangan Tersebut
Alasan-alasan yang dikemukakan mereka, dengan mengatakan, bahwa cerita gharaniq itu benar adanya, adalah suatu alasan yang lemah sekali dan tidak tahan uji. Baiklah kita mulai dulu dengan menolak Muir. Kembalinya kaum Muslimin ke Mekah dari Abisinia, pada dasarnya karena dua sebab:

Pertama, karena 'Umar ibn'l-Khattab masuk Islam tidak lama setelah mereka hijrah. Umar masuk Islam dengan semangat yang sama seperti ketika ia menentang agama ini dahulu. Ia masuk Islam tidak sembunyi-sembunyi. Malah terang-terangan ia mengumumkan di depan orang banyak dan untuk itu ia bersedia melawan mereka. Ia tidak mau kaum Muslimin sembunyi-sembunyi dan mengendap-endap di celah-celah pegunungan Mekah dalam melakukan ibadat, menjauhkan diri jauh dari gangguan Quraisy. Bahkan ia terus melawan Quraisy sampai nanti dia beserta kaum Muslimin itu dapat melakukan ibadat dalam Ka'bah.

Di sinilah pihak Quraisy menyadari, bahwa penderitaan yang dialami Muhammad dan sahabat-sahabatnya, hampir-hampir menimbulkan perang saudara, yang akibat-akibatnya tidak akan dapat dibayangkan, dan siapa pula yang akan binasa. Ada orang-orang dari kabilah-kabilah Quraisy dan dari keluarga-keluarga bangsawannya yang sudah menerima Islam, mereka akan lalu berontak bila siapa saja dari kabilahnya itu ada yang terbunuh sekalipun orang itu berlainan agama. Jadi, dalam memerangi Muhammad ini, mereka harus menempuh suatu cara yang tidak akan membawa akibat yang begitu berbahaya. Di samping itu supaya cara ini dapat pula disepakati oleh Quraisy mereka mengadakan genjatan senjata dengan pihak Muslimin, sehingga dengan demikian tiada seorangpun dari mereka itu yang boleh diganggu.

Inilah yang telah sampai kepada kaum pengungsi di Abisinia itu, dan membuat mereka berpikir-pikir akan kembali ke Mekah

Kedua. Sungguhpun begitu, barangkali mereka masih maju-mundur juga akan kembali, kalau tidak karena adanya sebab kedua yang telah menguatkan niat mereka, yakni pada waktu itu di Abisinia sedang berkecamuk suatu pemberontakan melawan Najasyi, yang dilancarkan karena adanya suatu tuduhan yang ditujukan kepadanya. Ia melaksanakan janjinya dan memperlihatkan rasa kasih-sayangnya kepada kaum Muslimin. Kaum Muslimin sendiri menyatakan harapannya sekiranya Tuhan akan memenangkan Negus terhadap lawannya itu. Tetapi mereka sendiri tidak sampai melibatkan diri dalam pemberontakan, karena mereka adalah orang-orang asing, dan lagi mereka belum begitu lama tinggal di Abisinia. Bahwa yang telah sampai kepada mereka itu berita-berita perdamaian antara Muhammad dengan Quraisy, perdamaian yang menyelamatkan Muslimin dari gangguan yang pernah mereka alami, maka bagi mereka akan lebih baik meninggalkan kekacauan yang ada sekarang dan kembali bergabung kepada keluarga mereka sendiri.

Inilah yang telah mereka lakukan semua, atau sebagian dari mereka.

Hanya saja, sebelum mereka sampai ke Mekah, pihak Quraisy sudah berkomplot lagi terhadap Muhammad dan sahabat-sahabatnya. Kabilah-kabilah mereka sudah mengadakan persetujuan tertulis bersama; mereka berjanji mengadakan pemboikotan total terhadap Banu Hasyim: tidak akan saling berjual-beli .

Dengan adanya perjanjian itu perang yang tak berkesudahan antara kedua belah pihak itupun segera berkecamuk lagi. Sekarang mereka yang telah pulang dari Abisinia itu kembali lagi ke sana. Bersama mereka ikut pula orang-orang yang masih dapat pergi bersama-sama. Sekali ini mereka menghadapi kekerasan dari Quraisy, yang berusaha hendak merintangi mereka itu hijrah.

Jadi, bukanlah kompromi seperti yang disebutkan Muir itu yang menyebabkan Muslimin kembali dari Abisinia, melainkan karena adanya perjanjian perdamaian sebagai akibat Umar yang telah masuk Islam serta semangatnya yang berapi-api hendak membela agama ini. Jadi dukungan mereka atas adanya cerita gharaniq dengan alasan kompromi itu, adalah dukungan yang sama sekali tidak punya dasar.

Adapun alasan yang dikemukakan oleh penulis-penulis biografi dan ahli-ahli tafsir dengan ayat-ayat: "Dan hampir-hampir saja mereka itu menggoda kau...," dan "Dan tiada seorang rasul atau seorang nabi yang Kami utus sebelum kau, apabila ia bercita-cita, setan lalu memasukkan gangguan ke dalam cita-citanya itu..." adalah alasan yang lebih kacau lagi dari argumen Sir Muir. Cukup kita sebutkan ayat pertama itu saja dalam firman Tuhan: "Dan kalaupun tidak Kami tabahkan hatimu, niscaya engkau hampir cenderung juga kepada mereka barang sedikit," untuk kita lihat, bahwa setan telah memasukkan gangguan ke dalam cita-cita Rasul itu, sehingga hampir saja ia cenderung kepada mereka sedikit-sedikit; tetapi Tuhan menguatkan hatinya sehingga tidak sampai dilakukannya, dan kalau dilakukan juga, Tuhan akan menimpakan hukuman berlipat-ganda dalam hidup dan mati.

Jadi, dengan membawa ayat-ayat ini sebagai alasan, jelaslah alasan itu terbalik adanya.
Jalan cerita gharaniq ini ialah bahwa Muhammad telah benar-benar berpihak kepada Quraisy dan Quraisypun sudah benar-benar pula menggodanya sehingga ia mau mengatakan sesuatu yang tidak difirmankan Tuhan. Sedang ayat-ayat di sini menegaskan, bahwa Tuhan telah menguatkan hatinya, sehingga dia tidak melakukan hal itu. Bilamana disebutkan demikian, bahwa buku-buku tafsir dan sebab-sebabnya turun Qur'an membuat ayat-ayat ini dapat mengubah masalah gharaniq, kita lihat bahwa alasan ini berlawanan sekali dengan kesucian para rasul dalam menyampaikan tugas mereka, dan bertentangan dengan seluruh sejarah Muhammad. Suatu alasan yang kacau, bahkan lemah sama sekali.

Sedang bunyi ayat-ayat "Dan tiada seorang rasul dan seorang nabi yang Kami utus sebelum kau" sama sekali tak ada hubungannya dengan cerita gharaniq itu. Apalagi yang menyebutkan bahwa Tuhan telah menghapuskan gangguan yang dimasukkan setan dan akan menjadikan godaan bagi mereka yang berpenyakit dalam hatinya dan berhati batu; kemudian Allah menguatkan keterangan-keteranganNya. Dan Allah Maha mengetahui dan Bijaksana.

Bilamana cerita ini diteliti dengan penyelidikan ilmiah ternyata ia tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Yang pertama sekali sebagai bukti ialah adanya beberapa sumber yang beraneka-ragam. Pernah diceritakan seperti disebutkan di atas - bahwa ungkapan itu ialah "Itu gharaniq yang luhur, perantaraannya sungguh dapat diharapkan." Sumber lain menyebutkan: "Gharaniqa yang luhur, perantaraannya dapat diharapkan." Sumber selanjutnya menyebutkan: "perantaraannya dapat diharapkan," tanpa menyebutkan gharaniqa atau gharaniq. Sumber keempat mengatakan: "Dan sebenarnya itulah gharaniq yang luhur." Sumber kelima menyebutkan: "Dan sebenarnya mereka itulah gharaniq yang luhur, dan perantaraan mereka bagi mereka yang diharapkan."1 Dalam beberapa buku hadis disebutkan adanya sumber-sumber lain di samping yang lima tadi. Adanya keaneka-ragaman dalam sumber-sumber tersebut menunjukkan, bahwa hadis itu palsu adanya, dan bikinan golongan atheis, seperti kata Ibn Ishaq, dan tujuannya ialah hendak menanamkan kesangsian tentang kebenaran ajakan Muhammad dan risalah Tuhan itu

Bukti lain yang lebih kuat dan pasti, ialah konteks atau susunan Surah an-Najm yang sama sekali tidak menyinggung soal gharaniq ini. Konteks itu seperti dalam firman Tuhan; "Sungguh dia telah melihat keterangan-keterangan yang amat besar dan Tuhan. Adakah kamu perhatikan Lat dan 'Uzza? Dan Manat ketiga, yang terakhir? Adakah untuk kamu itu yang laki-laki dan untuk Dia yang perempuan? Kalau begitu ini adalah pembagian yang tak seimbang. Ini hanyalah nama-nama yang kamu buat sendiri, kamu dan nenek-moyang kamu. Allah tidak memberikan kekuasaan karenanya; yang mereka turuti hanyalah prasangka dan kehendak nafsu belaka. Dan pada mereka pimpinan yang benar dari Tuhan sudah pernah ada." (Qur'an, 53:18-23)

Susunan ini jelas sekali, bahwa Lat dan 'Uzza adalah nama-nama yang dibuat-buat oleh kaum musyrik, mereka dan nenek-moyang mereka, sedang Allah tidak memberikan kekuasaan untuk itu. Bagaimana mungkin susunan itu akan berjalan sebagai berikut: "Adakah kamu perhatikan Lat dan 'Uzza. Dan Manat ketiga, yang terakhir. Itu gharaniq yang luhur, perantaraannya dapat diharapkan. Adakah untuk kamu itu yang laki-laki dan untuk Dia yang perempuan? Kalau begitu ini adalah pembagian yang tak seimbang. Ini hanyalah nama-nama yang kamu buat sendiri, kamu dan nenek-moyang kamu. Allah tidak memberikan kekuasaan karenanya."

Susunan ini rusak, kacau dan bertentangan satu sama lain. Dan pujian kepada Lat, 'Uzza dan Manat ketiga yang terakhir dan celaan dalam empat ayat berturut-turut tak dapat diterima akal dan tak tak ada orang yang akan berpendapat begitu.

Cerita Yang Nyata-Nyata Dusta Ini Dibantah Oleh Penyelidikan Ilmiah
Yang demikian ini sudah tak dapat diragukan lagi, dan bahwa hadis tentang gharaniq itu adalah palsu dan bikinan golongan atheis dengan maksud-maksud tertentu. Orang yang suka pada yang aneh-aneh dan tidak berpikir logis, tentu percaya akan hadis ini.

Argumen lain ialah seperti yang dikemukakan oleh almarhum Syaikh Muhammad Abduh dalam tulisannya yang jelas membantah cerita gharaniq ini, yaitu bahwa belum pernah ada orang Arab menamakan dewa-dewa mereka dengan gharaniq, baik dalam sajak-sajak atau dalam pidato-pidato mereka. Juga tak ada berita yang dibawa orang mengatakan, bahwa nama demikian itu pernah dipakai dalam percakapan mereka. Tetapi yang ada ialah sebutan ghurnuq dan ghirniq sebagai nama sejenis burung air, entah hitam atau putih, dan sebutan untuk pemuda yang putih dan tampan. Dari semua itu, tak ada yang cocok untuk diberi arti dewa, juga orang-orang Arab dahulu tak ada yang menamakannya demikian.

Tinggal lagi sebuah argumen yang dapat kita kemukakan sebagai bukti bahwa cerita gharaniq ini mustahil akan ada dalam sejarah hidup Muhammad sendiri. Sejak kecilnya, semasa anak-anak dan semasa mudanya, belum pernah terbukti ia berdusta, sehingga ia diberi gelar Al-Amin, "yang dapat dipercaya," pada waktu usianya belum lagi mencapai duapuluh lima tahun. Kejujurannya sudah merupakan hal yang tak perlu diperbantahkan lagi di kalangan umum, sehingga ketika suatu hari sesudah kerasulannya ia bertanya kepada Quraisy: "Bagaimana pendapatmu sekalian kalau kukatakan, bahwa pada permukaan bukit ini ada pasukan berkuda. Percayakah kamu?" Jawab mereka: "Ya, engkau tidak pernah disangsikan. Belum pernah kami melihat kau berdusta."

Jadi orang yang sudah dikenal sejak kecil hingga tuanya begitu jujur, bagaimana orang akan percaya bahwa ia mengatakan sesuatu yang tidak dikatakan oleh Allah, ia akan takut kepada orang dan bukan kepada Allah! Hal ini tidak mungkin. Mereka yang sudah mempelajari jiwanya yang begitu kuat, begitu cemerlang, jiwa yang begitu membenteng mempertahankan kebenaran dan tidak pula pernah mencari muka dalam soal apapun, akan mengetahui ketidak mungkinan cerita itu. Betapa kita melihat Muhammad berkata: Kalau Quraisy meletakkan matahari di sebelah kanannya, dan meletakkan bulan di sebelah kirinya dengan maksud supaya ia melepaskan tugasnya, akan mati sekalipun dia tidak akan melakukan hal itu - bagaimana pula akan mengatakan sesuatu yang tidak diwahyukan Allah kepadanya, dan mengatakan itu untuk meruntuhkan sendi agama yang oleh karenanya ia diutus Allah sebagai petunjuk dan berita gembira bagi seluruh umat manusia!

Dan kapan pula ia kembali kepada Quraisy guna memuji-muji dewa-dewa mereka? Ataukah sesudah sepuluh tahun atau sekian tahun dari kerasulannya, demi tugas yang besar itu ia sanggup memikul pelbagai macam siksaan, berupa-rupa pengorbanan, sesudah Allah memperkuat Islam dengan Hamzah dan Umar dan sesudah kaum Muslimin mulai menjadi kuat di Mekah, dengan berita yang sudah meluas pula ke seluruh jazirah, ke Abisinia dan semua penjuru?! Pendapat demikian ini adalah suatu legenda, suatu kebohongan yang sudah tak berlaku.

Mereka yang menciptakan cerita ini sebenarnya sudah merasakan bahwa hal ini akan mudah terbongkar. Mereka lalu berusaha menutupinya dengan mengatakan, bahwa begitu Muhammad mendengar kata-kata Quraisy bahwa dewa-dewa mereka sudah mendapat tempat sebagai perantara, hal itu berat sekali dirasanya, sehingga ia kembali kepada Tuhan bertobat, dan begitu ia pulang ke rumah sore itu Jibrilpun datang. Tetapi tabir ini akan terbuka juga kiranya. Kalau hal itu oleh Muhammad sudah sangat luar biasa, ketika ia mendengar kata-kata Quraisy itu, apalagi ia sampai akan mengoreksi wahyu pada waktu itu juga.

Jadi masalah gharaniq ini memang tidak punya dasar, selain sebagai karangan yang dibikin-bikin oleh suatu golongan yang mau melakukan tipu muslihat terhadap Islam, yang terjadi sesudah permulaan sejarah Islam. Yang lebih mengherankan lagi ialah karena kecerobohan mereka yang telah melakukan pemalsuan-pemalsuan itu melemparkan pemalsuan mereka justru ke dalam jantung Islam, yaitu ke dalam Tauhid! Yang justru karena itu pulalah Muhammad diutus, supaya meneruskannya kepada umat manusia sejak dari semula, dan yang sejak itu pula tidak kenal arti mengalah. Juga segala yang ditawarkan kepadanya oleh Quraisy apa saja yang dikehendakinya berupa harta, bahkan akan dijadikannya ia raja atas mereka, tidak sampai membuatnya jadi berpaling. Semua itu ditawarkan kepadanya, pada waktu penduduk Mekah yang menjadi pengikutnya masih sedikit sekali jumlahnya. Waktu itu gangguan-gangguan Quraisy kepada sahabat-sahabatnya tidak sampai membuat ia surut dari dakwah yang diperintahkan Tuhan kepadanya, yaitu supaya diteruskan kepada umat manusia. Jadi sasaran mereka yang telah melakukan pemalsuan terhadap masalah yang begitu teguh menjadi pegangan Muhammad yang tak ada taranya itu, hanya menunjukkan suatu kecerobohan yang tidak rasional, dan yang sekaligus menunjukkan pula, bahwa mereka yang masih cenderung mau mempercayainya ternyata telah tertipu; suatu hal yang sebenarnya tidak perlu sampai ada orang akan tertipu karenanya.

Jadi masalah gharaniq ini memang samasekali tidak punya dasar, dan samasekali tak ada hubungannya pula dengan kembalinya Muslimin dari Abisinia. Seperti disebutkan di atas, mereka kembali karena Umar sudah masuk Islam dan dengan semangatnya yang sama seperti sebelum itu ia membela Islam, sampai menyebabkan Quraisy terpaksa mengadakan perjanjian perdamaian dengan Muslimin. Juga mereka kembali pulang ketika di Abisinia sedang berkecamuk pemberontakan. Mereka kuatir akan akibatnya. Tetapi setelah Quraisy mengetahui mereka kembali, kekuatirannya makin bertambah akan besarnya pengaruh Muhammad di kalangan mereka. Quraisypun lalu membuat rencana mengatur langkah berikutnya, yang berakhir dengan dibuatnya piagam yang menentukan diantaranya tidak akan saling mengawinkan, berjual-beli dan bergaul dengan Banu Hasyim, dan yang juga sudah sepakat diantara mereka, akan membunuh Muhammad jika dapat.

Catatan kaki:
[1] Sekedar gambaran terjemahan ini hanya dari segi ungkapan sedang perbedaan atau persamaan yang lebih jelas hanya dari segi semantik menurut bahasa aslinya (A).
Diambil dari E-Booknya : M.Haekal


Tujuan Didirikannya BUMN/BUMD

Batasan BUMN menurut pertemuan Tangier (1981), bahwa BUMN merupakan organisasi yang dimiliki oleh pemerintah baik pusat maupun daerah dengan penyertaan modal sebesar 50% atau lebih. BUMN berada di bawah top manajerial pemerintah, yang meliputi hak untuk menunjuk top manajemen dan menentukan kebijaksanaan pokok. BUMN didirikan untuk mencapai public purpose yang telah ditetapkan yang bersifat multi dimensi yang secara konsekuen ada dalam sistem public accountability. BUMN berusaha dalam aktivitas yang mempunyai sifat bisnis, yang menyangkut ide investasi dan keuntungan dengan memasarkan produk yang dihasilkan berupa barang/jasa.

Adapun menurut Fernandes (1981:99) bahwa BUMN itu adalah public enterprise is an organization, wholly or by a majority public owned, set up to achieve commercial and social goals, enggage in economic activities within the sphere of agriculture, industry, commerce or services and whose affairs are capable of being stated in term of balance sheets and loss account.

Dari pernyataan di atas dapatlah diambil kesimpulan bahwa BUMN/BUMD merupakan badan usaha milik pemerintah pusat/daerah, merupakan organisasi yang mengatur berbagai sumber daya berusaha memproduksi dan menjual barang jasa yang terjangkau tanpa mengurangi mutu untuk mencapai keuntungan.

BUMN/BUMD merupakan wujud nyata dari investasi negara dalam dunia usaha, tujuannya adalah untuk mendorong dan mengembangkan aktivitas perekonomian nasional. Adapun tujuan BUMN menurut Rees dalam Sri Maemunah (1984:14-19) adalah:
1. Guna efisiensi ekonomi yang meliputi alokasi teknologi dan manajerial.
2. Kemampuan memperoleh laba, yang merupakan sumber pendapatan negara berupa pajak penghasilan atas laba yang diperoleh BUMN dan bagian laba yang diterima pemerintah sebagai pemilik. Meningkatkan kemampuan laba adalah penting bagi BUMN karena menjadi sumber dana intern juga merupakan sumber pendapatan pemerintah.
3. Distribusi pendapatan, merupakan alat pemerintah untuk mengadakan distribusi pendapatan melalui kebijksanaan harga di bawah rata-rata atau dengan keputusan investasi yang mengabaikan economies of scale untuk meningkatkan pendapatan riil golongan tertentu.
4. Tujuan bersifat makro, sebagai alat kebijaksanaan pemerintah mempunyai tujuan yang bersifat aggregate, antara lain untuk memperluas kesempatan kerja, memperbaiki neraca pembayaran, menekan inflasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan menurut Sri Maemunah (1996:7) tujuan BUMN adalah: (1). Menunjang perkembangan ekonomi. (2). Mencapai pemerataan secara horizontal dan vertikal melalui perintisan usaha dan pembinaan pengusaha golongan ekonomi lemah dan koperasi. (3). Menjaga stabilitas dengan menyediakan persediaan barang yang cukup terutama menyangkut hajat hidup orang banyak. (4). Mencapai efisiensi teknik agar dapat menjual dengan harga yang terjangkau tanpa mengurangi mutu dan kemampuan memupuk dana dari keuntungan. (5). Menunjang terselenggaranya rencana pembangunan.
Tujuan BUMN selalu terdiri dari tujuan sosial dan tujuan komersial. Sebaiknya tujuan sosial dibedakan dari tujuan komersial, untuk tujuan sosial pemerintah memberi subsidi sedang tujuan komersial dibayar oleh konsumen.Turut campur tangan pemerintah dalam perekonomian dalam bentuk BUMN/BUMD, secara ekonomis merupakan tindakan untuk mengatasi kegagalan mekanisme pasar dalam distribusi sumber daya secara optimal, yang berarti pula mengatasi adanya kegagalan mekanisme pasar dalam mencapai nilai ekonomis yang optimal atas sumber daya.
Kegagalan pasar pertama adalah kegagalan yang disebabkan oleh struktur pasar di mana tingkat teknologi yang menyebabkan turunnya biaya (decreasing cost technology) menyebabkan terbentuknya monopoli secara alamiah (natural monopoly) atau oligopoli. Apabila terjadi monopoli atau oligopoli maka pasar akan dikuasai oleh sebuah atau beberapa perusahaan yang mempunyai kekuatan pasar untuk mendapatkan keuntungan yang berlebihan dengan mengurangi produksi dan menaikkan harga di atas biaya marginal.
Kegagalan pasar yang lain adalah eksternalitas yaitu adanya perbedaan nilai dan manfaat sosial dengan manfaat dan nilai pribadi (Mangkoesoebroto. 1993:43). Kegagalan pasar yang lain adalah kegagalan mekanisme pasar secara dinamis yang disebabkan belum berkembangnya pasar modal dan keengganan pihak swasta terhadap resiko usaha. Apabila kondisi ini dibiarkan tanpa adanya turut campur tangan pemerintah maka akan terjadi kebangkrutan, dan pengangguran yang mempunyai akibat luas terhadap perekonomian suatu negara.
BUMN mempunyai peran penting dalam pembangunan negara berkembang. Timbulnya BUMN dapat disebabkan oleh beberapa alasan : karena kegagalan mekanisme pasar mencapai alokasi sumber daya secara optimal, disebabkan adanya monopoli dan eksternalitas, alasan idiologi, alasan sosial politis, dan sebagai warisan sejarah.

Tentang Aqiqah dan Contoh Label Kartu Ucapan/Undangan Aqiqah

Aqiqah bermakna:
1. rambut makhluk yang baru dilahirkan,
2. binatang yang disembelih untuk anak yang baru lahir pada hari ketujuhnya.
Hukum aqiqah:
sunnah muakkad, sekalipun orang tua dalam keadaan sulit.
Hadits aqiqah:
1. Ashabus Sunan meriwayatkan dari Samurah, Nabi saw. bersabda:
“Setiap anak yang lahir itu terpelihara dengan aqiqahnya, yang disembelih untuknya pada hari ketujuhnya, ia dicukur dan diberi nama.”
2. Dari Ummu Karz Al Ka’biyah berkata, aku pernah mendengar Rasuulullaah bersabda:
“Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang mirip, dan untuk anak perempuan satu ekor.”
3. Diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirmizi dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi saw. mengaqiqahkan Hasan satu ekor kambing dan berseru:
“Hai Fathimah cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak kepada orang-orang miskin seberat timbangan(rambut)nya. Mereka berdua lalu menimbangnya, adalah timbangannya waktu itu seberat satu dirham atau sebagian dirham.”
Hadits lain tentang kelahiran anak:
1. Termasuk disunahkan ialah mengazankan anak yang baru lahir di telinga kanan, dan mengiqomatkan di telinga sebelah kiri, hal ini dimaksudkan agar yang pertama sekali ia dengar adalah nama Allaah. Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud dan At Tirmizi yang menshahihkannya, dari Rafi’ ra:
“Aku pernah melihat Nabi saw. mengazankan shalat di telinga Hasan bin Ali waktu Fathimah melahirkannya.”
2. Dari Abi Darda’ ra berkata:
“Sesungguhnya kalian akan diseru pada hari qiyamat dengan nama-nama kalian dan nama-nama ayah kalian, maka perbaguslah nama kalian.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Hiban)
Adapun Contoh label/Kartu Ucapan aqiqah di Hidangan yang anda kasih saya berikan untuk berbagi/sharing, anda bisa mengcopynya dan merubah isinya

SYUKURAN AQIQAH
Assalamu’alaikum wr.wb.
Puji Syukur kami ucapkan ke hadirat Allah swt.
yang telah memberikan karunia putera pertama kami yang
kami beri nama
"Raffi Rizwan"
Lahir pada hari Kamis 10 September 2009 jam 00.00   RB.Hermina
Kami sangat mengharapkan doa dari Bapak/Ibu/Saudara semoga anak kami menjadi anak yang sholeh, Berguna bagi Agama, Nusa& Bangsa dan selalu berbakti kepada kedua ibu bapaknya.
Wassalamu’alaikum wr.wb.
Yang berbahagia,
Denis&Quenisa


Minggu, 20 September 2009

Tips Melahirkan agar Tidak Caesar/Cesar/SC

Berbagi sedikit tips untuk anda yang menjelang kelahiran putra/putrinya agar tidak caesar, memang agak susah meramalkan kelahiran anak anda, apakah normal atau caesar...hal ini saya alami saat kelahiran anak saya yang pertama, beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 16 September 2009, saya melakukan pemeriksaan terakhir ke Dokter kandungan, saat itu dari pagi tidak anda tanda-tanda bahwa istri dah pembukaan dan mau melahirkan, sesampainya di Klinik Kebidanan, istri baru merasakan sakit dan saya curiga. akhirnya setelah kekamar mandi, ada bercak sedikit (darah) di Cdnya...dan dengan perasaan cemas..kami didahulukan untuk diperiksa dan ditempatkan diruangan VK, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata sudah pembukaan 1 kata bidan, akhirnya jam 8 malem itu kami masuk ruang perawatan, karena mungkin panik akhirnya kelahiran anak kami yang pertama ini istri ga kuat dan di caesar.
Tapi ada beberapa hikmah yang akan saya bagi kalau ingin kelahiran putra pertama tidak cesar.

1. Kalau sudah memasuki bulan kesembilan atau minggu ke 36 keatas kehamilan...anda harus lebih hati-hati dengan kandungan istri anda. Usahakan tiap pagi banyak jalan dan olahraga ringan, jangan beraktvitas terlalu berat.

2. Cukupkan gizi untuk istri anda, karena melahirkan merupakan suatu aktivitas yang maha berat, perjuangan antara hidup dan mati.

3. Banyak minum air kelapa muda, mesti banyak orang mengatakan ini mitos, tapi alhamdulillah anak kami kulitnya lebih bersih dan lebih putih.

4. Kalau istri anda sudah merasakan sakit atau sedikit sakit, usahakan makan secukupnya, kejadian istri saya ga kuat, karena waktu itu sebelum melahirkan makannya sedikit sehingga waktu pembukaan 1-4, sudah ga kuat alias lemes kekurangan tenaga.

5. Orang tua dulu menyarankan untuk makan telur ayam kampung pas menjelang kelahiran, katanya menambah tenaga

6. Rajin berdoa dan membaca Alquran

7. Calon ibu jangan minum obat tanpa resep dokter dan jangan makan makanan yang mengandung ragi atau yang panas-panas secara berlebihan seperti tape, durian agar tidak menganggu perkembangan janin. Sebaiknya tidak memakan daun pepaya karena pepaya bisa membuat empuk daging, hal ini untuk mencegah ari-ari/placenta menjadi hancur dan dikhawatirkan ada yang tertinggal di dalam rahim

8. Kalo tips yang satu ini saya dapatkan dari blog lain :
# Sebelum berangkat ke Rumah Sakit jangan lupa sungkem minta maaf pada orang tua terutama pada ibu dan mohon restunya agar melahirkan dengan lancar tanpa kurang suatu apapun juga. Selain itu bayi di dalam kandungan kita elus-elus dengan berkata agar bayi nanti jangan membawa masalah dan lahir dengan lancar bila sudah sampai di Ruimah Sakit karena jalan sering macet biar tidak lahir di jalan. (ini perlu sering dilakukan agar ada komunikasi dengan bayi)

# Waktu sudah saatnya dan sudah ada tanda-tanda akan melahirkan (keluar vleg-vleg merah) segera berangkat ke Rumah Sakit/ Klinik bersalin dengan membawa pakaian yang diperlukan yaitu daster/baju dengan kancing didepan agar bisa untuk menyusui. Sedangkan baju bayi nanti kalau sudah waktunya pulang karena biasanya disediakan oleh Rumah Sakit. Pakaian untuk ibu sebaiknya disiapkan sebelumnya bila kandungan telah memasuki bulan ke 9 untuk berjaga-jaga bila suatu waktu terasa akan melahirkan.

# Selama di Rumah Sakit, pada waktu makan tiba sebaiknya tetap makan meskipun perut terasa mulas karena kalau tidak makan badan akan lesu dan tidak punya energi. Ini saya lakukan meskipun mengundang tawa yang melihat karena sebentar-sebentar berhenti makan karena waktu perut mulas berjongkok menahan sakit. Tapi nggak apa-apa, inilah seninya mau menjadi ibu.

# Ketika sudah waktunya dibawa masuk ke ruang bersalin, jangan lupa baca doa dan konsentrasi mendengarkan perintah bidan/dokter yang menolong persalinan dan jangan memikirkan yang lain. Serahkan semua pada yang Maha Kuasa dengan membaca dzikir agar hati menjadi tenang dan tidak tegang. Ini perlu sekali agar otot-otot tidak kejang dan mudah dalam melahirkan.

# Bila terasa mules, pantat jangan sekali-kali diangkat agar nanti tidak banyak jahitannya.

# Bila anak telah lahir, jangan lupa mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang dan mengucapkan terima kasih kepada tenaga medis yang telah menolong persalinan.
Mudah-mudahan kelahiran putra/putri anda berjalan dengan lancar dan normal.
Kalau anda belum menemukan nama bayi buat buah hati anda kunjungi situs yang satu ini

Klik Disini



Jumat, 18 September 2009

Kesalahan-kesalahan dalam Berbisnis Bagi Pemula

Setiap orang pasti melakukan kesalahan, tapi kalau kesalah-kesalahan tersebut terjadi berulang-ulang dan tanpa analisa itu adalah suatu kekeliruan dan awal kehancuran, oleh karena itu saat anda memulai berbisnis anda harus belajar dengan kesalahan-kesalahan yang anda buat.
Berikut cuplikan kesalahan-kesalahan yang mungkin anda buat dalam memulai sebuah bisnis:

1. Kaya ide, miskin keberanian.
Resep sukses para pebisnis adalah tidak ragu dalam memulai ide usaha. Setelah cocok dengan satu ide usaha, maka lakukanlah. Jika ditunda maka kesempatan akan hilang. Jangan khawatir soal keterampilan yang diperlukan. Jika ada niat, maka anda akan terampil dalam usaha itu dengan sendirinya.

2. Kurang memiliki "modal" sebagai entrepreneur.
Modal di sini menurut Purdi E. Chandra adalah berani mimpi, berani mencoba, berani merantau, berani sukses dan berani gagal. Kesuksesan dan kegagalan usaha adalah pelajaran berharga buat enterpreuner.

3. Ingin cepat mengharapkan hasil.
Jangan berharap terlalu cepat untuk mengharapkan hasil dari usaha yang baru dirintis. Hasilnya mungkin baru dapat kita rasakan beberapa bulan yang akan datang.

4. Bingung menentukan usaha yang akan dijalani.
Jika anda kreatif bisa jadi anda bisa menjual limbah kertas koran menjadi barang berharga yang bisa diekspor seperti Lucy Gani Wijaya dari Yogyakarta.

5.Tidak memiliki strategi rencana pemasaran dan penjualan.
Dengan rencana pemasaran anda dapat memfokuskan sasaran produk atau jasa yang ingin anda jual. Sedangkan rencana penjualan adalah peta nyata mengenai gambaran dari mana hasil penjualan datang, bagaimana caranya dan dari siapa. Dengan strategi ini usaha jadi bisa dikendalikan sesuai tujuan kita.


6. Tidak mengenali konsumen.
Apakah kita sudah cukup mengenali pelanggan produk atau jasa kita? Pebisnis yang baik harus tahu apa keinginan konsumen saat ini dan mendatang, bagaimana pola beli dan bagaimana konsumen memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Dengan pengetahuan ini anda bisa berinovasi dan membuat produk yang bersaing.

7. Mencampuradukkan modal usaha dan keuntungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Ingatlah, kita harus membuat kas keuangan yang cukup baik walau sifatnya mungkin masih sederhana. Jangan lantas menggunakan modal dan keuntungan hasil usaha untuk kebutuhan kita sehari-hari. Jika anda terpaksa mengambil dari kas, maka anggaplah itu pinjaman yang harus segera dilunasi.

8. Senang berbisnis sendiri.
Jika anda memiliki niat mulia untuk membuka lapangan pekerjaan, kenapa tidak berani membayar tenaga orang untuk mengerjakan sebagian tanggung jawab anda jika usaha anda mulai berkembang? Hal ini menguntungkan karena anda bisa memikirkan memperluas bidang usaha dengan ide-ide anda yang lain tanpa terbebani secara teknis bisnis yang sudah anda mulai lebih dulu.

9. Kurang sungguh-sungguh dalam berbisnis.
Hasil yang anda terima sepadan dengan usaha yang telah anda berikan. Nah, jangan harap hasil yang anda terima akan besar jika anda mengerjakan bisnis anda dengan setengah hati. Kesungguhan adalah salah satu kunci kesuksesan.

Sumber: ummigroup.co.id


Fakta Terbaru Dampak& Efek Media/Jejaring Sosial

Merebaknya Jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, MySpace, Twitter, MySpace, Friendster, Friendfeed, YouTube, Flickr, LinkedIn, telah menimbulkan efek baru salam kehidupan manusia dewasa ini, tulisan yang akan saya buat merupakan kombinasi dari pendapat saya dan beberapa artikel rekan-rekan blog yang sebagian pendapatnya saya ambil, hadirnya jejaring sosial yang membumi membuat orang lebih seneng menghabiskan waktunya berlama-lama didepan laptop, komputer, BlackBerry,Smartphones atau bahkan rela nongkrongin warnet ampe pagi.  Akses ke media ini telah mengalami revolusi yang sangat besar, tidak hanya anytime tapi any device, dimanapun dan kapanpun anda bisa berkomunikasi dengan seluruh teman anda di penjuru dunia. Luar biasa sekali...berikut satu pendapat yang saya ambil dari rekan blog berikut ini

Generasi muda menghabiskan banyak waktu di sana. Bahkan pekerja kantor memakai berjam-jam waktunya untuk bermain media sosial itu. Bahkan cenderung menimbulkan kecanduan / adiktif. Orang tidak banyak lagi saling bertemu fisik, cukup melalui media digital yang maya dan semu.

Salah satu kasus yang menghebohkan beberapa waktu lalu adalah tewasnya Megan Gillan yang bunuh diri akibat mengalami bullying (ejekan) di situs sosial Bebo.

Salah satu pendapat muncul dari wawancara harian The Sunday Telegraph dengan Archbishop (kepala gereja Katolik di Inggris) Vincent Nichols yang berkomentar ketika membahas kasus Megan Gillan.

Disebutkan bahwa situs-situs media sosial itu membawa anak-anak muda untuk membangun "hubungan semu sesaat" yang membawa mereka tidak dapat mengatasi persoalan ketika jaringan sosial mereka kolaps. Internet dan mobile-device disebutkan merupakan komunitas "dehumanisasi".

Juga dikatakan tentang kehilangan loyalitas dan naiknya individualisme di kalangan masyarakat Inggris yang dia temui dalam komunitas yang dilayaninya.

Dia juga mengungkapkan sebuah contoh para pemain sepak bola yang beraksi seperti "orang bayaran" dengan begitu mudahnya memutuskan kontrak untuk berpindah klub demi mencari bayaran lebih tinggi. Serta mengekspresikan ketakutannya akan gerakan untuk melonggarkan hukum atas bunuh diri dengan bantuan (seperti dalam kasus euthanasia).

Dia mengatakan bahwa hubungan sosial sudah diperlemah dengan menurunnya pertemuan face-to-face dan meningkatnya percakapan dengan telepon dan pesan singkat.

"Saya berpikir bahwa pemakaian berlebihan atas SMS dan email yang eksklusif berarti bahwa sebagai sebuah masyarakat sosial kita kehilangan beberapa kemampuan untuk membangun komunikasi interpersonal yang diperlukan untuk hidup bersama dan membangun sebuah komunitas."

"Kita kehilangan kemampuan sosial, kemampuan interaksi manusia, bagaimana membaca perasaan orang, membaca bahasa tubuh orang, bagaimana belajar bersabar sampai momen yang tepat untuk membuat sebuah keputusan."

"Pemakaian ekslusif yang terlalu banyak atas informasi elektronik membuat dehumanisasi di mana kemanusiaan itu sangat, sangat penting sebagai bagian dari kehidupan komunitas dan hidup berdampingan."

Archbishop juga mengkritik situs-situs jaringan sosial itu sebagai meninggalkan anak-anak dengan miskin pertemanan.

"Facebook dan MySpace mungkin memberikan kontribusi kepada komunitas, tapi saya kuatir mengenai hal itu. Itu bukan komunikasi yang akrab jadi tidak akan membangun komunitas yang akrab."

Dia juga mengingatkan bahwa situs-situs itu memberi kontribusi kepada tren dari anak-anak muda yang mementingkan "kuantitas atau jumlah teman" daripada kualitas pertemanan.

"Di antara anak-anak muda seringkali faktor kunci dalam bunuh diri adalah trauma atas hubungan yang semu."

Itu merupakan sindrom "semua" atau "tidak sama sekali" yang harus Anda miliki dalam usaha untuk mengungkapkan identitas, "mengkoleksi" teman di mana Anda dapat berbicara dan bahkan membanggakan diri. (Bicara yang kadang hanya satu arah.)

Persahabatan itu bukan komoditas, persahabatan adalah sesuatu yang berupa upaya keras dan bertahan lama selama hubungan itu benar.
Source:http://room8888.blogspot.com/2009/08/media-sosial-mengakibatkan-dehumanisasi.html


Rabu, 16 September 2009

Tentang Pembuatan Kerupuk

Kerupuk adalah jenis pangan yang digemari di Indonesia.Berbagai kalangan menyukai jenis pangan ini baik golongan rendah maupun golongan yang tinggi. Kerupuk sangat beragam dalam bentuk, ukuran, bau, warna, rasa, kerenyahan, ketebalan dan nilai gizinya. Perbedaan ini bisa disebabkan pengaruh budaya daerah penghasil kerupuk, bahan baku dan bahan tambahan yang digunakan serta alat dan cara pengolahannya.
Komposisi bahan sendiri beserta pengolahannya akan sangat mempengaruhi kualitas kerupuk, dimana komposisi bahan ini juga mempengaruhi pengembangan pada kerupuk tersebut. Secara umum bahan baku yang digunakan adalah tepung tapioka, sedangkan bahan tambahannya dapat berupa ikan atau udang, telur atau susu, garam, gula, air dan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar dan sebagainya. Jumlah dan jenis bumbu yang digunakan tergantung pada selera masing-masing.

Produk kerupuk sendiri akan mengalami pengembangan akibat adanya perlakuan panas, dimana pengembangan ini akibat adanya pengaruh dari amilopektin dan amilosa yang terkandung dalam pati sebagai bahan baku dasar dari pembuatan kerupuk ini.
Pengembangan pada kerupuk ada dua, yaitu pengembangan linier dan pengembangan volumepengembanagan linier dianalogikan sebagai pengembangan kesatu arah, sedangkan pengembangan volume sebagai pengemabnagan kesegala arah. Seperti pada kerupuk, pengembanagn linier ini diperoleh dengan cara mengukur luas permukaan kerupuk sebelum dan sesudah penggorengan. Sedangkan pengembangan volume, nilainya diperoleh dengan memasukkan kerupuk pada bahan berpasir, dimana dalam wadah 100ml bahan berpasir dan kerupuk dimasukkan bersama-sama sehingga didapat sisa bahan berpasir dari jumlahnya yang juga sebesar 100 ml wadah
(dari berbagai sumber)

Tentang Miliaria dan Pengobatannya

Miliaria
Miliaria merupakan kelainan akibat dari retensi keringat pada duktus kelenjar ekrin yang tersumbat sebagai akibat sumbat keratinosa dalam duktus kelenjar.
Miliaria biasanya timbul apabila udaranya panas dan lembab.
 Penyumbatan ini dapat ditimbulkan oleh bakteri yang menimbulkan radang dan edema akibat penguapan yang tidak dapat keluar dan diabsorbsi oleh stratum corneum.
3 macam Miliaria

1. Miliaria kristalina
- Keringat dapat keluar sampai stratum corneum.
- Terlihat vesikel kecil jernih, tidak bergejala, tidak meradang, dapat mendadak bererupsi profus disebagian besar permukaan tubuh, meninggalkan deskuamasi kecoklatan pada penyembuhan
Miliaria tipe ini timbul paling sering pada bayi baru lahir karena immaturitas relatif dan patensi terlambat duktus keringat dan kecenderungan bayi dirawat dalam keadaan relatif hangat dan lembab.
Lesi ini biasanya terletak pada tempat oklusi atau daerah lipatan, seperti leher, lipatan paha, dan aksila, gesekan memegang peran penting dalam patogenesisnya.

2. Miliaria rubra umumnya reversibel.
Suplemen vit C dapat membantu mengembalikan keringat normal pada kasus kambuhan.
Penggunaan antibiotika profilaksi dapat mencegah perkembangan miliaria rubra.
Serangan berulang miliaria rubra dapat menjadi miliaria profunda, yang disebabkan oleh rupturnya duktus keringat didalam kulit pada tinggkat perbatasan dermopidermis.

3. Miliaria berat luas atau miliaria profunda
Miliaria berat dan luas atau miliaria profunda dapat mengakibatkan gangguan pengaturan panas.
Lesi miliaria rubra dapat menjadi terinfeksi, terutama pada bayi yang kurang gizi atau lemah,berkembang menjadi periporitistafilokokus yang melibatkan perluasan proses duktus keringat sampai kelenjar keringat.
>
Pengobatan
Seluruh bentuk miliaria berespon baik terhadap pendinginan penderita dengan pengaturan suhu lingkungan.
melepas pakaian yang berlebihan, dan pada penderita demam pemberian anti piretik.
pengobatan yang paling efektif adalah dengan memperhatikan kebersihan lingkungan untuk mengatasi sebab ini
Diambil dari tugas kuliah berbagai sumber

Makanan/nutrisi yang dianjurkan untuk penyembuhan luka

Nutrisi adalah semua makanan yang mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh baik untuk memepertahankan keseimbangaan metabolisme ataupun sabagai pembangun.

Untuk proses penyembuhan luka
Dalam keadaan luka, maka jaringan tubuh terganggu keutuhannya dan memerlukan nutrisi yang cukup untuk bisa memperbaiki jaringan- jaringan yang rusak tersebut

Contoh makanan untuk penyembuhan luka :
# Protein terbagi menjadi , nabati dan hewani. Contoh nabati yaitu tempe, tahu, kacang-kacangan dll. Contoh protein hewani, hati, telur, ayam, udang dll.

# Vitamin C adalah kacang-kacangan,
jeruk, jambu, daun papaya, bayam, tomat, daun singkong dll




Manajemen Umum Medik Untuk Pasien Dengan Pneumotoraks

Keterangan ini saya dapatkan dari sebuah buku
Pneumotoraks adalah keadaan dimana terdapat udara yang memasuki rongga Pleura antara paru-paru dan dinding dada (Long, 1996 : 486).
Pneumotoraks adalah adanya udara dalam rongga pleura akibat robeknya pleura (Price and Wilson, 1995 : 705).

Menurut Doengoes (2000, hal 196) manajemen umum medik untuk Pneumotoraks adalah :
a. X-ray dada : menyatakan akumulasi udara/cairan pada pleura, dapat menunjukkan penyimpangan struktur mediastinal (jantung).
b. Analisa Gas Darah : variabel tergantung dari derajat fungsi paru yang dipenuhi, gangguan mekanik pernapasan dan kemampuan mengompensasi. Pa O2 mungkin normal atau menurun, saturasi oksigen biasanya menurun.
c. Torakosentesis : menyatakan adanya darah/cairan serosanguinosa..
d. Laboratorium : Hb mungkin menurun bila diakibatkan oleh trauma dada.
e. WSD : untuk mengeluarkan udara dan cairan pleura.




Hukum dan Hadits/Dalil Puasa Sunah 6 Hari di Bulan Syawal

Saya mengumpulkan keterangan ini karena terdorong oleh sebuah pertanyaan, Dhaifkah hadits tentang puasa 6 hari bulan syawal, terus kalo berpuasa 6 hari di bulan syawal tapi mempunyai kewajiban mengqodho puasa rhamadhan, mana yang wajib didulukan.
Ada beberapa keterangan yang saya dapatkan dari berbagai literatur diinternet, dan saya sudah merunut keterangan ini mudah2n jadi rujukan buat kita semua.

Penulisnya adalah: Fatawa Al-Lajnah Ad-Da’imah lil Buhuts wal Ifta

Dalil-dalil tentang Puasa Syawal
Dari Abu Ayyub radhiyallahu anhu:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Siapa yang berpuasa Ramadhan dan melanjutkannya dengan 6 hari pada Syawal, maka itulah puasa seumur hidup’.” [Riwayat Muslim 1984, Ahmad 5/417, Abu Dawud 2433, At-Tirmidzi 1164]Hukum Puasa Syawal
Hukumnya adalah sunnah: “Ini adalah hadits shahih yang menunjukkan bahwa berpuasa 6 hari pada Syawal adalah sunnah. Asy-Syafi’i, Ahmad dan banyak ulama terkemuka mengikutinya. Tidaklah benar untuk menolak hadits ini dengan alasan-alasan yang dikemukakan beberapa ulama dalam memakruhkan puasa ini, seperti; khawatir orang yang tidak tahu menganggap ini bagian dari Ramadhan, atau khawatir manusia akan menganggap ini wajib, atau karena dia tidak mendengar bahwa ulama salaf biasa berpuasa dalam Syawal, karena semua ini adalah perkiraan-perkiraan, yang tidak bisa digunakan untuk menolak Sunnah yang shahih. Jika sesuatu telah diketahui, maka menjadi bukti bagi yang tidak mengetahui.”

[Fataawa Al-Lajnah Ad-Daa'imah lil Buhuuts wal Ifta', 10/389]

Hal-hal yang berkaitan dengannya adalah:
1. Tidak harus dilaksanakan berurutan.

“Hari-hari ini (berpuasa syawal-) tidak harus dilakukan langsung setelah ramadhan. Boleh melakukannya satu hari atau lebih setelah ‘Id, dan mereka boleh menjalankannya secara berurutan atau terpisah selama bulan Syawal, apapun yang lebih mudah bagi seseorang. … dan ini (hukumnya-) tidaklah wajib, melainkan sunnah.”

[Fataawa Al-Lajnah Ad-Daa'imah lil Buhuuts wal Ifta', 10/391]

Imam An-Nawawi rahimahullah berkata:
“Shahabat-shahabat kami berkata: adalah mustahab untuk berpuasa 6 hari Syawal. Dari hadits ini mereka berkata: Sunnah mustahabah melakukannya secara berurutan pada awal-awal Syawal, tapi jika seseorang memisahkannya atau menunda pelaksanaannya hingga akhir Syawal, ini juga diperbolehkan, karena dia masih berada pada makna umum dari hadits tersebut. Kami tidak berbeda pendapat mengenai masalah ini dan inilah juga pendapat Ahmad dan Abu Dawud.” [Al-Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab]

Bagaimanapun juga bersegera adalah lebih baik: Berkata Musa: ‘Itulah mereka telah menyusul aku. Dan aku bersegera kepada-Mu, Ya Rabbi, supaya Engkau ridho kepadaku. [QS Thoha: 84]

2. Tidak boleh dilakukan jika masih tertinggal dalam Ramadhan

“Jika seseorang tertinggal beberapa hari dalam Ramadhan, dia harus berpuasa terlebih dahulu, lalu baru boleh melanjutkannya dengan 6 hari puasa Syawal, karena dia tidak bisa melanjutkan puasa Ramadhan dengan 6 hari puasa Syawal, kecuali dia telah menyempurnakan Ramadhan-nya terlebih dahulu.”

[Fataawa Al-Lajnah Ad-Daa'imah lil Buhuuts wal Ifta', 10/392]

Tanya : Bagaimana kedudukan orang yang berpuasa enam hari di bulan syawal padahal punya qadla(mengganti) Ramadhan ?

Jawab : Dasar puasa enam hari syawal adalah hadits berikut

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan lalu mengikutinya dengan enam hari Syawal maka ia laksana mengerjakan puasa satu tahun.”

Jika seseorang punya kewajiban qadla puasa lalu berpuasa enam hari padahal ia punya kewajiban qadla enam hari maka puasa syawalnya tak berpahala kecuali telah mengqadla ramadlannya (Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin)

Hukum mengqadha enam hari puasa Syawal

Pertanyaan
Syaikh Abdul Aziz bin Baaz ditanya : Seorang wanita sudah terbiasa menjalankan puasa enam hari di bulan Syawal setiap tahun, pada suatu tahun ia mengalami nifas karena melahirkan pada permulaan Ramadhan dan belum mendapat kesucian dari nifasnya itu kecuali setelah habisnya bulan Ramadhan, setelah mendapat kesucian ia mengqadha puasa Ramadhan. Apakah diharuskan baginya untuk mengqadha puasa Syawal yang enam hari itu setelah mengqadha puasa Ramadhan walau puasa Syawal itu dikerjakan bukan pada bulan Syawal ? Ataukah puasa Syawal itu tidak harus diqadha kecuali mengqadha puasa Ramadhan saja dan apakah puasa enam hari Syawal diharuskan terus menerus atau tidak ?

Jawaban
Puasa enam hari di bulan Syawal, sunat hukumnya dan bukan wajib berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
“Artinya : Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan kemudian disusul dengan puasa enam hari di bulan Syawal maka puasanya itu bagaikan puasa sepanjang tahun” [Dikeluarkan oleh Imam Muslim dalam kitab Shahihnya]

Hadits ini menunjukkan bahwa puasa enam hari itu boleh dilakukan secara berurutan ataupun tidak berurutan, karena ungkapan hadits itu bersifat mutlak, akan tetapi bersegera melaksanakan puasa enam hari itu adalah lebih utama berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala (yang artinya) : “..Dan aku bersegera kepada-Mu. Ya Rabbku, agar supaya Engkau ridha (kepadaku)” [Thaha : 84]

Juga berdasarakan dalil-dalil dari Al-Kitab dan As-Sunnah yang menunjukkan kutamaan bersegera dan berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Tidak diwajibkan untuk melaksanakan puasa Syawal secara terus menerus akan tetapi hal itu adalah lebih utama berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang artinya) : “Amalan yang paling dicintai Allah adalah yang terus menerus dikerjakan walaupun sedikit”

Tidak disyari’atkan untuk mengqadha puasa Syawal setelah habis bulan Syawal, karena puasa tersebut adalah puasa sunnat, baik puasa itu terlewat dengan atau tanpa udzur.

Mengqadha enam hari puasa Ramadhan di bulan Syawal, apakah mendapat pahala puasa Syawal enam hari

Pertanyaan
Syaikh Abduillah bin Jibrin ditanya : Jika seorang wanita berpuasa enam hari di bulan Syawal untuk mengqadha puasa Ramadhan, apakah ia mendapat pahala puasa enam hari Syawal ?

Jawaban
Disebutkan dalam riwayat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda (yang artinya) : “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa enam hari bulan Syawal maka seakan-akan ia berpuasa setahun”
Hadits ini menunjukkan bahwa diwajibkannya menyempurnakan puasa Ramadhan yang merupakan puasa wajib kemudian ditambah dengan puasa enam hari di bulan Syawal yang merupakan puasa sunnah untuk mendapatkan pahala puasa setahun. Dalam hadits lain disebutkan (yang artinya) : “Puasa Ramadhan sama dengan sepuluh bulan dan puasa enam hari di bulan Syawal sama dengan dua bulan”
Yang berarti bahwa satu kebaikan mendapat sepuluh kebaikan, maka berdasarkan hadits ini barangsiapa yang tidak menyempurnakan puasa Ramadhan dikarenakan sakit, atau karena perjalanan atau karena haidh, atau karena nifas maka hendaknya ia menyempurnakan puasa Ramadhan itu dengan mendahulukan qadhanya dari pada puasa sunnat, termasuk puasa enam hari Syawal atau puasa sunat lainnya. Jika telah menyempurnakan qadha puasa Ramadhan, baru disyariatkan untuk melaksanakan puasa enam hari Syawal agar bisa mendapatkan pahala atau kebaikan yang dimaksud. Dengan demikian puasa qadha yang ia lakukan itu tidak bersetatus sebagai puasa sunnat Syawal.

Apakah suami berhak untuk melarang istrinya berpuasa Syawal

Pertanyaan
Syaikh Abdullah bin Jibrin ditanya : Apakah saya berhak untuk melarang istri saya jika ia hendak melakukan puasa sunat seperti puasa enam hari Syawal ? Dan apakah perbuatan saya itu berdosa ?

Jawaban
Ada nash yang melarang seorang wanita untuk berpuasa sunat saat suaminya hadir di sisinya (tidak berpergian/safar) kecuali dengan izin suaminya, hal ini untuk tidak menghalangi kebutuhan biologisnya. Dan seandainya wanita itu berpuasa tanpa seizin suaminya maka boleh bagi suaminya untuk membatalkan puasa istrinya itu jika suaminyta ingin mencampurinya. Jika suaminya itu tidak membutuhkan hajat biologis kepada istrinya, maka makruh hukumnya bagi sang suami untuk melarang istrinya berpuasa jika puasa itu tidak membahayakan diri istrinya atau menyulitkan istrinya dalam mengasuh atau menyusui anaknya, baik itu berupa puasa Syawal yang enam hari itu ataupun puasa-puasa sunnat lainnya.

Hukum puasa sunnah bagi wanita bersuami

Pertanyaan
Syaikh Shalih Al-Fauzan ditanya : Bagaimanakah hukum puasa sunat bagi wanita yang telah bersuami ?

Jawaban
Tidak boleh bagi wanita untuk berpuasa sunat jika suaminya hadir (tidak musafir) kecuali dengan seizinnya, berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya) : “Tidak halal bagi seorang wanita unruk berpuasa saat suminya bersamanya kecuali dengan seizinnya” dalam riwayat lain disebutkan : “kecuali puasa Ramadhan”
Adapun jika sang suami memperkenankannya untuk berpuasa sunat, atau suaminya sedang tidak hadir (bepergian), atau wanita itu tidak bersuami, maka dibolehkan baginya menjalankan puasa sunat, terutama pada hari-hari yang dianjurkan untuk berpuasa sunat yaitu : Puasa hari Senin dan Kamis, puasa tiga hari dalam setiap bulan, puasa enam hari di bulan Syawal, puasa pada sepuluh hari di bulan Dzulhijjah dan di hari ‘Arafah, puasa ‘Asyura serta puasa sehari sebelum atau setelahnya.

(Al-Fatawa Al-Jami’ah Lil Mar’atil Muslimah, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang Wanita Muslimah, Amin bin Yahya Al-Wazan)

Silahkan menyalin & memperbanyak artikel ini dengan mencantumkan url sumbernya.
Sumber artikel : http://www.salafy.or.id/print.php?id_artikel=383