Senin, 14 Desember 2009

Bagaimana Tips agar bayi anda sehat

ASI Vs Sufor


Segera setelah kehamilan anda memasuki masa-masa akhir kehamilan, segera persiapkan persalinan dengan baik. Untuk memastikan yang terbaik bagi si kecil ada baiknya ibu memilih tempat bersalin yang mendukung gerakan ASI Eksklusif.

Ini dilakukan dengan maksud agar segera setelah bayi lahir, suster membantu ibu untuk mendekatkan mulut bayi ke puting sehingga insting bayi untuk menyusui segera terbentuk. Waspada akan hal ini karena kebanyakan rumah sakit langsung menanyakan susu formula apa yang ingin diberikan kepada si kecil kelak bila lahir.


Memilih Dokter Anak

Bila si kecil sakit dan perlu penanganan dokter, ibu mungkin ingin bertanya mengenai obat dan cara penggunaannya, namun jangan lupa untuk menanyakan apa penyebab sakit dan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Untuk alasan inilah ibu perlu memilih dokter anak yang benar-benar ingin membantu pasien dan tidak asal menjawab atau bahkan malas menjawab pertanyaan pasien. Ibu hendaknya tidak memilih dokter anak hanya karena dokter tersebut memiliki pasien yang banyak.

Polifarmasi dan Antibiotik

Bila mungkin hindari pemberian banyak obat pada saat yang sama terutama pada kondisi yang tidak perlu. Terkadang dokter memberikan antibiotik kepada anak walaupun penyakit anak disebabkan oleh virus. Padahal seharusnya antibiotik diberikan bila penyakit tersebut disebabkan karena bakteri.

Sebagai contoh infeksi radang tenggorokan yang terjadi harus dilakukan tes usap tenggorok sebelum pemberian antibiotik. Jika memang bayi/anak memerlukan antibiotik maka harusnya dokter memberikan antibiotik dengan spektrum sempit yang hanya bekerja pada bakteri yang dituju.

Penggunaan antibiotik dengan spektrum lebar disinyalir dapat membunuh bakteri baik sehingga justru kesehatan anak terganggu. Ada baiknya kita selalu berkonsultasi dengan ahli farmasi sebelum mengkonsumsi obat dan selalu mencatat/memfoto kopi obat yang diresepkan dokter untuk menelusuri apakah obat tersebut memiliki efek samping atau tidak

Solusi Biang Keringat Si Kecil
Oleh: Mira Retno S

Biang keringat merupakan salah satu penyakit yang mengganggu si kecil, bagaimana cara menghindarkan si kecil dari hal ini ?

Biang keringat biasanya berbentuk bintl-bintil warna merah yang disertai dengan rasa gatal di daerah dahi paha dan bagian tubuh lain yang tertutup kain. Biang keringat disebabkan karena adanya penyumbatan kelenjar keringat. Biasanya biang keringat diperparah dengan adanya udara yang panas dan pengap.

Biang keringat dapat dicegah dengan memandikan si kecil secara teratur pagi dan sore hari. Pastikan si kecil kering dengan memakaikan handuk lembut terutama pada daerah-daerah lipatan kulit seperti pangkal paha. Sekalah keringat si kecil yang berlebihan dengan lap basah dan keringkan dengan kain bersih. Bila perlu berikan bedak bayi untuk si kecil agar kulit si kecil selalu kering, segar dan terasa sejuk. Untuk mengurangi rasa panas dan pengap, gunakan baju berbahan katun yang tidak terlalu sempit.
Source : e-kehamilan.blogspot.com..

Reaksi:

0 komentar: