Minggu, 29 November 2009

Konsep Nutrisi

Gizi berasal dari bahasa arab “Al Gizzai” yang artinya makanan dan manfaat untuk kesehatan. Al Gizzai juga dapat diartikan sari makanan yang bermanfaat untuk untuk kesehatan. Ilmu Gizi adalah ilmu yang mempelajari cara memberikan makanan yang sebaik-baiknya agar tubuh selalu dalam kesehatan yang optimal. (Azwar, 2002)
Nutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang (Supartini, 2004). Nutrisi (gizi) merupakan asupan makanan yang diperlukan tubuh, dimana tubuh nantinya akan membentuk energi untuk melakukan aktivitas. Sedangkan energi merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas. Kaitan antara gizi dengan energi adalah karena nantinya kapasitas tubuh dalam menggunakan energi yang terdapat didalam gizi untuk proses metabolisme makanan.(Irianto kus, 2004)

Gizi merupakan unsur yang penting dalam nutrisi mengingat zat gizi tersebut dapat memeberikan fungsi tersendiri pada nutrisi, kebutuhan nutrisi tidak akan berfungsi secara optimal kalau tidak mengandung beberapa zat gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, demikian juga zat gizi yang cukup pada kebutuhan nutrisi akan memberikan nilai optimal.

Ada beberapa komponen zat gizi yang dibutuhkan pada nutrisi bayi dan anak yang jumlahnya sangat berbeda untuk setiap umur, secara umum zat gizi dibagi menjadi dua golongan yaitu golongan makro dan golongan mikro : untuk zat gizi golongan makro terdiri dari kalori H2O (air), untuk kalori berasal dari karbohidrat, protein dan lemak, H2O (air) sedangkan kelompok zat gizi mikro terdiri dari vitamin dan mineral (Behrnman, RE dkk, 1996).

Reaksi:

0 komentar: