Rabu, 25 November 2009

Kegiatan Pengembangan Karir

Ada beberapa kegiatan pengembangan karir yang dapat dilakukan menurut T. Hani Handoko (1987 : 131) mencakup :
1. Prestasi Kerja
Kegiatan paling penting untuk memajukan karir adalah prestasi kerja yang baik, karena hal ini mendasari semua kegiatan pengembangan karir lainnya.
2. Exposure
Kemajuan karir juga ditentukan oleh exposure. Yang berarti menjadi dikenal oleh orang – orang yang memutuskan promosi, transfer, dan kesempatan – kesempatan karir lainnya.
3. Permintaan Berhenti
Bila seorang karyawan melihat kesempatan karir yang lebih besar di tempat lain, permintaan berhenti mungkin merupakan suatu cara untuk mencapai sasaran karir.
4. Kesetiaan Organisasional
Dalam organisasi, orang – orang meletakkan kemajuan karir tergantung pada kesetiaan organisasional, kesetiaan organisasional rendah pada umumnya ditemui pada diri sarjana baru dan para profesional.
5. Mentors dan Sponsors
Mentor adalah orang yang menawarkan bimbingan karir informal. Bila mentor dapat memotivasi karyawan untuk kegiatan – kegiatan pengembangan karir, maka dia menjadi sponsor. Sponsor adalah orang dalam organisasi yang dapat menciptakan kesempatan – kesempatan pengembangan karir bagi orang lain.
6. Kesempatan – kesempatan Untuk Tumbuh
Bila karyawan meningkatkan kemampuan, maka berarti mereka memanfaatkan kesempatan untuk tumbuh. Hal ini berguna dalam pengembangan SDM internal maupun bagi pencapaian rencana karir karyawan.


Reaksi:

0 komentar: