Sabtu, 17 Oktober 2009

Mengaktifkan Windows Explorer via My Computer

Saya dapatkan tutorial ini dari blog tetangga,,he2x...silahkan anda coba 

Cara yang paling mudah untuk menjalankan Windows Explorer adalah dengan menggunakan shortcut Win+e, tetapi tidak semua keyboard mempunyai key Win ini terutama keyboard generasi lama. Untuk itu satu-satunya cara menjalankan Windows Explorer adalah melalui shortcut-nya di menu Programs.

Tetapi sayangnya teknik ini terkesan “lambat” karena harus menjalankan Start>Programs>Windows Explorer. Anda yang agak kreatif mungkin memasang shortcut ini di desktop atau quick launch untuk akses yang lebih cepat.

Sebenarnya ada cara lain yaitu melalui My Computer di desktop. Ada dua cara yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan My Computer ini untuk menjalankan Windows Explorer.

1. Cara ini adalah cara yang sangat berguna bagi Anda yang menggunakan komputer yang berbeda-beda, yaitu dengan menahan Shift kemudian mengklik atau menekan Enter pada icon My Computer.

2. Cara di atas tidak efisien jika Anda sering menggunakannya pada komputer yang sama. Untuk itu, Anda perlu mengubah My Computer agar membuka pada mode Explorer ketika dijalankan, tanpa perlu menekan tombol Shift terlebih dahulu.

Caranya adalah melalui pengeditan registry. Jangan lupa untuk mem-backup registry sebelum melakukan modifikasi manual ini.
1. Jalankan Registry
Editor yaitu dengan mengetikkan regedit pada Start>Run.
2. Kemudian masuklah
ke key HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}
\shell.

3. Buatlah key baru
(Edit>New>Key) dengan nama Open.

4. Di bawah key tersebut, buatlah subkey baru lagi dengan nama Command.

5. Klik ganda data string bernama (Default) pada key Command tersebut, kemudian isikan nilainya dengan explorer.exe /e,/n,::{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}

Hati-hati! Kesalahan sedikit saja pada pola tersebut, maka hasil kerja Anda ini akan sia-sia.
Jadi pastikan pola yang Anda tuliskan sudah tepat. Selamat mencoba.
source:http://www.aroenar.blogspot.com

Reaksi:

0 komentar: