Kamis, 29 Oktober 2009

Keparahan luka bakar

Dikembangkan oleh asosiasi luka bakar Ameriak digunakan untuk menetukan besarnya luka bakar dan untuk memberikan kriteria yang optimal dari sumber – sumber rumah sakit untuk perawatan pasien, terdiri dari :

a. Luka bakar minor
LB minor merupakan cedera dengan ketebalan parsial dengan luas permukaan total tubuh (LPPT) lebih kecil dari 15 % pada orang dewasa atau LPPT 10 % pada anak – anak, atau cedera ketebalan penuh dengan LPTT kurang dari 2 % yang tidak disertai dengan komplikasi apapun.
b. Cedera LB sedang tak terkontaminasi
Cedera LB sedang tak terkomplikasi adalah cedera ketebalan parsial dengan LPTT dari 15 % s.d 25 % pada orang dewasa atau LPTT dari 10 % sampai 20 % pada anak – anak, atau cedera ketebalan penuh dengan LPTT kurang dari 10 % yang tanpa disertai komplikasi lain.
c. Cedera LB mayor
- Cedera ketebalan parsial dengan LPTT lebih besar dari 25 % pada orang dewasa atau LPTT lebih besar dari 20 % pada anak – anak.
- Cedera ketebalan penuh dengan LPTT sama dengan 10 % atau lebih besar
- Luka bakar mengenai tangan, wajah, telinga dan kaki
- Cedera inhalasi
- Cedera sengatan listrik
- LB yang berkaitan dengan masalah – masalah ringan seperti cedera jaringan lunak, frkatur, trauma atau maslah – masalah kesehatan lain yang sudah ada sebelumnya.


Reaksi:

0 komentar: