Minggu, 18 Oktober 2009

Contoh Analisa Usaha

Misal kita contohkan Toko X :
1. Analisis kekuatan
Toko X mempunyai kekuatan seperti apa dan anda analisa sejauh mana dia bertahan, berapa lama usahanya.

2. Analisis kelemahan
Kelemahan dari menjalankan bisnis seperti membuka toko ini yaitu banyaknya persaingan antara pedagang satu dengan pedagang lain karena banyaknya dibuka grosir-grosir, yang menawarkan harga jauh lebih murah. Dan swalayan-swalayan pun banyak dibuka, dengan harga yang miring. Tetapi dalam membuka toko seperti ini kelemahan lainnya pun dapat kita temui, seperti makanan yang sudah kadaluarsa yang masih dijual.
Nah hal-hal diatas salah satu yang termasuk analisis kelemahan.

3. Analisis peluang usaha
Anda analisa apakah Toko X yang anda teliti mempunyai diversifikasi usaha dan bagaimana peluang mereka dibandingkan kompetitornya.

3. Analisis persaingan
Persaingan dari menjalankan bisnis seperti membuka toko ini yaitu banyaknya persaingan antara pedagang satu dengan pedagang lain karena banyaknya dibuka grosir-grosir, yang menawarkan harga jauh lebih murah. Dan swalayan-swalayan pun banyak dibuka, dengan harga yang miring. Apakah Toko X dapat bersaing dengan toko-toko lain yang serupa yang menawarkan barang yang lebih murah. Dan dapat juga bersaing dengan warung-warung kecil yang ada disekitarnya.
Ini salah satunya aja..bisa anda kembangkan yang lain.


4. Perspektif masa depan usaha
Analisa apakah usaha yang dimiliki menjadi sumber penghidupan yang menguntungkan dan menjanjikan dan apakah Masa depan usahanya  dapat memberikan kehidupan yang cerah dan dapat menjadi sampingan yang lumayan menjanjikan dengan keuntungannya.

5. Ramalan-ramalan tentang produksi yang dihasilkan
Ramalan-ramalan tentang produksi yang dihasilkan Toko X seperti apa, karena dengan melihat usahanya yang semakin hari semakin baik. Dan dapat dilihat dari jenisusaha yang dihasilkan semakin bertambah. Dan kita juga bisa melihat kalau produksi yang dihasilkan toko X bertambah untung ataukah rugi yang di dapat dan apakah kemajuannya sekarang Toko X mempunyi peluang usaha yang lebih maju dari sekarang.





Reaksi:

0 komentar: