Thursday, October 1, 2009

Akibat Melahirkan Caesar

Setiap wanita pasti ngilu kalo mendengar kata "caesar", hal ini terutama terjadi  pada wanita yang sedang hamil, selain para istri yang ngilu, para suami pun dibuat ketar-ketir, seandainya persalinan istrinya ada indikasi caesar...tau sendiri costnya berapa???
Saya menulis akibat operasi caesar ini, karena saya mengalami sendiri kejadian ini, sekitar pertengahan September 2009 yang lalu, istri saya ada tanda-tanda untuk melahirkan, saat itu ramalan dokter lewat usg, istri saya melahirkan tanggal 22 September, tapi pada tanggal 16 September saat periksa terakhir jelang kelahiran, istrinya mules-mules dan ada bercak darah di cdnya, dan setelah diperiksa sudah pembukaan 1 menuju 2, saat itu juga langsung masuk ruang perawatan, karena kurang persiapan ....dan saat itu bulan rhamadhan, istrinya kehabisa tenaga saat pembukaan menuju 5, akhirnya yah terpaksa deh dicesar.....prosesnya sangat singkat, cuman sekitar 25 menit bayi kami lahir dengan selamat, Alhamdulillah.....

Tapi yang akan saya bahas disini adalah kerugian akibat operasi ini, mesti menurut saya operasi ini sangat membantu dan melegakan .....
kerugiannya adalah sbb :
1. Perasaan si Ibu, kebanyakan ibu yang melahirkan caesar menganggap dirinya belum sempurna sebagai seorang wanita kalau tidak melahirkan secara normal.....mesti anggapan ini tak selamanya dialami semua orang, tapi saya yakin dihati kecilnya semua wanita ingin melahirkan secara normal.

2. Masalah Biaya, biaya operasi ini relatif mahal dibanding yang normal, saat itu istri saya tergolong cukup murah sih, 6 juta sudah berikut pengurusan akte..lahirnya di klinik khusus kebidanan harapan bunda bandung....yang saya tau temen2 saya yang caesar ada yang 20 juta dan 11 juta dan paling rendah sekitar 7 jutaan...

3. Pasca operasi, ini dia yang maha mahal untuk ditebus seorang ibu, operasi caesar meninggalkan luka parut di perut. Maka, kehamilan berikutnya disarankan untuk berjarak sekitar 2 tahun. Kemudian jumlah anak pun menjadi terbatas karena parut luka di rahim akan membatasi jumlah operasi. “Hanya tiga anak yang bisa dilahirkan lewat caesar, karena kondisi rahim yang mudah robek,” terang Dr. Boyke, yang lebih suka menghadapi kelahiran normal.

Pasca pemulihan kelahiran caesar memakan waktu lebih lama dari kelahiran normal. Bahkan ibu berpeluang mendapatkan infeksi pasca lahir juga perdarahan. Dan yang perlu diingat oleh para ibu adalah setiap tindakan operasi sekecil apa pun selalu ada risikonya. Begitu juga dengan caesar. Pembedahan pada rongga perut akan mengakibatkan perlekatan antar organ dalam rongga perut. Itulah yang menjadi alasan mengapa perlu waktu lebih lama untuk kehamilan berikutnya.

4. kerugian bagi bayi, alhamdulillah putra saya tidak mengalami gangguan apa2, seperti layaknya bayi caesar yang ada gangguan, spt : bayi kuning, dll.
Operasi caesar memang menguntungkan jika dilakukan dengan alasan yang tepat,  Tetapi, menjadi sia-sia jika tanpa alasan medis. Tentu karena operasi ini menguras dana yang tidak sedikit. Yang mungkin lebih baik jika dana ini dialihkan untuk keperluan yang lain.

Kecuali itu, operasi ini pun merugikan janin jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Misalnya saja terjadi waktu operasi yang terlalu lama. Akibatnya, anestesi yang semula hanya ditujukan buat si ibu, bisa mempengaruhi janin. Sehingga bayi yang dilahirkan tidak langsung menangis. Kelambatan menangis ini bisa menyebabkan kelainan hemodinamika. Begitu juga saat pengeluaran air ketuban di saluran napas. Pada persalinan normal, karena bayi melewati jalan lahir yang sempit sehingga sisa cairan terperas keluar. Tidak demikian halnya pada persalinan caesar.

Kondisi-kondisi tersebut tentu akan berpengaruh pada skor apgar, yaitu penilaian terhadap kemampuan adaptasi bayi dengan lingkungan barunya. Nah, kini Anda sudah tahu untung ruginya. Dan pada akhirnya hanya Anda yang tahu yang terbaik buat diri sendiri dan si buah hati.
Tapi jauh dibalik itu...saya bersyukur, atas kelahiran putra pertama kami, caesar telah menolong istri saya......semoga para istri dan suami bisa mengambil hikmah dari kisah ini...
Selamat berjuang untuk kelahiran putra-putrinya...



1 comments:

via said...

Alhamdulillah saya 2 kali melahirkan secara normal. Kebetulan saya melahirkan pd pagi dan malam hari, dan lucunya yang telaten ngasih madu itu suami jadi saya ngga sadar kalau madu itu ternyata membuat tenaga saya jadi kuat untuk melahirkan.Tipsnya supaya nggak kehabisan tenaga banyakin deh konsumsi madu...