Minggu, 20 September 2009

Tips Melahirkan agar Tidak Caesar/Cesar/SC

Berbagi sedikit tips untuk anda yang menjelang kelahiran putra/putrinya agar tidak caesar, memang agak susah meramalkan kelahiran anak anda, apakah normal atau caesar...hal ini saya alami saat kelahiran anak saya yang pertama, beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 16 September 2009, saya melakukan pemeriksaan terakhir ke Dokter kandungan, saat itu dari pagi tidak anda tanda-tanda bahwa istri dah pembukaan dan mau melahirkan, sesampainya di Klinik Kebidanan, istri baru merasakan sakit dan saya curiga. akhirnya setelah kekamar mandi, ada bercak sedikit (darah) di Cdnya...dan dengan perasaan cemas..kami didahulukan untuk diperiksa dan ditempatkan diruangan VK, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata sudah pembukaan 1 kata bidan, akhirnya jam 8 malem itu kami masuk ruang perawatan, karena mungkin panik akhirnya kelahiran anak kami yang pertama ini istri ga kuat dan di caesar.
Tapi ada beberapa hikmah yang akan saya bagi kalau ingin kelahiran putra pertama tidak cesar.

1. Kalau sudah memasuki bulan kesembilan atau minggu ke 36 keatas kehamilan...anda harus lebih hati-hati dengan kandungan istri anda. Usahakan tiap pagi banyak jalan dan olahraga ringan, jangan beraktvitas terlalu berat.

2. Cukupkan gizi untuk istri anda, karena melahirkan merupakan suatu aktivitas yang maha berat, perjuangan antara hidup dan mati.

3. Banyak minum air kelapa muda, mesti banyak orang mengatakan ini mitos, tapi alhamdulillah anak kami kulitnya lebih bersih dan lebih putih.

4. Kalau istri anda sudah merasakan sakit atau sedikit sakit, usahakan makan secukupnya, kejadian istri saya ga kuat, karena waktu itu sebelum melahirkan makannya sedikit sehingga waktu pembukaan 1-4, sudah ga kuat alias lemes kekurangan tenaga.

5. Orang tua dulu menyarankan untuk makan telur ayam kampung pas menjelang kelahiran, katanya menambah tenaga

6. Rajin berdoa dan membaca Alquran

7. Calon ibu jangan minum obat tanpa resep dokter dan jangan makan makanan yang mengandung ragi atau yang panas-panas secara berlebihan seperti tape, durian agar tidak menganggu perkembangan janin. Sebaiknya tidak memakan daun pepaya karena pepaya bisa membuat empuk daging, hal ini untuk mencegah ari-ari/placenta menjadi hancur dan dikhawatirkan ada yang tertinggal di dalam rahim

8. Kalo tips yang satu ini saya dapatkan dari blog lain :
# Sebelum berangkat ke Rumah Sakit jangan lupa sungkem minta maaf pada orang tua terutama pada ibu dan mohon restunya agar melahirkan dengan lancar tanpa kurang suatu apapun juga. Selain itu bayi di dalam kandungan kita elus-elus dengan berkata agar bayi nanti jangan membawa masalah dan lahir dengan lancar bila sudah sampai di Ruimah Sakit karena jalan sering macet biar tidak lahir di jalan. (ini perlu sering dilakukan agar ada komunikasi dengan bayi)

# Waktu sudah saatnya dan sudah ada tanda-tanda akan melahirkan (keluar vleg-vleg merah) segera berangkat ke Rumah Sakit/ Klinik bersalin dengan membawa pakaian yang diperlukan yaitu daster/baju dengan kancing didepan agar bisa untuk menyusui. Sedangkan baju bayi nanti kalau sudah waktunya pulang karena biasanya disediakan oleh Rumah Sakit. Pakaian untuk ibu sebaiknya disiapkan sebelumnya bila kandungan telah memasuki bulan ke 9 untuk berjaga-jaga bila suatu waktu terasa akan melahirkan.

# Selama di Rumah Sakit, pada waktu makan tiba sebaiknya tetap makan meskipun perut terasa mulas karena kalau tidak makan badan akan lesu dan tidak punya energi. Ini saya lakukan meskipun mengundang tawa yang melihat karena sebentar-sebentar berhenti makan karena waktu perut mulas berjongkok menahan sakit. Tapi nggak apa-apa, inilah seninya mau menjadi ibu.

# Ketika sudah waktunya dibawa masuk ke ruang bersalin, jangan lupa baca doa dan konsentrasi mendengarkan perintah bidan/dokter yang menolong persalinan dan jangan memikirkan yang lain. Serahkan semua pada yang Maha Kuasa dengan membaca dzikir agar hati menjadi tenang dan tidak tegang. Ini perlu sekali agar otot-otot tidak kejang dan mudah dalam melahirkan.

# Bila terasa mules, pantat jangan sekali-kali diangkat agar nanti tidak banyak jahitannya.

# Bila anak telah lahir, jangan lupa mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang dan mengucapkan terima kasih kepada tenaga medis yang telah menolong persalinan.
Mudah-mudahan kelahiran putra/putri anda berjalan dengan lancar dan normal.
Kalau anda belum menemukan nama bayi buat buah hati anda kunjungi situs yang satu ini

Klik Disini



Reaksi:

0 komentar: