Rabu, 09 September 2009

Tips Bepergian Bagi Wanita Hamil

Ada beberapa tips aman saat anda ingin bepergian diwaktu hamil, informasi ini saya dapatkan dari majalah mini Prenagen,
1. Keamanan
Usia kehamilan 3-6 Bulan biasanya masih aman dan belum terlalu merepotkan bagi wanita hamil untuk bepergian. sebaiknya berkonsulatsilah dahulu dengan dokter anda sebelum pergi, terutama jika anda mengidap tekanan darah tinggi, kencing manis atau riwayat penyakit lainnya. Pada kehamilan muda (3 bulan pertama) badan masih menyesuaikan diri dengan perubahan fisik dan emosi akibat kehamilan sehingga bepergian tidak dianjurkan. Begitu juga saat kehamilan sudah lanjut 6-9 bulan, ibu sebaiknya tidak lagi bepergian jauh mengingat bayi dapat lahir sewaktu-waktu

2. Tujuan 
Saat hamil , terjadi peningkatan metabolisme tubuh sehingga bepergian ke tempat panas dan lembab mungkin terasa tidak nyaman. Jika terpaksa , gunakan hotel dan transportasi yang memiliki pendingin (AC). hindari terkena sinar matahari langsung yang lama, serta perbanyak minum air putih. sebaiknya kegiatan dibatasi agar tidak mudah lelah

3. Perbekalan
Sebaiknya bawalah persedian vitamin dan suplemen kehamilan yang biasa anda konsumsi, serta susu untuk ibu hamil atau makanan kecil lainnya yang dibutuhkan.
Usahakan selalu menyantap makanan yang bersih dan hindari makanan yang belum matang/mentah seperti buah-buahan yang belum dikupas atau sayuran mentah, serta susu yang belum dipasteurisasikan/disterilkan dengan benar. Jangan lupa mengenakan sepatu yang nyaman untuk bepergian. Buku bacaan , tabur surya, tisu basah dsb mungkin juga perlu dibawa dalam perjalanan agar terasa lebih nyaman.

4. Perencanaan
karena kondisi badan wanita hamil sangat rentan dan mudah capek, perencanaan yang matang sangat penting:
- sebaiknya jangan pergi ke beberapa tempat sekaligus melainkan ke satu tempat saja
- hindari bepergian dalam tur mengingat jadwal tur yang padat dan terburu0buru seringkali tidak cocok bagi wanita hamil.
- rencanakan sendiri jadwal bepergian sehingga anda dapat mengatur jumlah istirahat yang diperlukan
- selingi kegiatan yang melelahkan dengan bersantai, misalnya membaca, menonton fil atau tidur siang.

5. Bepergian dengan pesawat
Mintalah kursi di pinggir gang sehingga memudahkan anda jalan-jalan atau pergi ke toilet. pakailah sabuk pengaman dengan nyaman dibawah perut anda. Jangan lupa minum susu/jus/air putih untuk menghindari kekurangan cairan.

Reaksi: