Rabu, 09 September 2009

Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen merupakan langkah strategis yang harus dilalui suatu organisasi dalam melakukan berbagai aktivitas secara tepat/efektif dan efisien serta untuk mengurangi kemungkinan dari ketidak pastian seminimal mungkin sehingga tujuan organisasi benar-benar dapat tercapai optimal dan terarah sesuai harapan atau keinginan. Fungsi-fungsi manajemen seperti yang di kemukakan oleh beberapa pendapat, diantaranya Louis. A. Allen, Prajudi. A, Jhon Robert B. Phd, Hendry. F, William H. Newman, SP. Siagian dan lain-lain yang pada hakikatnya fungsi manajemen terdiri dari :

a. Forecasting, yaitu kegiatan meramal, memproyeksikan atau mengadakan tafsiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum rencana yang lebih pasti dibuat/dilakukan seperti contoh sebelum membuat suatu rencana terlebih dahulu meramalkan berapa besar kebutuhan yang diperlukan.

b. Planning termasuk Budgeting yaitu penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan yang memiliki batasan-batasan yang agak komplek dan rumit dan menetapkan apa yang harus dicapai, dimana harus dicapai, bagaimana hal itu tercapai serta berapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk mencapainya maka batasan perumusan perencanaan merupakan penetapan jawaban pada enam pertanyaan, yaitu :

- Tindakan apa yang harus dikerjakan;
- Apa sebabnya tindakan itu harus dikerjakan;
- Dimana tindakan itu harus dilaksanakan;
- Kapan tindakan itu dilaksanakan;
- Siapa yang melakukan tindakan tersebut;
- Dan bagaimana caranya melaksanakan tindakan itu;

c. Organizing, yaitu dimaksudkan untuk mengelompokkan kegiatan yang diperlukan yang ditetapkan berdasarkan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari setiap unit yang ada dalam organisasi serta dapat dirumuskan sebagai keseluruhan aktivitas manajemen dalam pengelompokan didasarkan pada penetapan orang-orang serta penetapan tugas, fungsi, wewenang dan tanggung jawab masing-masing.

d. Staffing, atau Assembling; fungsi ini erat kaitannya dengan organisasi berupa penyusunan wadah legal suatu organisasi. Staffing berhubungan dengan penetapan orang yang akan melakukan aktivitas dan memangku jabatan, untuk itu diperlukan adanya usaha pengembangan tenaga kerja sejak merekrut tenaga kerja, memberi tugas agar memberi daya guna yang maksimal.

e. Directing/Comanding, yaitu fungsi manajemen yang berhubungan dalam usaha memberi bimbingan, saran, perintah dan instruksi pada bawahan dalam pelaksanaan tugas untuk mencapai hasil secara tepat dan baik sesuai harapan.

f. Leading, yaitu fungsi manajemen sebagai pekerjaan manajer (Pimpinan) agar orang-orang mau melakukan tindakan, memberi semangat, memperbaiki sikap pada bawahan dan lain-lain.

g. Coordinating yaitu fungsi ini bertujuan agar tidak terjadi kekacauan dalam setiap tindakan yang dilakukan maka perlu adanya kordinasi yang harmonis dalam mencapai tujuan organisasi;

h. Motivating yaitu berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan agar mau melakukan kegiatan secara sukarela sesuai yang dikehendaki oleh atasan tersebut.

i. Controlling atau pengawasan atau sering disebut pengendalian yaitu berupa penilaian dan sekaligus bila perlu mengadakan koreksi secara dini sehingga apa yang dilakukan bawahan tidak menyimpang dari rel atau jalan yang telah direncanakan;

j. Reporting, yaitu berupa penyampaian perkembangan atau hasil-hasil kegiatan atau pemberian keterangan yang berkenaan dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan dalam mencapai tujuan dalam bentuk gambaran tentang pelaksanaan tugas yang memberi laporan.

Reaksi:

0 komentar: