Jumat, 07 Agustus 2009

Tugas Kuliah Tentang Kriptanalisis

Kriptografi menyebabkan timbulnya kriptanalisis, yaitu ilmu pengetahuan dan seni untuk membongkar data acak [3]. Praktisi dari kriptanalisis disebut kriptanalis. Kriptanalis berkembang sejalan dengan kriptografi. Setiap ada algoritma kriptografi baru yang dibuat oleh kriptografer, langsung diikuti oleh adanya upaya percobaan kriptanalisis. Percobaan kriptanalisis ini disebut attack (serangan).

Kriptanalisis mencoba megembalikan data jelas tanpa akses ke ke kunci kriptografi. Ukuran keberhasilan suatu upaya kriptanalisis adalah sampai sejauh mana keberhasilan diketahuinya data jelas atau kunci kriptografi.
Asumsi dasar dari suatu kriptosistem adalah bahwa seorang kriptanalis mengetahui keseluruhan mekanisme enkripsi kecuali kuncinya. Berdasarkan itu, maka serangan terhadap suatu kriptografi dapat diklasifikasikan menjadi empat, yaitu [3] :

Ciphertext-only attack
Pada jenis serangan ini, kriptanalis mempunyai ciphertext dari beberapa data yang dienkripsikan dengan algoritma kriptografi yang sama. Tujuan kriptanalis adalah mendapatkan plaintext dari ciphertext atau lebih baik lagi menarik kesimpulan megnenai kunci yang digunakan.

Known-palintext attack
Pada jenis serangan ini, kriptanalis tidak hanya memiliki ciphertext, tetapi juga plaintext dari ciphertext tersebut. Tujuan kriptanalis adalah menarik kesimpulan mengenai kunci yang digunkan untuk mengenkripsi data atau algoritma untuk mendekripsikan ciphertext.

Chosen-plaintext attack
Pada jenis serangan ini, kriptanalis selain megetahui ciphertext dan plaintext, juga dapat memilih plaintext yang diinginkan yang biasanya memiliki lebih banyak informasi tentang kunci. Tujuan kriptanalis adalah menarik kesimpulan mengenai kunci yang diguankan untuk mengenkripsi data.

Adaptive-chosen-paliantext attack
Pada hal ini kriptanalis tidak hanya dapat memilih plaintext yang telah dienkripsi, tapi ia juga dapat memodifikasi pilihannya tersebut berdasarkan hasil enkripsi sebelumnya. Kriptanalis mengetahui blok palaintext yang lebih kecil dan kemudian memilih yang lainnya berdasarkan hasil enkripsi pertama, kedua dan seterusnya.




Reaksi:

0 komentar: