Selasa, 18 Agustus 2009

Tentang Google Docs - Kolaborasi Office secara Gratis

Inilah tutorial yang akan menjadi solusi bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi pengolah kata layaknya Ms.Office secara gratis. Yah anda Menyebutnya Google Docs,Tampilannya berbasis Web, dengan apliasi ini anda dapat membuat dokumen baru, seperti doc, xls, dan bisa juga file odt, ods, rtf, csv, ppt, dan html. Tentu ini jauh lebih komplit karena file berektensi odt itu anya hdimiliki oleh open office.
Tampilannya mirip dengan MS. Office 2003, sehingga akan dengan mudah menjalankannya.
Fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain adalah fitur kolaborasi, fitur ini bisa langsung anda gunakan degan memberi cek di depan nama file, lalu klik tombol share di atasnya. sebuah boks akan menawarkan berbagai pilihan akan muncul, tersedia opsi "as collaborator" yang akan membuka akses baca tulis dokumen utuk orang-orang terpilih, sementara fungsi as viewer hanya akan memberikan akses baca saja.

Anda juga dapat mengirimkan undangan untuk mengakses dokumen dengan mengetikan alamat-alamat email yang akan diberi hak akses. alamat e-mail yang dimasukan harus merupakan e-mail Google atau email lain yang sudah tergabung dengan google.
Dalam undangan juga anda diperbolehkan untuk mengatur agar fitur kolaborasi dapat diakses oleh banyak pengguna dari satu mailing list ataupun memungkinkan pengguna yang anda undang mengundang orang lain. nantinya, bila undangan dibuka, penerima undangan akan meneriam sebuah link yang isinya dokumen yang anda bagi pakaikan. selanjurnya ia harus login dengan akun Googlenya untuk mengedit dokumen tersebut.

Untuk memudahkan dalam berkolaborasi , saat mengedit dokumen akan muncul jendela chat di layar spreadsheet dan fitur revisi dokumen akan mencatat "siapa mengganti apa" dan kapan".
Salah satu kelebihann lain adalah anda dapat mempublikasikan isi dokumen ke web ataupun blog hanya dengan dua kali klik More actions>Publish dan dokumen pun langsung dibagi pakaikan ke dunia maya. (Sumber : Majalah Info Komputer:April 2009)
Alamat Situs Google Docs : http://www.google.com/docs


Reaksi:

0 komentar: