Jumat, 21 Agustus 2009

Klasifikasi Tumor Otak menurut Lionel Ginsberg

Definisi Tumor otak
Massa abnormal berasal dari sel – sel yang mengalami proliferasi, sel – sel neoplasma berasal dari sel – sel yang sebelumnya adalah sel – sel normal, namun selama mengalami perubahan neoplastik mereka memperoleh derajat otonomi tertentu yaitu sel neoplastik tumbuh dengan kecepatan yang tidak terkoordinasi dengan kebutuhan hospes dan fungsi yang sangat tidak tergantung pada pengawasan homeostatis sebagian besar sel tubuh lainnya. Pertumbuhan sel neoplastik biasanya progresif yaitu tidak mancapai keseimbangan, tetapi lebih banyak mengakibatkan penambahan massa sel yang mempunyai sifat – sifat yang sama. Neoplasma tidak melakukan tujuan yang bersifat adaptasi yang menguntungkan hospes tetapi lebih sering membahayakan ( patofisiologi konsep klinis proses – proses penyakit edisi 6 volume 1, Sylvia A Price & Lorraine M Wilson ).

Neoplasma jinak ( tumor ) adalah peristiwa lokal semata sel – sel yang berfoliferasi yang merupakan neoplasma cenderung sangat kohesif, sehingga sewaktu massa sel itu tumbuh terjadi perluasan massa secara sentrifugal dengan batas yang sangat nyata ( patofisiologi konsep klinis proses – proses penyakit edisi 6 volume 1, Sylvia A Price & Lorraine M Wilson ).
“ Tumor otak adalah merupakan sebuah lesi yang terletak pada intra kranial yang menempati ruang di dalam tengkorak “ ( Brunner & suddart, KMB volume 3 ).
“ Tumor otak merupakan salah satu bagian dari Space Occupaying Lession ( SOL ) di intra kranial “ ( Lia Nugraha. 2007

Tumor otak dapat diklasifikasikan sebagai berikut menurut ( Lionel Ginsberg, Neurologi :117 ) yaitu :
a. Benigna umumnya ekstra aksial, yaitu tumbuh dari meningen, nervus kranialis, atau struktur lain dan menyebabkan kompresi ekstrinsik pada substansi otak
b. Maligna umumnya intra aksial yaitu berasal dari parenkim otak :
1) Primer umumnya berasal dari sel glia ( glioma ) tumor ini diklasifikasikan maligna karena sifat invasif lokal, metastasis ekstrakranial sangat jarang, dan dikenali bebrbagai subtipe histologi dan derajat diferensiasi.
2) Sekunder metastasis dari tumor maligna dari bagian tubuh lainnya.

Reaksi:

1 komentar:

wewew...
_______________________________________________________
WWW.KENALANYUK.COM <== facebook buatan INDONESIAA ASLIIII!!! AYOOO GABUNG!!!!