Rabu, 12 Agustus 2009

Google Ciptakan Mesin Pencari Terbaru yang lebih dahsyat

Dari judulnya, anda mungkin membayangkan banyak hal, sebuah situs yang maha besar yang berisi semua tautan dari ratusan juta website yang ada di dunia, pencarian yang sangat komplek dengan berbagai kategori pencarian mampu dilakukan google, sebagai mesin pencari terbesar dan terhebat sepanjang masa, google berhasil menjadi bagian dari peradaban, saya sebut peradaban, karena dari fungsinya, google telah menjadi harapan besar sumber telusur digital, bagi sebagian pengguna internet di Indonesia, barangkali google lebih banyak digunakan untuk pencarian konten2 yang tak senonoh (info ini ga sembarangan loh, bahkan sekelas Onno W.Purbo di seminar yang pernah saya ikuti, beliau mengungkapkan bahwa Indonesia sebagai salah satu yang terbesar yang mengkonsumsi layanan porno ini).
Ironis bukan...padahal masih banyak layanan lain yang mempunyai manfaat yang dahsyat untuk kemajuan bangsa, salah satunya : wikipedia.
Dalam artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang wikipedia dan yang lainnya, tapi yang akan saya bahas adalah sebuah berita yang menyebutkan bahwa google sedang menyiapakan sebuah mesin pencari terbaru, mesin ini akan digenjot kemampuannya agar bisa lebih optimal. berikut petikan berita yang saya ambil dari kompas.com

"Google akan meningkatkan kemampuan mesinnya menggunakan kafein. Bukan kafein dalam arti sebenarnya lho. Caffeine adalah kode rahasia untuk proyek pengembangan teknologi pencarian baru tersebut.

"Selama beberapa bulan terakhir, tim besar di Google telah bekerja dalam sebuah proyek rahasia: suatu arsitektur generasi baru mesin pencarian Google," tulis Sitaram Iyer, staff Software Engineer dan Matt Cutts, Principal Engineer Google dalam blog resmi Google.

Target utama pengembangan Caffeine adalah menciptakan cara pencarian yang menghasilkan hasil lebih cepat, akurat, dan seusia konteksnya. Pencarian yang relevan terhadap waktu seperti yang dilakukan Twitter dan Bing mungkin salah satu yang akan juga digarap.

Infrastruktur untuk teknologi tersebut dibuat satu atap dengan mesin pencarian yang dipakai sekarang. Karena itu, sebagian besar pengguna tidak terlalu merasakan perubahan hasil pencarian. Namun, pengembangn web dan pengguna internet yang selama ini sangat mengandalkan hasil pencarian dalam bisnisnya akan merasakan perubahan.

Karena itu, Google membuka kesempatan semua pengguna internet khususnya para pengembang software untuk memberikan masukan terhadap proyek tersebut. Meski baru tahap awal, hasil pencarian dengan teknologi ini sudah bisa dijajal dalam situs http://www2.sandbox.google.com.

Saat menjajal, jangan lupa klik pilihan "Dissastified?Help us improve" di bagian bawah dan jangan lupa masukkan kata "caffeine" dalam komentar Anda untuk membedakan masukan terhadap mesin pencarian yang biasa."

Makin hebat saja google ini, saat ini google menduduki situs No.1 di seluruh dunia dan diakses oleh miliaran pengguna internet....
Peradaban makin maju, akankah kita masih menyaksikan generasi muda kita yang memanfaatkan teknologi ini dengan cara yang salah, diawal kemunculannya, internet di Indonesia banyak di asumsikan negatif dan memang dimanfaatkan secara negatif, sejak banyaknya penolakan user Indonesia karena kartu kredit palsu, hal ini makin diperparah dengan banyaknya user Indonesia yang mengakses situs-situs yang tak senonoh...


Reaksi:

0 komentar: