Kamis, 16 Juli 2009

Tentang Post Partus

1. Post Partus
a. Pengertian Post Partus 
Post partus adalah waktu penyembuhan dan perubahan, waktu kembali pada keadaan tidak hamil dan penyesuaian terhadap penambahan keluarga baru (Hamilton, 1995 : 281).
Masa nifas (puerperium) adalah masa pulih kembali, mulai dari persalinan selesai sampai alat-alat kandungan kembali seperti pra hamil, lama masa nifas ini yaitu 6 – 8 minggu (Mochtar, 1998 : 115). 
Masa puerperium atau masa nifas mulai setelah partus selesai, dan berakhir setelah kira- kira 6 minggu (Hanifa, 2005 : 238).
Dari ketiga pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa post partus merupakan waktu yang diperlukan untuk pulihnya kembali alat reproduksi ke masa sebelum hamil yang lamanya sekitar 6 – 8 minggu. 

b. Periode Post Partus 
Menurut Prof. Dr. Rustam Mochtar, MPH (1998 : 115), post partus dibagi dalam 3 periode, yaitu : 
1) Puerperium dini, yaitu kepulihan dimana ibu telah diperbolehkan berdiri dan berjalan-jalan. Dalam agama Islam, dianggap telah bersih dan boleh bekerja setelah 40 hari. 
2) Puerperium intermedial, yaitu kepulihan menyeluruh alat-alat genitalia yang lamanya 6 – 8 minggu. 
3) Remote puerperium, yaitu waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat sempurna terutama bila selama hamil atau waktu persalinan mempunyai komplikasi. Waktu untuk sehat sempurna bisa berminggu-minggu, bulanan, atau tahunan. 
(Berbagai Sumber)



Reaksi:

0 komentar: