Sabtu, 18 Juli 2009

Tentang Meningeans

Meningeans terdiri dari tiga lapisan yaitu :
a. Duramater, membran yang kuat dan tebal yang memisahkan jaringan saraf pusat dari dinding kranium.dibawah duramater terdapat rongga subdural (tidak berisi liquor).
b. Arachnoid, membran yang tipis dan halus antara duramater dan piamater,dibawah lapisan ini terdapat rongga subarachnoid yang dialiri liquor serebrospinalis dan pembuluh darah.
c. Piamater, merupakan selaput lapisan otak yang paling dalam, yang langsung berhubunagan dengan jaringan otak serta mengikuti konvolusinya

Otak merupakan jaringan yang konsistensinya kenyal menyerupai agar dan terletak didalam ruangan yang tertutup oleh tulang, yaitu kranium (tengkorak), yang secara absolut tidak dapat bertambah volumenya, terutama pada orang dewasa, berat otak manusia sekitar 1400 gram (Satyanegara, 1998 :12).
Otak berfungsi sebagai pusat integrasi,koordinasi organ-organ sensorik, pengaturan informasi yang masuk, simpanan pengalaman, impuls yang keluar dan tingkah laku.Jaringan otak dilindungi oleh beberapa pelindung, mulai dari permukaan luar adalah : kulit kepala yang mengandung rambut, lemak dan jaringan lainnya, tulang tengkorak, meningens (selaput otak) dan liquor serebrospinalis.



Reaksi:

0 komentar: