Minggu, 19 Juli 2009

Tentang Halusinasi penglihatan dan Prosesnya

Halusinasi penglihatan adalah klien melihat gambaran yang jelas / samar-samar tanpa stimulus yang nyata dan orang lain tidak melihatnya.
Halusinasi penglihatan adalah stimulus penglihatan dalam bentuk pancaran cahaya, gambar geometric, gambar karton, dan/atau panorama yang luasdan kompleks. Penglihatan dapat berupa sesuatu yang menyenangkan atau yang menakutkan seperti monster. ( Stuart and Sundeen, Alih bahasaAchir Yani S. Hamid, 1998 : 306 )

Klien dengan skizofrenia paranoid memiliki sifat curiga yang berlebihan pada orang lain, hati-hati, tidak ramah, mudah tersinggung, suka menyendiri, sombong dan mudah tegang sehingga apabila klien mempunyai masalah,maka ketegangan akan semakin memuncak, sifat suka menyendiri dan curiga yang berlebihan membuat kien enggan untuk menceritakan masalah yang dihadapinya, cenderung memendam masalah. Keadaan seperti ini membuat kecemasan semakin meningkat yang menyebabkan metabolisme tubuh terganggu, terutama daerah otak, termasuk system limbic, korteks frontalis dan basal ganglia, sehingga akan mengeluarkan suatu zat yang bersifat halusinogenik melalui system limbic yaitu dopamine neurotransmitter. Kurangnya komunikasi klien denagn individu lain menyebabkan terjadinya halusinasi lihat.








Reaksi:

0 komentar: