Minggu, 19 Juli 2009

Aspek-aspek Klinis Post Partus

1) Suhu 
Bengkak payudara, yang umumnya terjadi pada hari ketiga atau keempat masa nifas, diperkirakan menyebabkan naiknya suhu badan yang disebut dengan demam susu. Mungkin disebabkan oleh bendungan vaskuler dan limfatik, tetapi tidak berlangsung lebih dari 24 jam.
 
2) Nyeri 
Nyeri yang disebut after pains atau mulas yang disebabkan oleh kontraksi rahim, biasanya berlangsung 2 – 4 hari pasca persalinan. Pada primipara, uterus nifas tetap berkontraksi tonik kecuali kalau ada bekuan darah, sisa plasenta, atau benda asing lain yang tersisa di dalam rongga rahim, yang menyebabkan kontraksi hipertonik untuk mendorong keluar benda asing tersebut. Pada multipara, uterus sering berkontraksi kuat berselang-seling, kontraksi menimbulkan perasaan nyeri. Nyeri setelah melahirkan juga ditemukan kalau bayi menyusu, yang disebabkan karena pelepasan oksitosin, dan nyeri berkurang intensitasnya pada hari ketiga setelah kelahiran. 

3) Lochea 
Lochea adalah secret yang dikeluarkan lewat vagina yang ditimbulkan dari pengelupasan jaringan desidua secara terus menerus pada awal masa nifas (Cunningham, 1995 : 288). Secara mikroskopik lochea terdiri dari eritrosit, kelupasan desidua, sel-sel epitel dan bakteri. Keluaran lochea keseluruhan setelah melahirkan adalah 400 – 1200 ml, normalnya memiliki bau apek atau amis, bila bau busuk dan bernanah menandakan terjadinya infeksi. 




Reaksi:

0 komentar: