Kamis, 21 Mei 2009

SAP Ketidakmauan klien untuk berinteraksi - Gangguan Interaksi Sosial

A. Pengertian
Interaksi social adalah bagaimana cara kita berhubungan dengan orang lain dimana perilaku individu yang satu mempengaruhi, mengubah, dan memperbaiki individu yang lain atau sebaliknya
B. Cara berinteraksi
Dalam berinteraksi ada dua cara untuk mengungkapkannya yaitu:
 Lisan, diungkapkan dengan bentuk kata-kata yang diucapkan atau dituliskan
 Secara tidak lisan, diungkapkan dalam bentuk gerakan badan, ekspresi wajah, pandangan mata dan lain-lain
C. Jenis-jenis interaksi
 Hubungan pribadi, yaitu hubungan antara dua orang dalam hubungan tertentu
 Hubungan social, yaitu hubungan antara individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, serta berinteraksi dalam kegiatan sehari-hari
D. Keuntungan berinteraksi
 Mempunyai banyak teman
 Menambah pengalaman
 Mudah mendapat bantuan dari orang lain
 Dapat membagi pengalaman dengan orang lain
 Dapat berbagi perasaan dengan orang lain
 Dapat mengetahui perasaan orang lain

E. Kerugian tidak berinteraksi
 Tidak mempunyai teman
 Tidak dapat menyelesaikan masalah
 Dikucilkan dari masyarakat
 Orang lain tidak menghargai kita
 Menimbulkan rasa curiga pada diri kita sehingga kita berfikiran negative kepada kita

F. Cara berhubungan dengan baik
 Memperkenalkan diri dengan cara:
• Mengucapkan salam
• Berjabat tangan
• Menyebutkan nama
• Membicarakan tujuan berinteraksi
 Menjawab sesuai dengan pertanyaan yang diberikan
 Menataplawan bicara
 Bila tidak setuju dengan ungkapan lawan bicara, bicarakan langsung saat itu juga dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak disertai dengan marah
 Akhiri pertemuan atau pembicaraan dengan:
• Mengucapkan terima kasih dan berjabat tangan
• Mengucapkan salam
• Berpamitan




Reaksi:

0 komentar: