Wednesday, May 20, 2009

MEMBUAT BLOG & TIPS-TRIKNYA

Blog dari hari ke hari makin membumi saja, begitu popular dan membius orang untuk berlama-lama didepan Komputer. Situs yang bernama www.bloggger.com dengan produknya blogspot.com, merupakan bagian dari perusahaan raksasa Google.com. Lihat saja peringkatnya di www.alexa.com, masuk jajaran 10 top dunia, lebih tepatnya peringkat ke 9 dunia.
Sudah puluhan juta blog tercipta dari tangan dingin si blogspot ini, bagi sebagian yang belum kenal apa itu blog, maybe kenyataan bahwa blog telah menjadi bagian dari kehidupan adalah Impossible, buat apa ngeblog, buang-buang waktu saja, ga ngehasilin apa-apa???
Seabreg pertanyaan dari Anda…..dan satu jawabannya..apapun biasa dilakukan dengan nge blog…
Kalau tujuan utamanya hobi, blog adalah tempat yang tepat
Kalau tujuan utamanya nyari temen, blog adalah tempat yang besar untuk semua itu
Kalau tujuan utamanya menambah wawasan, blog adalah tempatnya mencurahkan ide & Iptek.
Kalau tujuan utamanya, Bisnis dan mendapatkan Uang, Blog akan menjawab semuanya.
Lalu BAGAIMANA Mewujudkannya…..
3 Langkah Untuk Semuanya :
1. Ciptakan & Kreasikan Blog Anda
2. Pasang Iklan Anda
3. Kenalkan blog anda pada dunia

Ciptakan & Kreasikan Blog Anda
Bagi anda yang baru memulai semuanya…alangkah baiknya kalau anda tau dari dasar bagaimana membuat sebuah blog yang menarik , ada beberapa tips yang akan saya berikan :
1. Buatlah Account e-mail anda, kalau bisa di www.gmail.com, Kenapa mesti Gmail yah….ada dua alasan :
 Space Gmail..merupakan salah satu yang terbesar sekitar 7 GB….
 Gmail merupakan bagian dari google, bagian dari blogspot dan bagian dari program Iklan terbesar dunia, yaitu Google Ad-Sense.


Tapi kalau anda punya e-mail di tempat lain, tenang …anda masih bisa untuk menggunakannya, co: yahoo, msn, dan e-mail lainnya.
2. Buatlah sebuah blog
Setelah mempunyai account di gmail.com, langkah selanjutnya adalah membuat blog di www.blogger.com
3. Ciptakan sebuah nama untuk blog anda..mulailah memposting
Setelah memposting 2 atau 3 buah artikel,(kalo belum tahu ada di menu Posting, pilih New/Buat) entah tentang cerita pribadi or anda jualan sesuatu di blog anda..anda mesti ikuti langkah ini..
1. Ubah Tampilan blog anda dengan Templates yang baru.
Kenapa mesti dirubah yah!! Ya iya lah…kalo blog anda pingin menarik, jangan pake templates yang standar dung..cara mencari templatesnya, tinggal masuk ke Om Google : ketikan keywordnya “free xml templates for blogspot”
Kita akan memilih xml templates, karena templates xml, memudahkan bagi pemula untuk mengubah tampilam blognya, tanpa harus tahu secara detail bagaiman membuat templates itu.
Setelah dapet dan ketemu situsnya, tinggal download deh!!
Berikut beberapa situs yang saya rekomendasikan buat ngedownload templates blog anda :
http://freetemplates.blogspot.com
http://template4shared.blogspot.com
http://blogtemplate4u.com
http://free-blogspot-templates-zone.blogspot.com
http://eblogtemplates.com
http://btemplates.com
http://free-web-template.blogspot.com
Untuk mengganti templatenya , masuk ke menu layout/tata letak, cari menu edit html

Masukan templates baru anda melalui menu Telusuri, (catatan: di Back Up Dulu Template awal, takut terjadi error, karena tidak sesuai ), kemudian upload/unggah, kemudian simpan templates anda, kalau anda pesan konfirmasi untuk menghapus widget/gadget sebelumnya, simpan saja.
Kalo template yang anda download cocok, maka hasilnya bisa anda lihat di menu View/lihat blog…
Sekarang blog anda hadir dengan tampilan baru..
Sampai Sini….Mudah-mudahan bisa dipahami
Mesti tampilan sudah baru, tapi blog ana minim fasilitas, berikut ada beberapa tips untuk mempercantik blog anda.
1. Tambahkan fasilitas dari pihak ketiga (website penyedia fasilitas lain), fasilitas yang sering digunakan para blogger diantaranya :
 Untuk menampilkan chat box, masuklah ke www.shoutmix.com , registrasi dan dapatkan kodenya, melalui menu go to my control panel, kemudian di pilihan quick start, pilih menu get codes..copy kode itu, dan jangan lupa back up kode tersebut di Ms.word, sebagai catatan anda kalau anda suatu saat mengganti templates anda dengan yang baru.
 Fasilitas lain yang sering rekan blogger tampilkan, adalah fasilitas untuk menampilkan feed situs kita, artinya feed mana (artikel mana) yang diakses oleh pengunjung kita. Melalui fasilitas ini kita bisa mengetahui dari mana lokasi orang yang mengakses blog kita. Untuk menambahkannya masuklah ke www.feedjit.com, kemudian join feedjit dan dapatkan kodenya
 Hits Visitor, ini penting sekali kalo anda ingin mengetahui jumlah orang yang pernah singgah ke blog ana, anda harus memasang widget ini. Cobalah akses www.histats.com kemudian cari menu widget untuk mendapatkan kodenya
 Menampilkan Bendera Negara pengunjung, masukalah ke : http://s02.flagcounter.com, ambil kodenya dan tambahkan ke blog anda
 PageRank, adalah sebuah situs yang akan menentukan ranking kita berdasarkan pagevies, artinya halaman demi halaman yang diakses. Untuk mendapatkan kodenya masuk ke http://pagerank.net, page rank penting karena ada beberapa situs yang mensyaratkan pagerank blog kita mesti minimal 4, barulah mereka mau beriklan di blog kita
 Satu lagi situs yang bisa mempercantik blog anda serta membuat blog anda bisa didatengi advertiser, tentunya anda akan mendapatkan keuntungannya. Sejumlah uang $, menunggu anda kalo ranking anda makin kecil. Berbeda dengan PageRank yang rankingnya mesti bertambah. Masuklah ke www.alexa.com, carilah widget/toolbarnya, kemudian ambil kodennya. Alexa akan meminta sejumlah field registrasi, seperti apa nama blog kita dan alamat e-mail kita. Biasanya untuk permulaan , ranking blog kita akan mencapai puluhan juta, semakin banyak pengunjung maka rankingnya akan mengecil. Semakin kecil, semakin ramai, semakin besar peluang anda dilirik oleh advertiser…so budayakan terus ,menulis!!

0 comments: