Wednesday, May 27, 2009

Bagian-BagianTelinga

Secara garis besar, telinga terdiri atas tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam.
a. Telinga Bagian Luar
Telinga bagian luar terdiri atas bagian-bagian berikut :
1. Daun telinga, yaitu bagian telinga luar berupa gelambir yang berguna untuk mengumpulkan dan menyalurkan gelombang bunyi ke dalam telinga.
2. Liang telinga (saluran auditori), yaitu saluran sepanjang 2,5 cm menuju membran timpani yang berfungsi membantu mengkonsentrasikan gelombang suara.
3. Rambut, yaitu bulu-bulu halus untuk menahan dan menjerat kotoran yang melewati lubang telinga.
4. Kelenjar minyak, menghasilkan cairan seperti malam (wax) untuk meminyaki dan menjerat kotoran yang melewati lubang telinga.
5. Membran timpani (selaput gendang), yaitu berupa selaput tipis tetapi kuat, berguna untuk menangkap getaran bunyi dan menyalurkannya ke tulang-tulang pendengar.
b. Telinga Bagian Tengah
Telinga bagian tengah terdiri atas bagian-bagian berikut :
1. Tulang-tulang pendengar (osikula), yaitu tulang martil (maleus), tulang landasan (inkus) dan sanggurdi (stapes).
2. Tingkap oval, yaitu membran pembatas antara telinga tengah dan telinga dalam
Telinga tengah dihubungkan ke tenggorokan oleh saluran eustachio yang akan menjaga keseimbangan tekanan udara antara telinga tengah dengan udara luar. Apabila saluran ini tersumbat oleh lendir, maka tekanan udara di dalam telinga tidak sama dengan tekanan di luar. Jika perbedaan tekanan ini cukup besar, dapat menyebabkan pecahnya membran timpani.
c. Telinga Bagian Dalam
Telinga dalam terdiri atas bagian-bagian berikut :
1. Tiga saluran setengah lingkaran (kanalis semisirkularis), yaitu tiga saluran berlengkung-lengkung yang berfungsi sebagai alat keseimbangan.
2. Sakuluis dan utrikulus, yaitu kantong kecil tempat tiga saluran setengah lingkaran berpangkal yang berisi cairan endolimfea dan butiran kalsium karbonat. Bagian ini berguna dalam menjaga keseimbangan tubuh.
3. Rumah siput (koklea), yaitu saluran seperti spiral yang berisi cairan endolimfe. Rumah sifut terbagi menjadi tiga saluran, yaitu kanal vestibular, kanal timpani dan kanal tengah.
4. Organ korti, yaitu bagian koklea yang peka terhadap rangsang bunyi.
DAFTAR PUSTAKA
DR. Harry, PAK. 2001. Anatomi dan Fisiologi. Bandung.
Tim Penyusun. 2003. Biologi 2b. Klaten : Intan Pariwara
Sumarwan, Sumartini dan Kusmayadi. 1999. IPA Biologi. Jakarta : Erlangga
Pratiwi, D. A dan Sri Maryati. 1999. Biologi. Jakarta : Erlangga



1 comments:

tikatiexa.blogspot.com said...

ini berguna banget buat tugas presentasiku.. makasih...
..
tikatiexa.blogspot.com